3 Kreasi Cara Membuat Pisang Goreng Istimewa

Cara membuat pisang goreng yang istimewa sebenarnya mudah saja bila Anda memiliki resepnya. Bila tidak, Anda bisa mengikuti tiga resep kreasi dari kami berikut!
0
3 Kreasi Cara Membuat Pisang Goreng Istimewa
0 (0%) 0 votes

Mengetahui cara membuat pisang goreng bisa jadi merupakan keterampilan umum yang pasti diketahui oleh semua ibu rumah tangga. Bahkan, anak-anak remaja, terutama remaja putri, pun sepertinya tahu bagaimana cara membuat camilan yang satu ini. Wajar saja, pisang goreng memang menjadi salah satu kudapan yang nikmat disantap namun gampang dibuat. Tapi justru karena mudah dibuat, lantas banyak orang yang kemudian mencoba mengembangkan kreasinya sendiri. Bagi Anda yang ingin mencoba variasi lain atau kreasi yang berbeda dalam membuat pisang goreng, Hello-Pet punya caranya, lho!

 

Seperti apa, sih, cara membuat pisang goreng yang istimewa itu? Nah, di sini Hello-Pet akan membagikan 3 resep kreasi pisang goreng yang tidak bisa dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Penasaran? Langsung saja! Tapi, sebelum itu, yuk kita simak dulu serba-serbi pisang goreng ini.

 

 

Pisang Goreng Camilan Nusantara

 

Resep pisang goreng selalu diturunkan dari generasi ke generasi sehingga sebenarnya tidak ada resep atau aturan yang baku dalam cara membuat pisang goreng. Wajar saja, karena camilan yang satu ini bisa dibilang memang merupakan masakan nusantara. Dari Sabang sampai Marauke, Anda pasti bisa menemukan penjual pisang goreng, baik yang dibuat sebagai gorengan biasa maupun yang sudah memasukkan unsur-unsur tradisional khas daerah, misalnya saja pisang epe yang banyak ditemukan di Makassar ataupun pisang goreng modern yang sering disajikan di kafe-kafe dengan tambahan coklat, susu maupun keju.

 

Meskipun pisang goreng bisa ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia dan bisa dibilang sebagai resep nusantara, sebenarnya pisang goreng bukanlah makanan asli Indonesia, lho! Adalah bangsa Portugis yang pertama kali memperkenalkan panganan ini kepada bangsa Indonesia. Tepatnya, di tahun 1511 ketika Portugis mulai datang dan berdagang dengan Indonesia, mereka mulai memperkenalkan banana fritter yang merupakan cikal bakal dari pisang goreng sebagai menu sarapan. Lambat laun, Indonesia kemudian mulai mengadopsi jenis kudapan yang satu ini, tidak hanya sebagai menu sarapan, tetapi sebagai camilan yang bisa dinikmati hampir di segala situasi, misalnya saja di sore hari sembari menikmati secangkir teh hangat, Sampai akhirnya pisang goreng pun menjadi jenis makanan yang sangat umum di Indonesia.

 

(Baca juga: 4 Resep Burger Enak dan Menggiurkan)

 

 

 

Memilih Bahan Pisang Goreng

 

Recipe pisang goreng sebenarnya ada bermacam-macam, termasuk pilihan pisang yang bisa digunakan dalam cara membuat pisang goreng. Ada pisang uli, pisang tanduk, pisang nangka, pisang kepok, atau bahkan pisang ambon. Namun, umumnya pisang yang digunakan adalah pisang raja.

 

Untuk memilih pisang yang cocok untuk diolah menjadi pisang goreng, pertama-tama kita harus melihat kulitnya dahulu. Pisang yang sudah matang dan akan terasa nikmat untuk disantap sebagai pisang goreng biasanya memiliki kulit yang sudah kuning. Tapi, jangan salah! Kulit pisang yang sudah menguning sebenarnya juga tidak bisa menjadi patokan atau jadi jaminan bahwa pisang tersebut sudah matang. Anda juga perlu meraba atau sekalian saja mencoba menekan bagian badannya. Pisang yang bagus untuk digoreng adalah pisang yang tidak terasa keras ketika ditekan karena pisang yang masih keras, biasanya rasanya tidak terlalu manis. Bila pisang yang Anda miliki masih sedikit keras, jangan terburu-buru untuk langsung menggorengnya. Tunggulah dulu barang satu sampai dua hari sampai kematangannya pas untuk diolah.

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Cilok yang Kenyal tapi Enak)

 

 

 

Cara Membuat Pisang Goreng

 

Cara membuat Pisang goreng sebenarnya gampang-gampang susah. Setelah memilih pisang yang siap untuk diolah, Anda juga harus memperhatikan apakah pisang tersebut sudah memiliki ukuran yang pas. Biasanya, untuk pisang dengan kematangan yang cukup dan ukuran yang pas, kita hanya perlu membelahnya menjadi dua atau empat bagian namun dengan tetap menyisakan bagian pangkalnya sehingga pisang tidak benar-benar putus, kemudian pisang dapat dibentuk seperti kipas dahulu sebelum digoreng. Sementara bila Anda merasa pisang yang Anda miliki masih terlalu besar atau bentuknya kurang begitu bagus, Anda bisa memotong-motongnya terlebih dahulu sehingga bentuknya seperti dadu, lalu campurkan ke dalam adonan tepung sebelum menggorengnya.

 

Langkah selanjutnya dalam membuat pisang goreng adalah dengan membuat adonannya. Untuk satu sisir pisang, biasanya dibutuhkan tepung sebanyak 250 gram yang bisa dicampur dengan satu sendok makan gula, satu sendok teh garam dan juga setengah sendok teh vanila bubuk dan juga air. Adonan ini nantinya dapat digunakan untuk membungkus pisang yang akan digoreng sehingga hasilnya nanti akan lebih renyah dan manis. Nah, apakah Anda sudah siap berkreasi?

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Batagor Rumahan)

 

 

 

Resep Praktis Pisang Goreng Madu

 

Kreasi pertama dalam cara membuat pisang goreng adalah pisang goreng madu. Untuk menyajikan camilan yang satu ini, pertama-tama Anda harus menyiapkan bahan-bahan berikut:

 

7 buah pisang raja, dipotong-potong

125 gram tepung terigu

25 gram tepung beras

1/2 sendok teh garam

1 sendok makan gula halus

1/2 sendok teh baking powder

176 ml air

75 gram gula merah

50 gram kacang madu

 

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama-tama, aduk rata tepung terigu, tepung beras, gula, garam dan baking powder yang sudah Anda siapkan. Tambahkan pula air dan aduk kembali hingga rata. Setelah itu tambahkan pisang yang sudah dipotong-potong ke dalam adonan, aduk dan goreng dengan ukuran satu sendok sayur. Setelahnya, Anda bisa meniriskan gorengan adonan pisang tersebut dan mulai langkah selanjutnya dengan memasak gula merah sampai berbuih. Bila sudah, masukkan adonan pisang yang sudah jadi dan goreng di dalam gula merah tersebut sampai seluruh bagiannya terbalut gula merah, tiriskan dan taburkan kacang madu yang sudah diremukkan dan pisang goreng madu sudah siap untuk disajikan.

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Es Doger yang Bikin Segar Tenggorokan)

 

 

 

Cara Membuat Pisang Goreng Susu

 

Kreasi kedua dalam cara membuat pisang goreng adalah membuat pisang goreng susu yang enak dan lezat. Untuk membuatnya, pertama-tama siapkan bahan sebagai berikut:

 

12 buah pisang kepok

250 gram tepung terigu

1 sendok makan gula

1 sendok teh garam

susu kental manis secukupnya

parutan keju sesuai selera

air

 

Pertama-tama, seperti biasa, kita akan membuat adonannya terlebih dahulu. Campurkan semua bahan hingga adonan terasa manis. Setelahnya, Anda bisa mulai memotong-motong pisang yang akan digoreng. Untuk pisang kepok, satu buahnya biasanya bisa dijadikan dua hingga tiga bagian. Bila sudah, campurkan pisang ke dalam adonan dan mulailah menggoreng dengan ukuran sesuai selera hingga warna coklat keemasan. Setelah pisang goreng dirasa sudah matang, tiriskan hingga minyak yang tersisa sudah tidak terlalu banyak. Setelahnya, taburkan parutan keju di atasnya dan balur juga dengan susu kental manis. Anda bisa menggunakan susu putih maupun coklat, bahkan tidak masalah juga bila Anda mengombinasikannya dengan varian rasa yang lain atau menambahkan potongan buah strawberry di atasnya. Nah, bila sudah, pisang goreng susu yang nikmat dan lezat pun sudah siap disajikan sebagai camilan untuk keluarga.

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Brownies Lembut dan Enak)

 

 

 

 

Pisang Goreng atau Pisang Bakar?

 

Kreasi terakhir dalam cara membuat pisang goreng sebenarnya sedikit membingungkan, karena nantinya kita akan membuat pisang goreng bakar. Tertarik untuk mencoba? Oke, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan berikut ini sebelum mulai berkreasi:

 

12 buah pisang kepok

25 gram margarin untuk olesan

200 gram gula merah

2 sendok makan gula pasir

1/4 sendok teh garam

3 lembar daun pandan disimpulkan

600 ml air

 

Meskipun kedengarannya membingungkan, pisang bakar atau yang biasa disebut di Makassar dengan nama pisang epe ini sebenarnya sangat mudah sekali dibuatnya. Pertama-tama, Anda bisa menyiapkan kinca gula merah yang dibuat dengan mendidihkan air bersama gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan kemudian disaring. Selanjutnya Anda tinggal memenyetkan pisang kepok hingga pipih dan diolesi margarin di setiap sisinya hingga merata. Bila sudah, Anda bisa memanggang pisang kepok tersebut di atas bara atau di atas wajan datar sambil dibalik-balik hingga kecoklatan. Bila sudah, Anda tinggal meniriskan pisang tersebut dalam sebuah wadah dan siram dengan kinca gula merah yang sudah dibuat. Mudah sekali, bukan?

 

Demikian tiga kreasi yang bisa Anda sajikan untuk keluarga. Kira-kira, keluarga Anda suka kreasi yang mana, nih? Pisang goreng dengan madu, susu dan keju, atau justru pisang epe khas Makassar? Yuk, berkreasi!

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori