Inilah Sosok Sebenarnya Dari Bos Bisnis Cuci Sepatu

Semula, semua urusan di Shoes And Care ia urus sendiri. Namun, karena orderan semakin banyak, ia pun harus menambah orang untuk membantunya.
0
Inilah Sosok Sebenarnya Dari Bos Bisnis Cuci Sepatu
0 (0%) 0 votes
shoes and care

Tirta Ari Mandira Hudhi (25) tak lupa cara menolong sesama meskipun dirinya sudah sukses membuka jasa cuci sepatu yang diberi nama Shoes And Care.

 

Pria yang lahir pada 30 Juli 1991 ini kerap berbagi kepada sesama dengan cara mengajak anak jalanan dan remaja yang tidak lulusn SMP atau SMA untuk bekerja di Shoes And Care tempatnya.

 

“Sekarang ada 19 Toko Shoes And Care. Pendapatan masing-masing toko bervariasi per bulan ada yang Rp 10 juta sampai Rp 25 juta,” ujar Tirta Air Mandira Hudhi.

Source: regional.kompas.com

 

Semula, semua urusan di Shoes And Care ia urus sendiri. Mulai dari mengambil sepatu sampai mencuci dan mengembalikannya ke klien. Namun, karena orderan semakin banyak, ia pun harus menambah pegawai untuk membantunya.

 

“Ada 80 an orang, tapi kemarin tambah dua lagi jadi total semua 82 orang. Mereka di 19 toko itu,” tegasnya.

Source: regional.kompas.com

 

Shoes And Care

 

shoes and care
Source: shoesandcare.com

 

Tirta sengaja mencari orang untuk bekerja di Shoes And Care dari remaja yang tidak lulus sekolah. Alasannya adalah ia ingin memberikan kesempatan bagi orang-orang yang tidak bisa diterima bekerja karena pendidikannya tidak memenuhi.

 

“Hampir semua yang kerja di Shoes And Care itu, jujur ga lulus SMA semua, ada yang enggak lulus SMP juga. Ini prinsip pribadi saya, memberi kesempatan orang-orang yang enggak bisa kerja di kantoran,” tandasnya.

Source: regional.kompas.com

 

Malahan, untuk gerai Shoes And Cari di Jakarta, beberapa pekerjanya tidak pernah duduk di bangku sekolah karena ia sengaja mengajak anak-anak jalanan.

 

“Mereka yang di Jakarta malah tidak sekolah. Total ada 7 orang yang dulu anak jalanan dan sekarang bekerja di Shoes And Care,” ujarnya.

Source: regional.kompas.com

 

Shoes And Care

 

shoes and care
Source: shoesandcare.com

 

Tirta bercerita, saat sedang di Jakarta, ia melihat anak-anak jalanan yang nongkrong di pinggir jalan. Miris melihat hal itu, Tirta pun berinisiatif mengajak mereka untuk bekerja di Shoes And Care dari pada nongkrong tidak jelas dan tanpa pendapatan.

 

“Saya dekati, saya ajak bicara. Mau dapat duit ? Mau kerja ? Kalau bener niat, ayo kerja dan mereka mau,” urainya.

Source: regional.kompas.com

 

Meski semula sulit mengajarinya soal cara dan tahap-tahap mencuci sepatu secara standar Shoes And Care. Namun, dengan kesabaran, kegigihan serta niat untuk menatap hidup yang lebih baik, akhirnya mereka bisa.

 

“Di toko pusat (jalan Langenastran Lor No 16 Kota Yogyakarta) itu yang menemukan reaksi kimianya untuk pembersih malah enggak lulus SD,” bebernya.

Source: regional.kompas.com

 

Shoes And Care

 

shoes and care
Source: kompas.com

 

Tirta mengaku tetap mempekerjakan mahasiswa S1. Namun, mereka hanya part time karena menurut Tirta sayang apabila mereka bekerja di tempatnya.

 

“Yang S1 tetap saya rekrut tapi part time atau magang. Karena saya tahu, kalau S1 dan sarjana kerja di sini sayang, kamu bisa mencari pekerjaan yang lebih lagi, tapi uang part time bisa membantu biaya selama kuliah,” kata Tirta.

Source: regional.kompas.com

 

Usaha ini Tirta buka berawal dari jasa cuci sepatu di emperan kos-kosan. Pria lulusan kedokteran ini bahkan sudah berhasil memiliki 19 gerai di beberapa kota di Indonesia termasuk di Negara Singapura. Bahkan Tirta juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Google.

 

Source: kompas.com

Hello Comment 1Sort by


user Anonim
2016/07/21 09:42

sgt menginspirasi....u mgkn klyhtan sepele...tp krn ktkunan.x ushax mnjd Besar.Smg trus Laris Suksess

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori