Sisa-sisa Kejayaan PKI di Indonesia Masih Tersebar di Surakarta

0
Sisa-sisa Kejayaan PKI di Indonesia Masih Tersebar di Surakarta
0 (0%) 0 votes
000001lambangpkidisolo

Siapapun pasti pernah mendengar tentang sejarah kejinya Partai Komunis Indonesia (PKI). Kini, partai tersebut sudah dinyatakan terlarang dan seluruh atributnya sudah dihapus dan tak pernah terlihat lagi. Tapi, di Kota Solo masih tersisa samar-samar logo PKI yang menempel pada tembok Keraton Surakarta. Tepatnya di depan gedung Bandhalumaksa, Pasar Kliwon.

Warga Pasar Kliwon, Aik pun mengungkapkan alasan kenapa logo tersebut masih ada,

“Ini sejak dulu sudah sering ditutup dengan cat. Tapi karena dilukis dengan ter, maka cat tidak bisa menutup sempurna. Selalu saja kelihatan samar-samar. Seharusnya pemerintah atau yang punya tembok menutupnya dengan lebih baik,”

logo PKI
Logo PKI via joglosemar.co

Kalau sekilas dilihat, sepertinya upaya untuk menghilangkan logo itu tidak hanya menutup dengan cat. Tetapi jug ada bekas-bekas garukan benda keras agar lukisan tangan mencoblos palu arit itu mengelupas.

Seorang saksi mata, Peltu Purn Supoyo, mantan anggota Kompi 21 Brimob Surakarta mengatakan, tembok Keraton Surakarta semasa G 30 S/PKI meletus, dipenuhi dengan poster partai termasuk PKI.

“Waktu itu kami diperintah untuk menghapus semua poster PKI, kami gunakan bayonet untuk merusak gambar-gambar itu,”

Supoyo juga mengisahkan saat itu dirinya masih berstatus siswa calon tamtama Polri. Tapi, dirinya sudah dilibatkan dalam operasi pengejaran para tokoh PKI. Ia bahkan melakukan eksekusi di Banyudono, Boyolali.

Duh, itu bukan tanda PKI akan kembali, kan? Kalau menurutmu gimana?

Sumber: joglosemar.co

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori