Soeharto Tak Pantas Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Kata Mereka

Usul pemberian pahlawan nasional kepada Presiden kedua RI Soeharto digaungkan Partai Golkar dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa.
0
Soeharto Tak Pantas Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Kata Mereka
0 (0%) 0 votes
soeharto

Pada saat Musyawarah Nasional Luar Biasa Partai Golkar, mereka mengusulkan serta mendorong pemerintah untuk memberikan gelar pahlawan kepada Presiden Soeharto. Namun, menurut aktivis 1998, Panel Barus, ia mengatakan bahwa gelar pahlawan kepada Presiden Soeharto sangat tidak tepat.

 

Hal itu dikarenakan menurut Panel, gelar pahlawan tidak dapat diberikan kepada Soeharto lantaran beliau masih memiliki ‘catatan merah’ yang belum terselesaikan hingga saat ini.

 

“Disebut pahlawan itu kan yang berjasa. Yang Soeharto lakukan, membangun Indonesia dengan utang yang kemudian di 1997 ekonomi Indonesia hancur,” ujar Panel saat dihubungi.

Source: nasional.kompas.com

 

Soeharto

 

soeharto
Source: cnnindonesia.com

 

Tak hanya itu, menurut penilaian Panel, Soeharto merupakan pemimpin dictator selama 32 tahun ia menjadi presiden. Panel juga menuding Soeharto memiliki sangkut pautnya dalam dugaan keterlibatan kasus pelanggaran berat HAM di Dusun Talangsari III, Desa Rajabasa Lama, Lampung Timur, pada 1989.

 

“Peristiwa Talangsari dan lainnya, mana tanggung jawabnya itu? Pernah diadili?” kata dia.

Source: nasional.kompas.com

 

Musyawarah Nasional Golkar

 

munas golkar
Source: liputan6.com

 

Lalu, dalam segi politik, Panel menyayangkan wacana pemberian gelar pahlawan yang diusulkan Partai Golkar. Ia yakin bisa-bisa kepercayaan publik kepada Golkar makin merosot lantaran mengusulkan pemberian gelar pahlawan untuk Soeharto.

 

“Impact politiknya terhadap Golkar ada, mungkin pada saat pemilihan presiden nanti masyarakat menilai Golkar mendorong orang-orang jahat jadi pemimpin,” ujarnya.

Source: nasional.kompas.com

 

Usul pemberian pahlawan nasional kepada Presiden kedua RI Soeharto digaungkan Partai Golkar dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa. Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie saat Aburizal menyampaikan pidatonya kepada paripurna Munaslub Gokar di Nusa Dua, Bali pada hari Senin, 16 Mei 2016 lalu.

 

Soeharto

 

soeharto
Source: kompas.com

 

“Partai Golkar pernah mengusulkan Soeharto jadi pahlawan nasional. Belum berhasil. Kali ini, Munas mengusulkan kembali ke DPP agar Soeharto untuk menjadi pahlawan nasional,” kata Aburizal.

Source: nasional.kompas.com

 

Pro dan kontra masih terus membanjiri usulan ini lantaran ‘catatan merah’ Soeharto yang belum bersih serta kepemimpinan Soeharto selama 32 tahun lamanya. Selama memimpin Indonesia, Soeharto memang dikenal dictator dan tidak menerima kritik dari rakyat.

 

Lantas, masih bisakah Soeharto mendapatkan gelar Pahlawan Nasional? Bagaimana menurutmu?

 

Source: kompas.com

Hello Comment 7Sort by


user Anonim
2016/06/26 11:59

panelx aja kayak anjing...dbayar brapa buat njlekin soeharto_
panelx anjing2 pliharaan itu tuuh

user Anonim
2016/06/21 23:18

Nyimak aza

user Anonim
2016/05/25 19:43

Masukkan pendapatmu disinijustru utang Indonesia sekarang tambah besar korupsi di setiap partai..anak SMP memperkosa sampai membunuh malah dilindungi..skarng bkn kemajuan malah kemunduran..pak Harto itu orang hebat yg susah payah bekerja untuk kemajuan Indonesia..klo pemerintahan sekarang apa yg udah dihasilkan kan

user Anonim
2016/05/25 16:24

bilang indonesia di jaman suharto banyak hutang, kalaian aja ngak tau gimana beliau berjuang memakmur kan rakyat, sejak lengser suharto rakyat tambah melarat dengan reformasi tak jelas dan korupsi malahan tambah parah lagi sampai sekarang, kalian sebagai aktivis yang membuat kekacau dan merusuh tak jela, sekarang begini lah dampak nya, dari lengser suharto apa ada pemerintah dan para pejabat memperhatikan rakyat terpencil apa, malahan mereka sibuk dengan sendirinya, di jaman suharto kami ngak susah, saya minta sama pemerintah tolong lihat rakyat pedusunan jangan asyik menyelesai masalah perkotaan aja atau pusat, kami masih rakyat indonesia juga.

user Anonim
2016/05/25 15:21

mungkin yg cck panel bagus apaya

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori