Staff Presiden Berharap Pembekuan Telegram Menemukan Jalan Tengah

Aplikasi Telegram resmi dibekukan lantaran kerap digunakan oleh penebar teror untuk berkomunikasi, enkripsi yang rumit menbuat kepolisian kesulitan...
0
Staff Presiden Berharap Pembekuan Telegram Menemukan Jalan Tengah
0 (0%) 0 votes
Aplikasi Telegram

Apikasi Telegram resmi dibekukan di Indonesia setelah banyak digunakan oleh sekelompok teroris untuk berkomunikasi. Telegram adalah aplikasi yang mengedepankan privasi dan berkomitmen menjaga kerahasiaan pengguna berserta percakapanya. Dengan proses enkripsi yang sangat ketat membuat aplikasi ini sulit disadap ataupun diinterfensi dari pihak luar. Sayangnya berkat keunggulanmnya tersebut, membuat aplikasi ini menjadi pilihan utama para penebar teror untuk berkomunikasi.

 

Setelah pembekuan, perusahaan Telegram sudah meminta maaf kepada pemerintah Indonesia. Bahkan CEO Telegram sudah menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintah jika memang dibutuhkan.

 

Menanggapi hal tersebut, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo, berharap permasalahan ini bisa menemukan jalan tengah tanpa merugikan salah satu pihak. Johan berharap kesedian Telegram untuk memberikan infomasi bisa ditanggapi positif oleh pemerintah, sehinga tak perlu dilakukan pemblokiran.

 

Sebelumnya pemblokiran aplikasi Telegram tersebut diprotes oleh sejumlah kalangan. Namun pemerintah tetap bersikukuh menonaktifkannya dengan dalih banyak disalah gunakan untuk kegiatan-kegiatan yang dianggap berbahaya.

 

Pemerintah sendiri sudah melakukan pemantaun beberapa waktu lalu. Dari hasil pemantauan tersebut didapati bahwa banyak jaringan teroris yang menggunakan aplikasi saingan WhatsApp tersebut sehingga dikategorikan mengganggu keamanan negara.

 

Selain itu Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan bayak kanal yang ada dilayanan tersebut bermuatan propaganda Radikalisem, terorrisme, penyebaran kebencian bahkan ditemukan hal nyeleneh seperti cara merakit bom atau distrubing picture. Menimbang banyak sisi negatif dari pada positif akhirnya pemerinta memutuskan untuk memblokir aplikasi berlogo pesawat kertas tersebut.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori