Singapura Sebut 4 Perusahaan Indonesia yang Sebabkan Kabut Asap

0
Singapura Sebut 4 Perusahaan Indonesia yang Sebabkan Kabut Asap
0 (0%) 0 votes
Kabut asap di Singapura

Bencana kabut asap ternyata turut memicu ketegangan hubungan antara Indonesia dan Singapura. Pasalnya, kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan di sebagian besar wilayah Sumatera dan Kalimantan juga sampai ke Singapura, dan juga Malaysia. Akibatnya, kabut asap itu pun juga menyelimuti wilayah Negeri Singa itu sehingga kualitas udaranya menurun.

 

Setelah beberapa waktu lalu Menteri Luar Negeri Singapura K Shanmugam menyampaikan kemarahannya terkait kabut asap tersebut, kali ini Menteri Lingkungan dan Sumber Air Singapura Vivian Balakrishnan yang angkat suara. Dia menyebut lima perusahaan perkebunan yang menyebabkan kebakaran hutan di Sumatera dan memicu bencana kabut asap, di mana empat di antaranya adalah perusahaan Indonesia. Sedang satu perusahaan lainnya milik Singapura.

 

Kelima perusahaan itu adalah Rimba Hutani Mas, Sebangun Bumi Andalas Wood Industries, Bumi Sriwijaya Sentosa dan Wachyuni Mandira yang berasal dari Indonesia, serta Asia Pulp and Paper dari Singapura. Menurut Balakrishnan, kelima perusahaan itu telah terbukti melakukan aksi pembakaran hutan berdasarkan bukti-bukti yang dikumpulkan oleh Badan Lingkungan Nasional Singapura, NEA, dengan memonitor titik api, asap, peta, data meteorologi dan citra satelit.

 

Pemerintah Singapura sendiri telah memberikan surat peringatan kepada semua perusahaan itu, serta memerintahkan untuk memadamkan api di lahan mereka, tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan dan menyerahkan rencana aksi untuk mencegah kebakaran di masa mendatang. Bahkan, empat perusahaan asal Indonesia itu juga bisa didenda hingga US$100 ribu per hari dengan maksimal US$2 juta, sesuai Undang-undang Polusi Asap Transperbatasan Singapura.

 

Sumber: CNN Indonesia

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori