Persatuan Sopir Truk Bersatu Melawan Pengguna Lampu Putih!

Ia meminta pengertian dari para pengguna motor dan mobil pribadi yang menggunakan lampu putih bahwa sorot lampu itu sangat tajam dan menyilaukan pandangan.
0
Persatuan Sopir Truk Bersatu Melawan Pengguna Lampu Putih!
0 (0%) 0 votes
Lampu putih silau membahayakan supir truk

Sudah banyak pengguna mobil yang sengaja mengganti lampu utamanya dengan produk aftermarket seperti HID atau LED. Kebanyak dari mereka memilih warna putih bersih agar nyala lampu makin terang saat malam. Fenomena ini pun akhirnya diprotes oleh para supir truk.

 

Postingan Facebook Bahri Sohibul pun belakangan menjadi viral di wall grup Persatuan Sopir Truk Indonesia yang intinya, ia meminta pengertian dari para pengguna motor dan mobil pribadi yang menggunakan lampu putih. Mereka mengungkapkan bahwa sorot lampu itu sangat tajam dan menyilaukan pandangan.

 

Bahri juga menceritakan biasanya kondisi kebanyakan sopir sudah lelah karena membawa barang atau bahan yang dibutuhkan oleh maskarakat. Saat mereka berpapasan dengan mobil yang lampunya silau warna putih, sekejap pandangan mereka pun menjadi gelap.

 

”Tahukah kalian jika mata kami hilang fokus akibat ulah kalian, nyawa kami taruhannya. Bahkan bisa berakibat pada pengendara lain, atau nyawa Anda. Coba berdiri di depan motor atau mobil Anda, kalau tak percaya,” begitu penggalan ucapan Bahri.

Source: otomotif.kompas.com

 

Postingan Bahri

 

bahri

 

Setiap hari, Bahri berharap bisa pulang dengan selamat karena ada keluarga yang setia menunggunya di rumah. Bahri pun meminta agar pengguna mobil atau motor dengan lampu silau itu bisa menghargai para sopir dan pengendara lain serta bukan menganggap sebagai sampah.

 

Padahal, pabrikan atau produsen  mobil atau motor pastinya sudah mempertimbangkan masak-masak bagaimana penggunaan lampu utama yang tidak menyilaukan. Bahkan, saat para produsen itu memutuskan memakai lampu teknologi Xenon atau proyektor, sudah mereka uji coba yang hasilnya tentu tidak menyilaukan mata.

 

Kesalahan umum orang-orang dalam penggunaan lampu ini kebanyakan memiliki anggapan semakin terang lampu, semakin terbantu pula melihat jalan. Padahal, pada sorot tajam itu membuat pengendara silau.

 

Polisi juga sudah pernah menyatakan untuk menindak tegas para pengguna mobil atau motor yang dengan sengaja mengganti lampu standar mereka dengan yang labih terang sampai menyilaukan. Semua tertulis pada Undang-Undang No 22 Tahun 2009 mengenai lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 279 yang menyatakan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

 

Semoga pengguna lampu yang menyilaukan bisa terbuka pikirannya ya. Aamiin!

 

Source: kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori