4 Resep Membuat Nugget Ayam Enak Di Rumah

Nugget ayam menjadi salah satu makanan ringan yang sangat berkembang saat ini. Selain mudah, rasanya juga nikmat. Berikut beberapa resep membuat nugget ayam.
0
4 Resep Membuat Nugget Ayam Enak Di Rumah
0 (0%) 0 votes
cara membuat nugget ayam

Ada banyak makanan yang bisa diolah dengan bahan dasar ayam, dari makanan ringan sampai dengan makanan berat. Salah satu dari makanan tersebut ialah nugget ayam. Nugget ayam merupakan salah satu makanan hasil pengolahan dagin ayam yang memiliki cita rasa tertentu, biasanya nugget ayam ini memilkiki warna kuning keemasan. Sampai saat ini, nugget ayam merupakan salah satu produk olahan daging ayam yang berkembang pesat.

 

Adapun beberapa bahan baku untuk membuat nugget ayam di antaranya ialah daging ayam, tepung terigu, dan beberapa bumbu. Dalam pengolahan di industri, nugget ayam melalui beberapa tahapan. Tahapan tersebut di antaranya ialah menghaluskan daging ayam, digiling, dan dicampur dengan aneka bahan  lainnya.

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Keripik Pisang Sederhana Renyah dan Gurih!

 

Untuk itu, kali ini hello-pet ingin memberikan beberapa resep nugget ayam untuk kalian semua jika ingin membuat sendiri di rumah. Tentunya, resep yang kami berikan ini sangat sederhana dan tidak membutuhkan bahan yang cukup sulit. Berikut beberapa cara membuat nugget ayam.

 

 

 

Resep Praktis Nugget Ayam Wortel

 

cara membuat nugget ayam
via 333frozaholic.com

 

Untuk yang pertama, kita akan mencoba membuat nugget ayam dengan bahan campuran yaitu sayur wortel. Sayur wortel sendiri sangat bagus untuk kita konsumsi guna menyehatkan mata karena memiliki kandungan vitamin A. Wortel memiliki kandungan air yang tinggi (sekitar 90%) dan 10% sisanya adalah karbohidrat. Apakah kamu tahu bahwa wortel memiliki lycopene, antioksidan yang ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran berwarna merah. Kandungan ini membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular.

 

Sebelum membuat resep yang pertama ini, sediakan semua bahan yang kita perlukan seperti 650 gram daging ayam yang harus kamu cincang agak kasar, 150 gram wortel yang juga harus kamu parut kasar, 4 siung bawang putih cincang halus, 1 buah bawang bombai ukuran kecil cincang halus, 2 butir telur, 7 sendok makan mayones, 5 sendok makan tepung panir, 3 sendok makan tepung sagu, 1 sendok teh gula pasir, 1,5 sendok teh garam halus, ½ sendok teh lada bubuk. Dan untuk bahan pelapisnya ialah tepung panir kasar kuning secukupnya dan 2 butir telur kocok lepas.

 

Kalau kamu sudah menyediakan bahan bahan yang kita butuhkan tersebut, untuk membuat nugget ayam wortel ini juga tidak sulit loh, guys. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencampurkan semua bahan yang sudah disediakan sebelumnya lalu kamu aduk rata. Setelah itu kamu harus memasukannya ke dalam loyang dan kukus kurang lebih sekitar 30 menit atau sampai matang. Kalau sudah, keluarkan dari kukusan dan diamkan hingga dingin. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah potong-potong nugget yang sudah dingin sesuai selera kamu. Celup dalam kocokan telur, dan gulingkan di tepung panir. Lakukan langkah berikut hingga adonan nugget kamu habis. Selanjutnya, masukan ke dalam freezer selama kurang lebih 15 menit, kalau sudah kamu bisa langsung menggorengnya. Sajikan

 

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Getuk Sederhana Di Rumah

 

 

 

Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana

 

cara membuat nugget ayam
via reseplezatos.blogspot.co.id

 

Untuk selanjutnya, kita akan mencoba resep membuat nugget ayam yang sederhana seperti biasanya. Tak ada bahan campuran, kali ini kita akan membuat nugget ayam yang mudah untuk dibuat. Silahkan sediakan bahan bahan yang diperlukan untuk membuat resep yang satu ini. Bahan-bahan yang kita butuhkan di antaranya ialah 300 gram daging ayam bagian dada tanpa tulang, 1 butir telur ayam, 1 buah wortel kupas parut dengan parutan keju, 2 lembar roti tawar rendam dengan air lalu peras, 3 siung bawang merah cincang halus, 3 siung bawang putih cincang halus, 1 sendok teh garam, ½ sendok teh gula pasir, 1 sendok makan tepung terigu, 5 sendok makan air dan untuk bahan pelapisnya ialah tepung roti, tepung terigu, dan telur.

 

Selanjutnya kita akan lanjut ke tahap pembuatannya. Tahap pembuatannya juga sangat sederhana. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah giling daging ayam sampai halus lalu tambahkan wotel, roti, bumbu halus, telur, gula, garam, lalu kamu harus menggilingnya lagi. Kalau semuanya sudah tercampur rata, tambahkan lagi gula, garam dan terigu, aduk lagi. Kalau sudah, adonan kamu siap untuk dikukus. Kalau sudah dikukus, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah potong potong adonannya lalu balut dengan terigu dan masukan ke dalam kocokan telur, lakukan langkah tersebut hingga adonan yang sudah kamu buat tadi habis. Kalau sudah, kamu hanya harus menggoreng. Sajilkan

 

 

Baca Juga : 4 Resep Praktis Membuat Bakwan Udang Renyah dan Enak

 

 

 

Cara Membuat Nugget Ayam Sayuran

 

cara membuat nugget ayam
via diahdidi.com

 

Kalau kamu suka banget sama sayuran, kamu bisa mencoba resep membuat nugget ayam yang dicampur dengan sayuran. Apakah kamu tahu bahwa brokoli mengandung sulforaphane, sebuah zat kimia yang berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia dalam mencegah penyumbatan arteri?

 

Sediakan bahan-bahan yang kita butuhkan seperti 100 gram ayam giling, 1 batang brokoli ukuran besar, 1 buah wortel ukuran sedang, 100 gram keju cheddar parut, 2 butir telur ayam, 1 sdt merica, 1 sendok makan bawang putih bubuk, 1 sendok makan penyedap jamur atau bisa kamu ganti dengan penyedap rasa ayam, garam secukupnya, 2 sendok makan margarin untuk mengoles loyang, 200 gram tepung instan serba guna, 100 gram bread crumb atau tepung roti.

 

Kalau kamu sudah menyiapkan bahan tersebut, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah potong brokolinya dan ambil kuntumnya saja lalu bersihkan. Bersihkan wortelnya juga setelah itu parut bersama dengan brokoli. Setelah itu, pecahkan 2 butir telur, aduk rata, lalu masukanlah ayam giling. Tambahkan bawang putih bubuk, merica bubuk, garam, dan penyedap, aduk rata. Tambahkan juga keju parut dan sayuran. Aduk rata kembali. Siapkan air dalam kukusan rebus hingga mendidih, sambil menunggu, masukkan adonan ke dalam loyang segi empat yang sudah diolesi margarin, usahakan tinggi adonan yang dimasukkan ke dalam loyang tidak terlalu lebar agar cepat matang. Setelah air mendidih, masukkan adonan. Untuk mencegah uap air masuk ke dalam adonan, bisa kamu tutup dengan kain bersih.

 

Kukus adonan selama kurang lebih 20 menit, cek dengan garpu apakah adonan sudah matang. Potong potong adonan yang sudah matang lalu celupkan ke dalam tepung serbaguna lalu balurkan tepung roti hingga tertutup semuanya. Masukan ke freezer selama 5 jam, kemudian nuggetnya siap untuk digoreng. Goreng dan sajikan.

 

Baca Juga : 9 Tempat Wajib Menikmati Kuliner Enak di Padang

 

 

 

Cara Membuat Nugget Ayam Jamur

 

cara membuat nugget ayam
via santeaja.com

 

Selain itu, kamu juga bisa mencoba membuat resep nugget ayam dengan campuran jamur. Kandungan gizi pada jamur tiram sangat tinggi dan cukup lengkap. Protein pada jamur tiram kering dapat mencapai 10.5-30.4%. Lebih tinggi dari beras yang hanya 7.3% dan gandum yaitu 13.2%. Sementara pada susu sapi sekitar 25.2%.

 

Sediakan bahan-bahan yang kita perlukan seperti 160 gram daging ayam cincang halus, 40 gram jamur tiram, 100 gram tepung sagu, 2 butir telur ayam, 2 siung bawang merah goreng, 5 siung bawang putih goreng, 1 bungkus merica bubuk, ½ bungkus penyedap rasa ayam, 40 gram tepung panir, 1 batang wortel parut, 100 ml air es, 1 sendok teh gula pasir dan garam, campuran terigu dan putih telur secukupnya, tepung roti secukupnya.

 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat resep yang satu ini adalah masukan ayam ke dalam food processor bersama semua bumbu, tepung, tepung panir, wortel, keju, dan telur. Tambahkan air es kalau perlu, proses hingga semuanya tercampur rata. Setelah itu, panaskan panci pengukus, siapkan adonan nugget dalam loyang datar. Kukus sampai matang. Kalau sudah, diamkan dan dinginkan. Potong sesuai dengan selera kamu. Celupkan nugget ke dalam larutan terigu campur putih telur, balur dengan tepung roti. Lakukan sampai adonan kamu habis. Simpan di dalam freezer sampai beku. Kalau sudah, nugget kamu siap untuk digoreng. Sajikan.

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Sup Enak dan Lezat

 

 

Itulah beberapa resep membuat nugget ayam yang enak dan tentunya sederhana. Silakan mencoba!

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori