4 Resep Telur Gulung Mudah dan Enak

Lapar, waktunya tanggung untuk makan berat. Waktunya membuat telur gulung! Walau sederhana, banyak jenis telur gulung yang bisa kamu buat dengan mudah.
0
4 Resep Telur Gulung Mudah dan Enak
0 (0%) 0 votes
Telur Gulung

Siapa yang tak menyukai telur dan salah satu kreasinya yang disebut telur gulung? Telur gulung ada berbagai macam ragamnya dan semua orang berhak menentukan bahan untuk membuatnya. Di seluruh penjuru dunia, kreasi telur dadar gulung selalu menjadi favorit, termasuk telur gulung yang berasal dari Jepang dan Korea yang sudah dikenal banyak orang. Ada juga telur gulung yang adalah resep masakan rumahan. Tentu saja semuanya pun rasanya enak sekali dan resep-resep yang akan dibagikan Hello-Pet ini bisa kamu coba untuk buat agar makanmu tidak bosan walau hanya dengan lauk telur. Telur gulung pun bisa mengenyangkan perutmu lho! Simak dulu artikel berikut ini, ya!

 

Seperti sudah diketahui, putih telur merupakan sumber riboflavin, selenium, dan vitamin esensial penting seperti folat , B12 , niasin, betain, dan kolin . Folat sangat penting terutama bagi kehamilan, bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Sementara kolin bermanfaat untuk perkembangan jaringan sel yang sehat. Putih telur mengandung kadar protein tinggi, maka sangat disarankan untuk kemoterapi pasien kanker dan pengobatan pasien ginjal.  Pada abad pertengahan, putih telur digunakan untuk mengobati luka dan patah tulang .

 

 

Cara Membuat Telur Gulung Ala Korea

 

 

Telur dadar gulung a la Korea atau Gyeran Mari adalah makanan pendamping yang sangat mudah dibuat dan banyak ditemukan di Korea. Biasanya telur gulung ala Korea menambahkan berbagai macam sayuran di dalamnya hingga menjadi makanan yang sehat dan berprotein tinggi. Dengan tambahan saus, tentu telur gulung ala Korea akan terasa makin nikmat. Yuk, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini untuk membuat telur gulung ini!

 

Bahan telur gulung a la Korea:
– 2-3 telur ayam ukuran sedang
– Garam
– Merica secukupnya
– 2 batang daun bawang, rajang halus
– 1 buah wortel dipotong dadu kecil
– Bayam secukupnya

 

Bila bahan-bahan sudah siap, saatnya untuk mempelajari cara untuk membuat telur gulung ala Korea! Pertama-tama, sisihkan sayuran yang telah dipotong kecil dan kemudian siapkan wajan anti lengket, beri minyak goreng 1 sendok, ratakan minyak dengan kuas dapur. Kocoklah lepas 2 telur hingga rata, masukkan sayuran dan daun bawang serta garam dan merica. Jika telur sudah setengah matang namun belum kering atasnya, mulailah lipat dari pinggir telur dengan hati-hati. Sisakan sedikit ujung telurnya.

 

Kocok lagi sebutir telur yang tersisa dan beri sedikit garam. Tuang kemudian di wajan anti lengket di bagian yang kosong agar menyatu dengan ujung telur yang belum dilipat. Setelah setengah matang, lipat dan lanjutkan dari telur yang sudah dilipat sebelumnya hingga seluruh telur menjadi gulungan. Lakukan dengan hati-hati agar telur gulung dapat jadi dengan rapi. Matangkan dengan dibolak-balik sampai berwarna kuning kecoklatan. Setelah itu, angkat dan taruh di talenan. Irislah telur gulung dengan ketebalan sekitar 3-4 cm, tergantung selera dan agar lebih mudah untuk dimakan. Siapkan juga sausnya, yaitu saus tomat, sambal, atau kecap asin dan kecap manis, untuk membuat rasa telur gulung ala Korea ini makin nikmat!

 

 

 

Resep Praktis Telur Gulung Khas Jepang

 

 

Pernah mendengar atau bahkan mencicipi telur gulung khas Jepang? Tamagoyaki, atau telur gulung dalam bahasa Jepang, adalah makanan khas Jepang yang kadang juga disebut japanese omelette. Bentuknya berupa telur yang dikocok dan dibumbui kemudian didadar lalu digulung hingga berlapis-lapis. Bisa disajikan di meja makan untuk dihidangkan bersama nasi atau jadi salah satu lauk yang dipakai untuk makin mempercantik bento (kotak bekal makan ala Jepang). Biasanya tamagoyaki ini dibumbui garam, gula, rice vinegar, soy sauce, kaldu katsuobushi dan sake, namun tentu saja bahan-bahan tersebut dapat diganti dan tidak wajib. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang lebih mudah dan bisa disesuaikan dengan selera.

 

Di Jepang, tamagoyaki biasanya dibuat menggunakan wajan atau teflon yang bentuknya persegi panjang (makiyakinabe) sehingga lebih mudah menggulung rata si telur dadar, namun tidak berarti pakai penggorengan datar yang bulat yang kamu miliki sendiri di rumah tidak bisa. Isian tamagoyaki juga bisa berbagai macam jenisnya, dari sayuran sampai yang polos sekali pun. Siapkan dulu bahan-bahan berikut ini untuk membuat telur gulung ala Jepang ini, ya!

 

Bahan telur gulung khas Jepang:
– 3 butir telur ayam
– 2 daun bawang, iris tipis
– 1/2 buah wortel, potong dadu super mini
– 3 sdm susu cair
– Garam + merica secukupnya
– Sedikit olive oil atau minyak goreng untuk mengolesi penggorengan

 

Bila bahan-bahannya sudah siap, saatnya untuk membuat telur gulungmu. Pertama-tama, masukkan semua bahan ke dalam mangkok lalu kocok rata. Tuangkan sepertiga bagian ke wajan yang sudah dipanaskan. Jika bagian atas sudah mulai setengah matang, gulung dengan menggunakan sumpit atau spatula, kemudian geser ke pinggir wajan dengan hati-hati agar bentuknya bagus. Tuang lagi sepertiga bagian, masak, gulung lagi dimulai dari gulungan yang pertama tadi dan ulangi gerakan tersebut sampai adonan habis dan telur matang. Letakkan dalam talenan lalu potong tipis-tipis agar mudah untuk dimakan. Mudah, kan? Sajikan dengan saus, mm, rasanya pasti enak sekali!

 

 

(Baca Juga: 4 Resep Membuat Masakan Khas Sunda, Nikmat!)

 

 

Cara Membuat Telur Gulung Sosis

 

 

Kata sosis berasal dari kata dalam bahasa Latin “Salsus”, artinya diasinkan atau diawetkan. Dulu banget, mesin pendingin belum ditemukan untuk mengawetkan daging, makanya penduduk setempat mencari alternatif dengan cara membuat sosis. Diperkirakan sosis dibuat oleh orang Sumaria ( sekarang Irak ) sekitar tahun 300SM. Sosis pertama kali dikenali dari dokumen Yunani yang ditulis sekitar tahun 500SM.

 

Mau mencoba resep telur gulung sosis? Tentu saja sosis yang digulung dengan telur dadar dengan resep praktis dan akan jadi favorit. Yuk, coba dulu siapkan bahan-bahan berikut ini untuk membuat telur gulung sosismu. Sosisnya bisa dari merk apa pun, ya!

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
– 1 buah sosis
– 2 butir telur ayam
– Sedikit garam halus atau bisa juga pakai kecap asin saja, secukupnya sesuai selera
– 1/2 sdt air matang
– Sedikit margarin

 

Nah, bila sudah siap dengan bahan-bahannya, saatnya untuk mempelajarai bagaimana caranya membuat telur gulung sosis ini. Bila kamu suka makanan yang lebih matang, sosis bisa ditumis sebentar dengan sedikit saja margarin. Tiriskan dan sosis pun siap digulung.

 

Bila sudah, kocok lepas 2 butir telur ayam dan tambahkan garam atau kecap asin. Kocok sampai semua tercampur rata dan setelahnya tambahkan air matangnya lalu aduk lagi sampai semua bahan merata. Berikutnya, hangatkan wajan teflon dengan diameter sekitar 10-15 cm bila ingin maksimal, tetapi dengan teflon biasa pun tidak masalah. Poleslah permukaan dengan minyak zaitun atau margarin dengan tipis dan setelah mulai agak panas, mulailah menuangkan kocokan telur ayam tadi secukupnya saja dan buat dadar telur tipis.

 

Perhatikan dan bila permukaan mulai matang, angkat dan letakkan dadar telur pada sebuah wadah dan taruhlah 1 buah sosis di atasnya dan gulunglah dengan rapat secara hati-hati. Lakukan langkah-langkah memasak telur sampai semua bahan habis, juga menggulung sosisnya. Bila semua gulungan sosis telur sudah jadi, potonglah menjadi ukuran yang mudah untuk dimakan dan sajikan dengan sausnya! Bisa juga menambahkan italian herb ke dalam adonan dadar telur dan sedikit parutan keju cheddar sesuai selerea lho. Selamat berkreasi!

 

 

Resep Praktis Sate Telur Gulung

 

 

Sate telur gulung merupakan cemilan yang enak juga dapat dijadikan menu bekal sekolah anak sehari-hari atau dijadikan cemilan di rumah. Sate telur gulung juga biasanya dapat dijadikan variasi untuk anak yang kurang menyukai telur sekaligus menghindari jajanan atau makanan yang tidak sehat. Cara membuatnya pun cukup mudah dan kesulitan yang mungkin dihadapi adalah ketika telor dililit atau digulung menggunakan tusukan sate saja, tetapi bila sudah dipraktikkan berkali-kali pasti akan terasa lebih mudah. Siapkan dulu bahan-bahan berikut ini, ya!

 

Bahan sate telur gulung:
– 1 butir telur
– Merica
– Garam
– Tusuk sate, secukupnya

 

Inilah cara untuk membuat sate telur gulung bila kamu sudah siapkan bahan-bahannya. Pertama-tama, bubuhi telur dengan merica, garam dan penyedap rasa bila ingin. Kocok telur sedikit lama atau sampai berbusa menggunakan garpu. Siapkan tusukan sate untuk menggulung atau melilitkan telurnya.
Panaskan terlebih dahulu minyak dan jangan terlalu panas, Karena bila terlalu panas, telur akan lebih cepat matang dan akan sulit untuk dililit atau digulung. Tuangkan 5 sendok teh telur ke dalam minyak, kemudian langsung masukkan tusuk sate dan digulung. Tusukan sate diputar di telur yang sedang digoreng di wajan untuk membentuknya seperti sate. Celupkan telur yang sudah digulung ke dalam sisa kocokan telur, lalu goreng lagi sampai matang dan taruh di wadah saji. Sajikan sate telur gulung bersama saus sambal atau pun tomat untuk membuatnya makin nikmat!

 

Nah, resep-resep yang dibagikan Hello-Pet ini sangat menarik untuk dicoba bukan? Telur gulung adalah salah satu makanan yang mudah untuk dibuat dan rasanya pun enak.

 

Sumber: resepmembuat

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori