Robot Yang Bisa Emosi Ini Laku Keras!!!

0
Robot Yang Bisa Emosi Ini Laku Keras!!!
0 (0%) 0 votes
robot

Pepper, robot humanoid begitu laris hingga terjual habis dalam satu menit, menurut perusahaan Jepang penciptanya, SftBank Robotika Corp. Hanya 1.000 model yang tersedia untuk peluncuran konsumen pada hari Sabtu di Jepang. Harga dasar yang ditetapkan sebesar ¥ 198.000 (=Rp.21,35juta ) dengan tambahan biaya ¥ 24.600 (=Rp. 2,65juta) untuk data bulanan dan biaya asuransi.

Berdiri dengan tinggi di bawah 4 kaki, dan berat 61pounds(=27,67kg), Pepper dirancang untuk membaca emosi serta mengenali nada suara dan ekspresi wajah untuk berinteraksi dengan manusia. Tapi yang paling penting, “ia mencoba untuk membuat Anda bahagia,” Kaname Hayashi, manajer proyek Softbank, mengatakan kepada CNN tahun lalu.

Pepper [source: silverink.com]

Pepper [source: silverink.com]

Dengan serangkaian kamera, sensor sentuh, accelerometer dan sensor lainnya dalam ” jaringan saraf multi-lapisan jenis-endokrin,” Pepper punya kemampuan untuk membaca emosi Anda serta mengembangkan emosinya sendiri. Dia bukan robot pekerja, tetapi lebih ke pendamping emosional bagi orang.

Pepper, robot dengan kecerdasan emosi [souce:pcmag.com]

Pepper, robot dengan kecerdasan emosi [souce:pcmag.com]

Pepper punya emosi yang berkembang sendiri yang “dipengaruhi oleh ekspresi wajah orang dan kata-kata, serta lingkungannya,” menurut SoftBank. “Pepper nyaman ketika dia dengan orang-orang yang dikenalnya, senang ketika dipuji dan takut ketika lampu digelapkan.”
Pengembang mengakui bahwa robot ini mungkin dapat melakukan kesalahan, tetapi mengatakan Pepper akan belajar dan tumbuh dari waktu ke waktu melalui mesin emosionalnya sendiri dan kebijaksanaan kolektif yang didapat melalui akumulasi data di cloud data.
Pepper saat ini punya kemampuan untuk berbicara bahasa Inggris, Perancis, Jepang dan Spanyol. Dalam beberapa bulan ke depan, akan ada rilis bahasa lain di app store, yang sudah punya sekitar 200 aplikasi.

Pepper [source: amazonaws.com]

Pepper [source: amazonaws.com]

 Dua hari sebelum rilis terbatas awal Pepper, SoftBank mengumumkan kemitraan baru dengan produsen Apple, Foxconn dan raksasa e-commerce Cina Alibaba, yang masing-masing setuju untuk menginvestasikan ¥14,5 milyar (=sekitar Rp.1,56 triliun) untuk 20% saham di SoftBank Robotika Holding. SoftBank membayangkan Pepper sebagai langkah pertama dalam menyebarkan robotika di seluruh dunia.

Softbank bersedia untuk menjual Pepper dengan merugi selama empat tahun pertama, tetapi mengharapkan robot ini akan membawa keuntungan pada tahun kelima dan menjadi kekuatan utama dalam pendapatan 20 sampai 30 tahun ke depan. Pejabat perusahaan mengatakan bahwa mereka ingin Pepper tetap terjangkau, dan dibandingkan harga robot itu dari anjing peliharaan di Jepang, menurut sebuah acara pers yang diadakan pekan lalu.

 

'Pepper,' a robot with emotional capabilities hugs a girl at DARPA Robotics Challenge on June 5, 2015. [source: cnn.com]

‘Pepper,’ a robot with emotional capabilities hugs a girl at DARPA Robotics Challenge on June 5, 2015. [source: cnn.com]

SoftBank juga berencana untuk meluncurkan “Pepper for Biz” di musim gugur, membuat robot yang tersedia untuk bisnis dan akan mengumumkan rincian pada bulan Juli. Pepper telah digunakan untuk menjual mesin kopi Nestle di toko-toko Jepang.

Berikut videonya…


SoftBank akan merilis informasi tentang penjualan tambahan di situs web mereka pada bulan Juli. Tertarik membeli robot Pepper-mu sendiri?

Apa pendapatmu? Yuk di share juga…

source: cnn.com

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori