Jamaah Ingin Lempar Jumrah Saat Pagi Agar Lebih Afdal

0
Jamaah Ingin Lempar Jumrah Saat Pagi Agar Lebih Afdal
0 (0%) 0 votes
Lokasi lempar jumrah

Tragedi Mina di Arab Saudi yang menyebabkan ratusan jamaah haji jadi korban meninggal dan mengalami luka-luka terjadi pada pagi hari sekitar pukul 7.30 waktu Arab Saudi, Kamis (24/9/2015). Pada jam-jam tersebut, memang sangat banyak jamaah haji yang berjalan ke Jamarat, lokasi lempar jumrah untuk melakukan ritual lempar jumrah tersebut, sehingga jalurnya pun sangat padat.

 

Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia melalui Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi menganggap jam-jam pagi tersebut berbahaya dan melarang para jamaah haji asal Indonesia untuk melakukan lempar jumrah. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar para jamaah haji Indonesia tidak tersesat dan berdesak-desakan dengan rombongan jamaah haji lainnya.

 

Namun, rupanya masih ada juga jamaah haji Indonesia yang nekat berangkat untuk melempar jumrah hingga pagi hari. Seperti dikutip dari Tribunnews.com, mereka beralasan bahwa melempar jumrah pada saat tergelincirnya matahari, atau sekitar pukul 08.00 hingga 12.00, adalah waktu yang paling afdal. Sehingga, para jamaah haji itu pun sudah berangkat dari tendanya sejak subuh.

 

Makanya, tidak heran jika kemudian diketahui bahwa ada tiga orang jamaah haji asal Indonesia yang turut menjadi korban dalam tragedi Mina. Selain itu, satu orang jamaah lain juga mengalami luka serius, dan harus dirawat di rumah sakit Annur, Mekkah. Sepertinya, mereka memang telah mengabaikan himbauan PPIH agar tidak melempar jumrah pada pagi hari, karena sangat padat.

 

Selain itu, PPIH juga sudah menghimbau agar para jamaah haji Indonesia tidak melempar jumrah pada siang hingga sore hari, sekitar pukul 13.00 – 16.00. Pasalnya, pada jam-jam tersebut, cuaca di Arab Saudi sedang mengalami panas yang sangat ekstrem, yang tentu bisa membahayakan kondisi kesehatan tubuh. Mereka menyarankan agar para jamaah haji Indonesia melakukan ritual lempar jumrah setelah pukul 11.00 pagi atau malam hari. Semoga saja tragedi Mina tak terjadi lagi!

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori