Resep : Cara Membuat Roti Unyil, Kudapan Empuk Asli Bogor

Inilah cara membuat roti unyil, kudapan empuk asli dari kota Bogor. Eits, kue unyil bukan kue yang mirip karakter si Unyil di TV, tapi roti empuk yang lezat!
0
Resep : Cara Membuat Roti Unyil, Kudapan Empuk Asli Bogor
0 (0%) 0 votes
Roti Unyil

Apa hubungannya roti unyil dan kota Bogor? Pernah kah kamu mendengar tentang roti unyil? Roti unyil disebut demikian karena ukurannya yang kecil dan diumpamakan dengan ukuran boneka Unyil yang mungil. Roti unyil memiliki keanekaragaman rasa yang digunakan di dalamnya. Isiannya bermacam-macam, dari rasa coklat sampai pasta kacang hijau pun ada. Salah satu ciri khas dari roti unyil adalah teksturnya yang begitu lembut.

 

Namun sayangnya memang belum banyak orang yang mengetahui roti yang berasal dari kota Bogor ini. Ketenaran roti unyil belum meluas, padahal kudapan ini cocok dihidangkan saat santai bersama teman atau keluarga. Untuk bekal sekolah adik atau keponakan juga bisa. Tentunya, membuat roti unyil ini sendiri tidak terlalu sulit lho. Yuk, coba simak dulu artikel berikut ini!

 

Roti Unyil Empuk Bogor yang Terkenal

 

 

Roti unyil bogor adalah jenis roti yang berasal dari kota hujan. Banyak yang suka membelinya sebagai oleh-oleh bila mereka mampir ke Bogor. Tentunya beragam rasa yang menjadi isian roti ini juga teksturnya yang lembut ketika dimakan membuat banyak orang menggemari kudapan manis yang satu ini. Ya, roti ini bukanlah roti dengan ukuran lazimnya, namun adalah roti-roti mungil dengan tekstur lembut yang sangat lezat rasanya. One bite size ini cocok kamu bawa ke mana saja tanpa repot dengan tempat yang besar dan berat. Kalau kalian malas mengantri lama-lama untuk membeli si unyil, kalian bisa lho mencoba untuk membuatnya sendiri!

 

Bahan Untuk Membuat Roti Unyil

 

 

Nah, untuk membuat roti unyil tentunya kalian harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini terlebih dahulu. Tenang saja karena bahan-bahannya tidak sulit dicari karena membuat roti unyil nyaris seperti membuat roti pada umumnya, hanya perlu lebih banyak diuleni hingga menjadi elastis bersama dengan bahan pengembang.

 

Cek bahannya di sini:
– 100 gram tepung terigu protein tinggi
– 100 gram tepung terigu protein sedang
– 125 ml air es
– 7 gram ragi instan
– 3 gram cake emulsifier
– 65 gram gula pasir
– 20 gram susu bubuk
– 1 butir kuning telur, kocok rata
– 40 gram margarin
– 5 gram garam halus

 

Untuk isian dari kue unyil ini, kalian bisa menggunakan berbagai macam rasa lho. Misalnya saja menggunakan selai coklat, fruit mix, abon, selai kacang, keju atau lain-lainnya. Sesuai seleramu saja! Untuk olesan di bagian atasnya nanti dapat menggunakan 2 butir kuning telur yang diaduk rata bersama dengan 25 mililiter susu cair tanpa rasa. Setelah bahan lengkap, sekarang bersiap-siap untuk memasak roti unyil bogor, ya!

 

Cara Membuat Roti Unyil Rumahan

 

 

Ini adalah langkah-langkah untuk membuat roti unyil rumahan yang sederhana. Tentunya bila dilakukan dengan telaten dan hati-hati, roti unyil bogor buatanmu pasti akan jadi dengan bagus. Pertama-tama, campurkanlah kedua jenis tepung dengan gula pasir, susu bubuk dan ragi instan kemudian aduklah sampai rata. Setelah itu masukkan kuning telur dan tuang air es sedikit demi sedikit sambil diuleni adonannya hingga elastis. Kalau sudah cukup elastis, masukkan cake emulsifier dan campur sampai rata. Tambahkan sedikit garam dan juga margarin lalu ulenilah hingga kalis.

 

Setelah adonan jadi, kamu bisa mulai untuk membentuk adonannya menjadi bentuk bulat lalu ditaruh dalam sebuah wadah yang nantinya ditutup dengan plastik wrapping dan dibiarkan terlebih dahulu agar terfermentasi dan mengembang selama 45 menit. Gas dalam adonan kemudian dibuang dengan cara memukul-mukul adonan. Biasa dapat menggunakan rolling pin. Timbanglah adonan per 25 gram lalu dibentuk bulat dan diletakkan di atas meja stainless yang telah ditaburi tepung terigu.

 

Nah, setelah itu semua selesai, kau bisa mulai bagian yang menyenangkannya, yaitu mengisi adonan dengan berbagai macam isian sesuai seleramu. Isilah adonan dan buat bentuk-bentuk sesuai selera. Setelah semua siap, susunlah dalam loyang kukus yang telah diolesi margarin. Olesi dengan bahan pengoles kemudian pada permukaannya agar nanti setelah selesai dipanggang permukaan roti terlihat mengkilat. Diamkan selama 15 menit sebelum kamu panggang dalam oven dengan suhu 185°Celsius hingga matang kuning keemasan. Angkat dan sajikanlah roti unyil bogor buatanmu!

 

Ngemil Nikmat Bersama Roti Unyil

 

 

Roti unyil ini adalah roti yang sangat cocok untuk dijadikan kudapan ketika ingin ngemil lho. Ditemani minuman hangat seperti susu, teh, atau pun kopi pun rasanya masih sangat cocok! Tentunya kalau kalian membuat sendiri di rumah, hasilnya pasti lebih enak dan rasa puasnya pun membuatmu makin menikmati roti mungil ini. Isiannya juga bisa dibuat beragam hingga kalian bisa mencoba untuk berkreasi membuat kue ini.

 

Tunggu apa lagi? Yuk, segera dicoba untuk membuat roti unyil bogor dan coba tanya pada temanmu bagaimana rasanya!

 

Sumber: resepumi

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori