Resep Nasi Kari Jepang Rumahan yang Sederhana

Nasi kari Jepang merupakan salah satu hidangan pokok dalam kehidupan orang Jepang karena sederhana dan mengenyangkan. Yuk belajar bikin kari Jepang di sini!
0
Resep Nasi Kari Jepang Rumahan yang Sederhana
0 (0%) 0 votes
Kari Jepang

Nasi kari Jepang merupakan makanan populer Jepang bagi semua kalangan di sana. Baik orangtua, anak-anak, hingga kaum mahasiswa pun menggandrungi makanan yang satu ini! Mudah disiapkan untuk banyak porsi, selalu dihidangkan dengan nasi sehingga mengenyangkan, dan termasuk hidangan murah-meriah, tidak heran masakan satu ini menjadi salah satu hidangan pokok dalam kehidupan orang Jepang!

 

Yuk kita pelajari cara memasak nasi kari Jepang!

 

Bahan-Bahan Nasi Kari Jepang

 

 

  • 450 gram paha ayam tanpa tulang. Tapi bisa juga diganti dengan daging sapi, seafood, atau bahkan bagi vegetarian, tahu dan sayuran,
  • Garam,
  • Lada hitam giling,
  • 2 buah wortel,
  • 2 buah bawang bombay,
  • 1-2 buah kentang,
  • ½ sendok makan jahe,
  • 2 siung bawang putih,
  • 4 cangkir (atau 1000ml) kaldu ayam. Atau gunakan air tawar jika memakai bumbu kari kemasan,
  • 1 buah apel, disarankan menggunakan apel Fuji,
  • 1 sendok makan madu,
  • 2 sendok teh garam,
  • 1 kotak bumbu kari kemasan (7 oz, 200 gram) atau bumbu kari buatan sendiri,
  • 1½ sendok makan kecap asin,
  • 1 sendok makan saus tomat,
  • Bubuk atau irisan cabai jika menginginkan rasa pedas.

 

Untuk topping, kamu bisa menyiapkan telur rebus dan “fukujinzuke”, acar Jepang yang terdiri dari lobak daikon, terong, akar teratai, dan mentimun.

 

 

Baca juga: Cara Membuat Dorayaki, Kue Doraemon

 

 

Persiapkan Bahan Mentah Kari Jepang

 

Bilas potongan ayam untuk membersihkannya dan keringkan dengan tisu dapur atau lap. Buang lemak yang tersisa dan potong kecil-kecil. Kemudian bumbui ayam dengan garam dan lada secukupnya.

 

Kalau kamu ingin memakai daging sapi, maka pada tahap ini kamu harus memasaknya duluan. Setelah dipotong-potong dan dibumbui dengan garam dan lada, taburkan sedikit tepung pada potongan daging. Setelah itu masak hingga daging berwarna kecoklatan.

 

Kupas dan potong wortel dalam bentuk menyilang. Potong-potong juga bawang bombaynya dalam bentuk juring (seperti kentang goreng). Potong kentang agak tebal, dengan ketebalan sekitar 4 senti dan rendam dalam air selama 15 menit untuk membuang kandungan pati berlebih dalam kentang. Jangan lupa parut jahe dan ulek bawang putih.

 

 

Baca juga: Wisata Religi di Jepang

 

Cara Memasak Kari Jepang

 

Panaskan minyak dalam panci besar menggunakan panas sedang dan tumis bawang bombay hingga terlihat tembus pandang, kemudian tambahkan jahe, bawang putih, dan masukkan juga potongan ayam. Masak hingga daging ayam berubah warna. Setelah itu masukkan juga potongan wortel.

 

Kalau kamu membuat kari dengan daging sapi, masukkan daging yang sudah setengah matang sebelumnya ke dalam panci pada tahap ini.

 

Tambahkan kaldu ayam (atau air juga cukup). Jangan lupa buang sisa-sisa lemak yang mengapung saat kaldu sudah mendidih.

 

Ingat dua bahan manis apel Fuji dan madu? Ya, kupas dan parut kasar apel ke dalam rebusan, serta tambahkan madu dan garam ke dalamnya. Masak perlahan tanpa ditutup selama 20 menit, aduk sesekali.

 

Setelah itu tambahkan kentang ke dalam rebusan dan masak selama 15 menit atau sampai kentang terasa empuk. Matikan kompor. Baru saat kentang sudah matang, tambahkan bumbu kari Jepang. Masukkan 1-2 blok bumbu kari Jepang secara perlahan hingga mencair dalam rebusan, baru tambahkan lagi hingga habis. Kemudian masukkan juga kecap asin dan saus tomat. Masak perlahan dengan api kecil. Aduk sesekali hingga kari mengental.

 

Sajikan kari di atas nasi dan hiasi dengan potongan telur rebus dan acar fukujinzuke. Taburi bubuk cabai atau irisan cabai bila kamu suka rasa yang pedas. Kari Jepang bisa bertahan selama 2-3 hari dalam kulkas, dan hingga 1 bulan kalau kamu masukkan dalam freezer. Tapi tekstur kentang akan berubah jadi keluarkan dulu sebelum dimasukkan ke freezer.

 

Catatan untuk kesehatanmu:

  • Orang Jepang memakai minyak untuk menumis sedikit saja (kurang lebih satu setengah sendok makan) supaya tidak kebanyakan minyak. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyakit berat seperti kolesterol dan kanker.
  • Tidak hanya itu, pada saat daging, kentang, dan wortel sudah berada di air panci, minyak goreng yang muncul dipermukaan harus diangkat. Biasanya kalau di indonesia akan dibiarkan begitu saja.
  • Setelah itu buih-buih yang muncul di pinggir-pinggir permukaan panci juga harus diangkat. Buih-buih tersebut adalah lemak yang berasal dari daging. Kuah yang ada di panci haruslah sebisa mungkin menjadi bersih dari minyak dan lemak.

 

 

Variasi Kari Jepang, Curry Udon

 

 

Dengan sisa bumbu kari, kamu pun bisa membuat menu lain seperti “curry udon.” Tinggal buat kuah kari dengan mencampurkan kari, kaldu dashi, daun bawang, dan sedikit mirin bila suka. Campurkan mi udon yang sudah direbus ke dalam kuah.

 

Atau jika ingin mi yang lebih tipis, kamu bisa menggunakan mi soba. Dan untuk variasi, kamu bisa tambahkan kecap asin dan abura-age (kulit tahu goreng) sebagai topping makanan.

 

 

Membuat Snack dengan Kari Jepang

 

 

Tidak hanya berfungsi sebagai makanan berat, kari juga bisa dimanfaatkan sebagai panganan ringan atau hidangan cepat saji untuk keluarga dalam bentuk sandwich.

 

Siapkan empat tangkup roti dan taruh selapis keju di atas masing-masing potong. Taruhlah sekitar 2 sendok makan kari beserta isinya di atas sebagian keju lapis. Tutup roti dengan potongan sisanya yang tidak dioleskan kari, dan setelah itu panggang. Sajikan bersama teh hijau hangat.

 

Lebih mudah memanggangnya dengan alat panggangan roti sandwich agar ujung roti tertutup dan isi tidak berantakan. Juga membuatnya terlihat lebih rapih, seperti pada gambar di atas.

 

 

Tips Memilih Bumbu Kari Jepang

 

 

 

Ada yang perlu kamu tahu dalam memilih bumbu kari Jepang kemasan. Tiap merek biasa memiliki 3 tingkat kepedasan — mild, medium, dan hot. Tapi karena disesuaikan dengan lidah orang Jepang, maka sebenarnya rasanya tidak begitu pedas; tidak sepedas kari India ataupun Thailand.

 

Dan jika memakai bumbu kemasan, disarankan untuk menggabungkan 2 atau 3 merek berbeda dan menambahkan saus tomat, kecap asin dan saus tonkatsu (atau kecap Inggris, karena biasa mengandung babi) untuk menambah rasa dan kompleksitas saus.

 

Tapi buat yang berani mencoba, kamu juga bisa membuat bumbu kari Jepang sendiri. Hanya memakan 30 menit saja kok! Yuk lanjut baca untuk tahu caranya!

 

Baca juga: Junior dan Tian Bulan Madu ke Jepang

 

 

Cara Membuat Bumbu Kari Jepang Pedas

 

Untuk membuat bumbu kari buatan sendiri, kamu akan butuh:

  • 3 sendok makan mentega tawar (unsalted),
  • 4 sendok makan tepung serbaguna,
  • 1 sendok makan bubuk kari,
  • 1 sendok makan garam masala,
  • ¼ sendok teh cayenne pepper untuk menambah rasa pedas.

 

Dalam panci kecil lelehkan mentega dengan panas sedang-kecil, dan saat mentega sudah cair tambahkan tepung. Aduk untuk mencampur mentega dan tepung. Jangan berhenti mengaduk karena cepat gosong.

 

Setelah 20-30 menit, bumbu akan berubah menjadi coklat muda. Tambahkan bubuk kari, garam masala, dan cabai/pepper. Masak dan aduk selama 30 detik, kemudian matikan kompor. Jadilah bumbu kari berupa pasta!

 

Jika bumbu tidak langsung dipakai, dinginkan dalam wadah kedap udara. Bumbu kari bisa disimpan di kulkas selama sebulan atau 3-4 bulan dalam freezer.

 

Nah, kalau kamu ingin memakai bumbu kari spesial buatanmu sendiri ini, campurkan dulu air rebusan bahan-bahan kari ke dalam pasta hingga halus. Barulah tambahkan bumbu yang sudah halus ke dalam panci rebusan. Aduk hingga merata.

 

Tentunya kamu juga bisa mengganti daging ayam atau sapi dengan sebelumnya memasak chicken katsu, menggoreng udang untuk tempura, atau dengan masakan berbahan dasar hewan lainnya. Atau bahkan menggunakan bahan-bahan sayuran untuk menu vegetarian! Jangan takut mencoba mengubah resep, karena orang Jepang pun merasa kari bagaikan kanvas kosong: selalu bisa dikreasikan menjadi hal yang baru!

 

Sebagai pelengkap hidangan masi kari Jepang, kamu bisa juga langsung cek resep es krim goreng tempura ala Jepang di bawah ini!

 

Baca Juga: Resep Es Krim Goreng Tempura dengan Saus Stroberi

 

 

Tapi buat kamu yang mungkin belum punya waktu untuk mencoba membuat kari pedas sendiri atau sudah nggak sabar ingin mencoba rasa kari ala Jepang, berikut adalah daftar restoran yang kamu bisa coba!

 

Coco Ichibanya Curry, Restoran Populer di Grand Indonesia

 

 

Coco Ichibanya Curry adalah waralaba restoran kari terbesar di Jepang. Berdiri sejak 1978, restoran yang satu ini sudah mempunyai 1.300 outlet yang tersebar di mancanegara, dan tentunya ada juga di Indonesia.

 

Restoran kari yang satu ini selalu diramaikan para penikmat makanan karena mereka menawarkan cara makan yang nggak ada di restoran lain: kamu bisa meracik bumbu karimu sendiri, termasuk tingkat kepedasannya! Mereka juga punya menu spesial, Chicken Cutlet Omelette Curry, yang daging ayam empuknya bikin ketagihan!

 

Selain berlokasi di Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, West Mall, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat (021-23580960), Coco Ichibanya juga ada di:

  • Gandaria City, Lantai Upper Ground,
  • Summarecon Mall Bekasi, Jl. Ahmad Yani, Bekasi.

 

Semua outlet buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam.

 

 

Restoran Kari Jepang Jakarta

 

 

Selain Coco Ichibanya Curry di Grand Indonesia, ada juga restoran kari lain di Jakarta yang cukup terkenal, yaitu Itadakimasu. Kari di restoran ini terkenal bukan karena pedasnya, melainkan karena dihidangkan dengan bola-bola nasi yang berbentuk seperti beruang panda yang imut banget!

 

Itadakimasu berlokasi di:

  • Ruko Elang Laut, Blok D No. 57, Jl. Pantai Indah Selatan, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (0819-6003232),
  • Mall of Indonesia, Lantai 2, Jl. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

 

Semua tempat dibuka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam.

 

 

Restoran Kari Jepang di Bandung

 

 

Buat yang berdomisili di Bandung, juga ada restoran kari Jepang menarik, yang bernama Kare – Curry House. Walaupun nggak bisa bikin campuran kari sendiri, tapi rasanya nggak kalah sama Coco Ichibanya, lho!

 

Kare – Curry House berlokasi di Paskal Hypersquare, Blok A No. 29, Jl. Pasir Kaliki No. 25 – 27, Pasir Kaliki, Bandung (022-86060640).

 

 

Restoran Kari Jepang di Malang

 

 

Restoran makanan Jepang, Sushi Lima Delivery, di Malang punya menu baru dengan “twist” menarik untuk menu nasi kari Jepang mereka, yaitu nasi kari panggang mozarella. Nasi kari yang berkuah ditambahkan dengan keju mozarella di dalamnya, dan kemudian dipanggang, membuat panganan yang satu ini jadi lebih yummy dan menggoda mata!

 

Sushi Lima Delivery berlokasi di Jl. Selat Sunda, Malang. Buka setiap hari dari jam 12 siang sampe 11 malam, restoran Jepang satu ini berspesialisasi dalam jasa pengantaran dan take-away untuk daerah untuk Malang Raya dan Batu. Nomor telepon: 0856-0437-3921.

 

 

Restoran Kari Jepang Semarang

 

 

Untuk yang tinggal di Semarang, kamu juga bisa mencicipi keunikan rasa kari Jepang di restoran De’Sushi yang memiliki beragam menu kari seperti Niku Curry, Shrimp Curry, Dory Curry, Chicken Curry, Salmon Curry, dan menu Jepang lainnya.

 

De’Sushi berlokasi di Jl. Kawi No. 31, Candisari, Semarang (024-8414285).

 

 

Sumber: justonecookbook.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori