Sedih.. PNS di Cina Dilarang Berpuasa Ramadhan Ini

0
Sedih.. PNS di Cina Dilarang Berpuasa Ramadhan Ini
0 (0%) 0 votes
0001mosleminchinese

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah provinsi Xinjiang, China baru-baru ini mendapat surat edaran dari Partai Komunis China. Melalui surat itu, pemerintah pusat ternyata mewajibkan para PNS di Xinjiang untuk melarang warga melakukan kegiatan Ramadan termasuk puasa yang wajib dilakukan di bulan suci ini.

“Warga tidak akan menghadiri aktivitas keagamaan dan tidak berpuasa selama Ramadan,” itulah kutipan yang ada di dalam surat edaran tersebut, seperti dilansir IB Times.

Bukan tanpa alasan jika PNS di Xinjiang mendapatkan surat tersebut. Karena Xinjiang sendiri adalah area yang didiami etnis minoritas Uighur. Uighur sendiri adalah kelompok berdarah campuran Mongolia dan Kazakhstan dengan hampir 100% adalah penganut agama Islam. Hubungan etnis Uighur dengan pemerintah China bahkan bisa dibilang cukup genting. Uighur kerap kali dituding sebagai kelompok teroris yang ingin menjatuhkan kedaulatan China dengan berencana mendirikan negara Islam.

uig
Source: ibtimes.com
“Tekanan pemerintah China pada Muslim minoritas di Xinjiang terus meningkat tiap tahunnya. Saya sudah membaca surat edaran larangan puasa yang disebarkan kepada PNS di Xinjiang dan ini malah berimbas radikalisme makin berkembang karena China terus menekan orang Uighur. Orang-orang kami bakal terus melawan dengan gigih jika terus diintimidasi begini,” ungkap Dilxat Raxit, Juru Bicara Kongres Uighur sedunia yang kini diasingkan ke Swedia.

Sementara itu, disebutkan jika petugas dari pemerintah China sempat mendatangi restoran di desa Jinghe yang berbatasan di Kazakhstan untuk tetap buka saat Ramadan. Sebelumnya pada 2014, pemerintah China melarang pelajar Muslim di Xinjiang untuk berpuasa dan dipaksa makan saat siang hari.

Sedih sekali melihat rakyat muslim yang minoritas dan di intimidasi oleh negaranya sendiri. Bagaimana menurutmu? Jangan lupa bagikan dan komentari ya!

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori