Rupiah dan IHSG Tercatat Makin Terpuruk Hari Ini

Selain harga minyak dunia yang meningkat, Rupiah dan IHSG juga semakin menurun. Inilah beberapa data yang sudah dilansir dari beberapa sumber.
0
Rupiah dan IHSG Tercatat Makin Terpuruk Hari Ini
0 (0%) 0 votes
Rupiah dan IHSG Semakin Menurun

Pada siang ini, kabarnya nilai tukar mata uang Negara Indonesia, Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi kali ini semakin tidak berdaya atau bisa dikatakan masih berada di zona merah. Pelemahan mata uang rupiah tersebut di tengah masih bertahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di zona hijau, walaupun penguatannya yang tidak terlalu tinggi.

 

Dari hasil data Yahoo Finance, pada siang ini, rupiah berada pada level Rp13.027/USD dibandingkan dengan penutupan yang sebelumnya yaitu Rp13.005/USD. Siang ini, rupiah dikabarkan berada pada kisaran Rp13.000/USD-Rp13.048/USD.

 

Posisi mata uang Indonesia, rupiah menurut dari data Bloomberg berada pada level Rp13.053/USD. Pergerakan mata uang Indonesia hari ini bisa dikatakan sudah melemah jika dibandingkan dengan yang sebelumnya yang berada di level Rp13.008/USD dengan kisaran level Rp13.007/USD-Rp13.052/USD.

 

Selain itu, berdasarkan data yang sudah dicatat dari kurs refrensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, kabarnya rupiah dibuka di level Rp13.020/USD. Posisi tersebut tercatata sebagai posisi yang memburuk jika dibandingkan dari posisi yang kemarin pada level Rp12.999/USD.

 

Disamping itu, berdasarkan data yang sudah dikumpulkan bersumber dari Limas, data tersebut menunjukan bahwa rupiah pada siang hari ini berada di level Rp13.035/USD juga bisa dikatakan tidak lebih baik dari hasil penutupan yang kemarin. Hasil penutupan yang kemarin, rupiah berada di level Rp13.020/USD.

 

Di sisi yang lainnya, IHSG pada perdagangan sesi I hari ini juga berbalik ke zona yang negative setelah pada perdagangan tadi pagi yang dibuka memang sedang berada di zona hijau. Siang ini, IHSG juga mengalama penurunan hingga 7.08 poin atau 0,13% ke level 5.396,61.

 

Sementara itu, pada sesi pagi hari ini, IHSG dibuka dengan muatan sebesar 6,05 poin atau 0,11% ke level 5.409,74. Selain itu, pada perdagangan kemarin juga berakhir melemah di poin 5,60 poin atau 0,10% ke level 5.503,69.

 

Kendati demikian, sector saham pada siang hari ini juga hampir semuanya berada pada zona yang sangat merah atau bisa dikatakan berada pada jalur yang negative. Sektor dalam pelemahan terdalam merupakan sector perkebunan dan aneka industry yang sama-sama melemah 0,34%. Sementara itu, sector yang menguat hanya property yang kabarnya telah naik 0,30%.

 

Adapun nilai transaksi di bursa Indonesia kabarnya tercatat sebesar Rp2,04 triliun dengan 5,60 miliar saham di perdagangkan dan transaksi bersih asing yang mencapai hingga Rp83,400 miliar dengan aksi jual asing yang mencapai hingga Rp484,60 miliar. Sedangkan aksi beli asing yang mencapai hingga Rp568 miliar. Tercatat 163 saham yang menguat, 117 saham yang melemah, dan 97 saham yang stagnan.

 

Saham-saham yang menguat di antaranya PT Panin Sekuritas Tbk (PANS), PT Metro Realty Tbk (MTSM), dan PT Provident Agro Tbk (PALM). Sementara, saham yang melemah di antaranya PT Gudang garam Tbk (GGRM), PT Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA), dan PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) .

 

Sumber : ekbis.sindonews.com

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori