Inilah 3 Resep Nugget Mudah Untuk Dibuat Sendiri

Inilah 3 resep nugget yang mudah untuk dibuat sendiri. Nugget memiliki berbagai macam bahan dasar dan tentunya tidak akan membuatmu bosan memakannya!
0
Inilah 3 Resep Nugget Mudah Untuk Dibuat Sendiri
0 (0%) 0 votes
nugget

Tahukah kalian cara untuk membuat nugget yang enak dan mudah? Nugget banyak sekali variasinya. Ada nugget daging sapi, nugget sayur, nugget tahu, nugget ikan, dan sebagainya. Banyak yang menyukai nugget dengan bahan dasar daging, namun rupanya tanpa daging pun nugget bisa terasa enak lho! Tidak hanya anak-anak yang menyukai makanan ini, tetapi remaja dan dewasa pun menikmati renyah dan lembutnya tekstur daging di dalamnya. Yuk, langsung saja disimak resep dan cara membuat nugget sederhana yang akan dibagikan oleh Hello-Pet berikut ini. Tentu saja banyak jenis dan rasanya lho, pilih saja sesuai seleramu!

 

 

Bahan Dasar Membuat Nugget

 

 

Nugget memiliki banyak sekali jenisnya dan tentu saja bahan dasarnya bisa berupa daging. Namun selain daging pun nugget masih dapat dibuat dalam kreasi lain lho. Misalnya saja menggunakan kentang dan jamur. Nah, pada resep kali ini, Hello-Pet akan membagikan bahan dasar untuk membuat nugget dengan daging ayam. Ini bahan-bahan yang kalian butuhkan untuk membuat nugget pada umumnya.

– 500 gram daging ayam giling. Gunakan daging pada bagian dada, agar rasanya lebih gurih.
– 3 butir telur ayam.
– 5 siung Bawang Putih. Kupas dan haluskan.
– Merica bubuk secukupnya (bisa dihilangkan apabila anak anda tidak suka pedas).
– Garam atau penyedap rasa. ( jika takut bahan berpengawet bisa dihilangkan penyedap rasanya).
– 6 lembar roti tawar putih. Hilangkan bagian pinggirnya yang berwarna coklat.
– Mentega secukupnya untuk olesan pada loyang.

 

Selain bahan-bahan di atas, yang membuat nugget unik adalah teksturnya yang renyah dan gurih di bagian luarnya. Karena itu kamu juga perlu bahan pelapis luar adonan daging yang akan kamu buat nanti. Inilah bahan-bahannya.
– 160 gram tepung roti
– 2 butir telur ukuran besar. Dikocok lepas

 

Nah, kalau kamu sudah menyiapkan bahan-bahannya, kamu bisa mulai untuk membuat nugget untuk camilan sehatmu nanti! Caranya mudah sekali, dengan mencampurkan seluruh adonan daging menjadi satu sebelum nantinya akan dilapisi dengan tepung roti menggunakan putih telur. Adonan dicelupkan ke dalam putih telur sebelum digulingkan pada tepung roti. Mm, jelas rasanya pasti akan sangat lezat setelah nanti digoreng. Nah, coba simak, yuk, resep-resep nugget yang dibagikan Hello-Pet berikut ini!

 

Cara Membuat Nugget Tahu

 

 

Nugget tahu adalah salah satu nugget yang cukup menarik karena ia menggunakan bahan dasar tahu. Tentunya ada campuran daging yang digunakannya juga bila ingin rasanya lebih enak. Nugget tahu sangat cocok untuk dijadikan teman makan siang mau pun makan malam lho. Jangan lupa untuk dicoba resepnya, ya! Inilah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu.

 

Bahan untuk membuat nugget tahu :
– 300 gram tahu, potong-potong, kemudian sisihkan.
– 1 lembar roti tawar, potong-potong.
– 1 butir telur ayam.
– 20 gram wortel, cincang hingga halus.
– 1 sendok teh garam.

 

Selain bahan-bahan di atas, yang membuat nugget unik adalah tekstur renyah dan gurih di bagian luar nugget. Karena itu kamu juga perlu menyiapkan bahan pelapis luar adonan daging yang akan kamu buat nanti. Inilah bahan-bahan untuk melapisi nugget tahumu.
– 1 buah putih telur ayam, kocok lepas.
– 160 gram tepung panir kasar.

 

Nah, nugget juga sangat enak untuk dimakan dengan menggunakan saus lho. Siapkan dulu bahan-bahan berikut ini untuk bahan saus nugget tahumu, ya!
– 1 sdm margarin.
– 4 sdm saus tomat.
– 1/2 sdt gula pasir.
– 1 siung bawang putih, dihaluskan.
– 1/2 sdt teh merica bubuk.
– 1 sdt garam dapur.
– 300 cc kaldu.
– 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan tambahan sedikit air sampai encer.

 

Mari pelajari dulu cara untuk membuat sausnya. Pertama-tama, panaskan wajan, kemudian masukkan sedikit margarin dan biarkan sampai meleleh. Masukkan bawang putih, tumis hingga layu dan wangi lalu tambahkan bahan saus lainnya dan aduk sampai rata. Terakhir tuangkan larutan tepung maizena dan biarkan hingga saus mengental. Bila sudah terlihat mengental dan cukup mendidih, angkatlah dan tuangkan dalam sebuah mangkuk, sisihkan.

 

Setelah sausmu siap, sekarang buatlah nugget tahumu! Pertama-tama, haluskan semua bahan nugget tahu dengan menggunakan food processor untuk mempermudah pekerjaanmu, kecuali untuk wortel. Bila sudah, masukkan potongan wortel dan aduk sampai rata lalu kemudian tuang adonan ke dalam loyang persegi empat. Jangan lupa ratakan bagian atasnya dan pastikan adonannya jangan terlalu tebal. Kukuslah adonan nugget tersebut selama 30 menit hingga matang. Angkat, biarkan dingin di suhu ruangan. Setelah dingin, potonglah dengan bentuk dan ukuran sesuai dengan keinginan. Nuggetmu sudah siap untuk dimasak! Celupkan potongan nugget tahu ke dalam kocokan putih telur lalu balurlah dengan tepung panir sampai tertutup rata. Nah, terakhir goreng dalam minyak panas hingga warnanya berubah kecoklatan. Tentu aromanya yang harum akan membuatmu tergiur. Angkat dan tiriskan supaya kadar minyaknya berkurang dan nugget tahu buatanmu pun siap di nikmati dengan saus yang telah dibuat sebelumnya!

 

(Baca Juga: 4 Kreasi Sandwich Tanpa Roti yang Bisa Kamu Coba!)

 

Cara Membuat Nugget Ikan

 

 

Nugget ikan adalah salah satu nugget yang lezat rasanya karena ia menggunakan bahan dasar ikan. Nugget ikan sangat cocok untuk dijadikan teman makan siang mau pun makan malam lho dan tentu saja nugget ikan akan menjadi variasi makanmu. Jangan lupa untuk dicoba resepnya. Inilah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu untuk membuat nugget ikan.

 

Bahan utama nugget:
– 200 gram ikan tenggiri, bersihkan dan giling halus
– Putih telur dari satu butir telur
– 50 gram tepung terigu
– 1 batang daun bawang, iris kecil-kecil
– 1 siung bawang putih, ulek halus
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 1 sendok teh gula pasir
– 1 sendok teh garam

 

Selain bahan-bahan di atas, yang membuat nugget unik adalah tekstur renyah dan gurih di bagian luar nugget. Karena itu kamu juga perlu menyiapkan bahan pelapis luar adonan daging yang akan kamu buat nanti. Inilah bahan-bahan untuk melapisi nugget tahumu.
– 2 butir telur, kocok lepas dalam mangkuk
– 50 gram tepung terigu
– 100 gram tepung panir kasar

 

Setelah siap dengan bahan-bahannya, mulailah membuatnya. Pertama, siapkan wadah, campurkan gilingan ikan tenggiri bersama bahan utama lain. Lumat hingga lembut dan semuanya tercampur rata. Tentu saja jenis ikan yang bisa kamu pakai sesuai selera lho. Setelah itu coba cek dulu ketepatan rasa dengan menggoreng sedikit adonan. Cicipi rasanya setelah itu, bila kurang gurih, cobalah tambahkan garam dan penyedap hingga rasanya pas. Bila sudah selesai, tuanglah adonan di loyang cetakan dan kemudian kukuslah selama 20 menit hingga matang. Keluarkan nugget setengah jadi dari loyang dan potong-potonglah dengan bentuk sesuai seleramu. Balurkan tiap potongan nugget tadi ke dalam bahan pembalut nugget hingga merata sebelum dimasak. Panaskan minyak dan gorenglah nugget hingga matang dan berwarna keemasan. Bila sudah matang, tiriskan dan sajikanlah. Nugget ikan sangat enak dimakan dengan menggunakan saus juga lho.

 

Cara Membuat Nugget Sayur

 

 

Nugget sayur adalah salah satu nugget yang enak dan sehat rasanya karena makanan ini menggunakan bahan sayur-sayuran. Nugget sayur sangat cocok untuk dijadikan teman makan siang mau pun makan malam dan tentu saja nugget sayur akan menjadi variasi makanmu. Jangan lupa untuk dicoba resepnya, karena tentu saja untuk anak-anak yang sulit makan sayur ini bisa jadi alternatif menu yang bagus lho. Inilah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu untuk membuat nugget sayur kamu.

 

Bahan nugget sayur:
– 100 gr bayam, haluskan
– 100 gr udang, haluskan
– 100 gr wortel, diparut halus
– 2 butir telur ayam
– 100 cc santan
– 2 sdt garam
– 50 gr tepung sagu
– 1 sdt gula pasir
– 1 sdt merica bubuk
– Minyak untuk menggoreng

 

Bahan pelapis nugget:
– 1 butir telur ayam, kocok lepas
– 100 gr tepung roti
– Bumbu nugget , haluskan
– 3 butir bawang merah
– 1 Siung bawang putih
– 1 sdt parutan jahe

 

Nah, nugget juga sangat enak untuk dimakan dengan menggunakan saus lho. Misalnya saja saus tomat atau pun saus mayonaise. Mm, tentu kenikmatan nugget akan makin kerasa dengan saus pelengkapnya!

 

Setelah siap dengan bahan-bahannya, saatnya untuk membuat nugget sayur yang enak dan sederhana! Pertama, siapkan wajan, lalu masukkan sayur dan udang halus, tepung sagu, garam, telur, santan, merica dan gula pasir, aduk hingga rata. Bila sudah, masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi dan aduk lagi sampai merata. Tuanglah adonan ke dalam wajan datar tahan panas. Jangan lupa juga diolesi dengan minyak goreng pada bagian dalam wajan agar lebih merata. Kukuslah adonan selama 20 menit lalu angkat dan dinginkan di suhu ruangan.

 

Selanjutnya, potonglah dengan ukuran sesuai selera dan setelah dipotong celupkan ke dalam kocokan telur dan baluri dengan tepung roti untuk membuat tekstur renyah nugget saat digoreng nanti. Masukkan dalam freezer dan diamkan selama 2 jam sebelum digoreng. Gorenglah nugget dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan, lalu sajikanlah nugget sayur dalam piring cantik agar makin menggugah selera. Mm, nugget pun siap disantap dengan kentang goreng dan saus kesukaan kalian!

 

Nah, resep-resep di atas ini sangat mudah untuk dibuat kan? Cobalah di rumah! Selamat berkreasi!

 

Sumber: resepme

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori