4 Resep Membuat Kerupuk Bawang Gurih dan Enak!

Kerupuk bawang adalah pelengkap makan berat atau sebagai camilan teman saat santai. Kamu bisa membuatnya sendiri. Ada resep praktisnya di sini.
0
4 Resep Membuat Kerupuk Bawang Gurih dan Enak!
0 (0%) 0 votes
kerupuk-bawang0

Kerupuk bawang bukan pelengkap untuk makan besar saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai makanan camilan saat santai sambil menyeruput segelas kopi hangat. Di Indonesia sendiri, banyak orang yang suka dengan kerupuk bawang. Tersedia banyak jenis dan rasa untuk kerupuk bawang ini, ada kerupuk bawang ekonomis, kerupuk bawang putih telur, kerupuk bawang pedas, atau kerupuk bawang keju. Tinggal tergantung mana yang kamu suka. Nah, Hello-Pet akan mengajak kamu untuk membuat kerupuk bawang yang tadi sudah kita sebutkan di atas. Mulai dari bahan apa saja yang harus disiapkan sampai cara pembuatannya. Makanya tetap pantengin Hello-Pet terus ya. Oke, langsung saja kita bahas yuk semua resepnya.

 

Baca juga: 4 Resep Praktis Membuat Bakwan Udang Renyah dan Enak

 

 

Resep Membuat Kerupuk Bawang Ekonomis

 

kerupuk-bawang1
via resepmembuat.com

 

Untuk resep yang pertama, kita akan coba membuat kerupuk bawang ekonomis. Sesuai dengan namanya, sudah pasti harganya juga ekonomis dong, jadi tak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk membuat resep kerupuk bawang yang pertama ini.

 

Karena menggunakan udang rebon, kamu harus tahu kandungan gizinya. Dalam 100 gram udang rebon segar itu mengandung protein sekitar 16,2 gram. Dalam bahasa Inggris, rebon disebut terasi shrimp. 100 gram udang rebon segar mengandung 757 mg kalsium, sedangkan dalam 100 gram udang rebon yang sudah dikeringkan sebanyak 2.306 mg. Bagus untuk memadatkan tulang dan mencegah osteoporosis.

 

Bahan yang perlu kamu siapkan adalah seperti 200 gram tepung terigu dengan protein yang rendah, 50 gr tepung kanji atau sagu, 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 1 sendok makan udang rebon, garam secukupnya, ½ sendok teh bumbu penyedap rasa ayam, daun bawang secukupnya yang kemudian diiris tipis, 3 sendok makan minyak sayur, 1 sendok makan margarin, dan air secukupnya. Jadi untuk membuat kerupuk bawang ekonomis ini, kamu butuh 11 bahan tadi ya.

 

Sementara tahapan pembuatannya adalah sebagai berikut: pertama-tama kamu haluskan dulu bawang putih, bawang merah dan udang rebonnya. Kemudian kamu campurkan semua bahan yang sudah disiapkan tadi, kecuali minyak, margarin dan air ya. Kalau sudah kamu aduk sampai rata. Setelah itu, kamu tambahkan mentega dan minyak. Uleni sampai tercampur rata. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonannya kalis dan tidak lengket. Kemudian giling tipis-tipis dan potong sesuai dengan selera kamu. Baru setelah itu digoreng. Tunggu matang dan angkat. Tiriskan dan segera masukkan ke dalam toples agar tetap renyah. Horeee.. Kamu baru saja selesai membuat kerupuk bawang ekonomis deh.

 

Baca juga: 4 Resep Membuat Sup Enak dan Lezat

 

 

 

Cara Membuat Kerupuk Bawang Putih Telur

 

kerupuk-bawang2
via cookpad.com

 

Sementara untuk resep yang kedua, kita akan coba untuk membuat kerupuk bawang putih telur. Sesuai dengan namanya, jelas dalam pembuatannya kita akan menggunakan putih telur. Apakah kamu tahu jika protein yang terkandung dalam putih telur langsung diserap oleh tubuh 100%? Makanya, ketika kamu sedang dalam proses penyembuhan dan tidak suka susu, maka putih telur merupakan salah satu alternatif terbaik. Putih telur mengandung 14 kalori yang semuanya berasal dari protein.

Kumpulkan bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat kerupuk bawang jenis ini adalah seperti 175 gram terigu, 2 sendok makan tepung kanji atau sagu, 2 sendok makan margarin, 2 siung bawang putih diparut, ½ sendok teh garam, 1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam, 5 sendok makan air, 1 butir putih telur yang dikocok lepas, dan 200 ml minyak untuk menggoreng.

 

Nah, kalau semua bahannya sudah siap, sekarang kita coba untuk membuatnya. Untuk resep yang kedua ini, kita akan membuatnya menjadi lebih praktis. Pertama-tama kamu campur semua bahan yang sudah disiapkan tadi ke dalam baskom, lalu uleni hingga kalis dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian setelah itu kamu gilas tipis dengan ukurannya kira-kira 2 mm dan setelah itu dipotong-potong. Nah, kalau sudah, sekarang tinggal kamu goreng deh sampai matang dan berwarna keemasan. Oke, jadi cuma butuh 3 tahapan saja untuk membuat resep kerupuk bawang putih telur ini.

 

Baca juga: 4 Resep Membuat Spaghetti Sederhana Di Rumah

 

 

 

Resep Praktis Kerupuk Bawang Pedas

 

kerupuk-bawang3
via masakanpraktis.com

 

Oke selanjutnya kita akan coba membuat kerupuk bawang pedas. Kerupuk bawang yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang doyan dengan rasa pedas. Sementara untuk kamu yang tak suka pedas, lebih baik coba untuk membuat kerupuk bawang lainnya.

 

Ternyata cabai bubuk memiliki manfaat baik untuk kesehatan, lho! Sebagai stimulan jantung, bubuk cabai berfungsi menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam tubuh, serta mengatur tekanan darah.

 

Adapun bahan yang perlu kamu siapkan seperti 750 gram tepung terigu protein sedang, 175 gram tepung kanji atau sagu, 10 gram baking powder, 15 gram kaldu ayam bubuk, 15 sendok teh garam, 200 gram bawang merah yang diiris dan dihaluskan, 5 butir telur ayam yang dikocok lepas, 75 ml santan kental, 25 buah batang kucai atau seledri, dan minyak yang banyak untuk menggoreng. Sementara untuk bahan taburannya, kamu bisa siapkan bahan seperti 200 gram bubuk jagung bakar dan 80 gram cabai bubuk.

 

Sementara untuk langkah pembuatannya adalah pertama-tama kamu harus campur bahan seperti tepung terigu, tepung kanji, baking powder, kaldu ayam bubuk dan juga garam. Kamu aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan rata. Selanjutnya kamu tambahkan bawang merah, telur, santan dan kucai, aduk sampai rata dan gumpalkan. Setelah itu giling tipis adonan. Potong-potong dengan bentuk jajar genjang bergerigi atau sesuai dengan selera kamu. Terakhir, kamu goreng adonan ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan sebelumnya sampai matang dan kering. Setelah itu angkat dan tiriskan. Taraaa.. kerupuk bawang pedas yang kamu buat sudah jadi dan siap untuk dihidangkan. Jangan lupa pakaikan bahan taburan yang sudah kamu siapkan tadi untuk menambah cita rasa kerupuk bawang yang kamu buat ini.

 

Baca juga: 4 Resep Telur Gulung Mudah dan Enak

 

 

 

Resep Praktis Membuat Kerupuk Bawang Keju

 

kerupuk-bawang4
via chefindo.com

 

Nah, untuk resep yang terakhir, mari kita coba untuk membuat kerupuk bawang keju. Perlu diketahui kalau keju itu memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Kalsium pada keju dapat membuat gigi sehat dan terhindar dari gigi berlubang. Keju ternyata memiliki kandungan konjugasi asam sphingolipids dan linoleic yang dapat mencegah kanker.

 

Untuk membuat kerupuk bawang keju, bahan yang harus kamu siapkan seperti 250 gram tepung terigu, 50 gram tepung kanji atau sagu, ¼ sendok teh soda kue, 50 ml minyak goreng, 1 butir telur, 25 ml air, 100 gram keju yang diparut. Sementara untuk membuat bumbu halusnya kamu butuh bahan seperti 10 butir bawang merah, ½ sendok teh merica dan 1 sendok teh garam.

 

Sementara untuk membuatnya, pertama-tama kamu ayak tepung terigunya, tepung kanji juga, dan soda kue lalu sisihkan. Kemudian kamu aduk minyak goreng, telur dan air sampai semuanya tercampur dengan rata. Kalau sudah, kamu tuang campuran minyak ke dalam campuran tepung kemudian masukkan bumbu halus dan keju. Aduk sampai rata dan diamkan selama kurang lebih 15 menitan. Selanjutnya kamu giling tipis adonan kemudian kamu potong-potong. Goreng dalam minyak panas sampai warnanya berubah menjadi kekuningan dan renyah. Kemudian angkat dan tiriskan. Selamat, kamu baru saja selesai membuat kerupuk bawang keju yang gurih dan renyah. Hhhmm… Sepertinya tidak terlalu sulit untuk membuatnya.

 

Baca juga: 4 Resep Sup Krim Hangat dan Nikmat

 

Sekarang, tinggal tergantung kamu, resep mana yang akan kamu pakai untuk membuat kerupuk bawang di rumah? Sesuaikan dengan selera kamu ya. Oiya, kerupuk bawang yang kamu buat bukan cuma bisa dikonsumsi oleh kamu sendiri, tapi juga bisa dijual. Tinggal tergantung kamu mau menjualnya dengan harga berapa. Intinya harga jual harus lebih dari modal yang dikeluarkan. Jangan sampai alih-alih ingin untung, justru malah buntung. Oke, selamat mencoba di rumah ya.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori