Singapura Jadi Negara Nomor 2 Paling Nyaman Ditinggali di Dunia!

Ternyata negara tetangga kita menduduki peringkat ke-2 dari negara yang ternyaman buat ditinggali. Kira-kira nomor 1-nya apa ya? Indonesia masuk nggak nih?
0
Singapura Jadi Negara Nomor 2 Paling Nyaman Ditinggali di Dunia!
0 (0%) 0 votes
singapura

Baru-baru ini negara tetangga berlambang Merlion, Singapura, telah diputuskan sebagai salah satu negara yang menjadi tempat tinggal terbaik di dunia.

 

 

Penilaian itu berbasis dari indeks Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau yang biasa disebut dengan Global Goals. Indeks tersebut disusun sendiri oleh organisasi global Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

 

 

Indeks ini sendiri disusun seusai PBB mengadakan kajian di 188 negara. Kajian tersebut antara lain mencakup tingkat kesehatan warga negara-negara tersebut untuk semua rentang usia.

 

 

Secara umum, terdapat 47 faktor yang digunakan untuk patokan penentuan daftar negara yang paling terbaik lagi layak untuk menjadi tempat tinggal bagi masyarakat global.

 

 

Dan di urutan pertama ternyata diisi oleh Eslandia, sebuah negara yang terletak di benua Eropa. Kemudian di peringkat selanjutnya disusul oleh Singapura yang berada di ranking kedua, adapun urutan ketiga sampai kelima secara berurutan ditempati oleh Swedia, Andora, dan Inggris.

 

 

Di ranking ini, posisi lima terbawah dihiasi dengan Republik Afrika Tengah, Somalia, Sudan Selatan, Niger, dan Chad. Mayoritas terletak di jazirah Afrika.

 

 

Secara mengejutkan Amerika Serikat harus berpuas diri di posisi ke-28, hal ini disebabkan karena faktor kematian yang karena tindak kekerasan, kasus HIV AIDS, maraknya konsumsi minuman beralkohol, obesitas di kalangan anak-anak, dan tingginya tingkat bunuh diri.

 

 

Banyak indikator penentu

 

 

 

 

Kajian yang dirilis PBB ini juga menyimpulkan bahwa tak satupun negara mampu memenuhi target pemberantasan penyakit TBC-HIV atau meminimalisir kejadian obesitas pada anak hingga nol persen.

 

 

Global Goals sendiri ditetapkan PBB di tahun 2015.  Lembaga dunia tersebut menginginkan semua indikator kesehatan yang merupakan syarat kelayakan tempat tinggal sudah bisa dicapai di tahun 2030 mendatang.

 

 

Nah loh Indonesia mana? Ternyata negara kita nggak disebut di artikel ini. Tapi seenggaknya Indonesia nggak berada di posisi lima terbawah seperti negara-negara yang terletak di kawasan Afrika. Tapi, meskipun sama sekali nggak disebutin, menurut kalian negara kita ini termasuk tempat tinggal yang baik nggak sih?

 

 

Share pendapat kamu di kolom komentar ya!

 

 

 

sumber: Kompas 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori