4 Resep Membuat Comro yang Pedas dan Enak

Comro merupakan salah satu jajanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Rasa pedas dan gurih membuat oncom banyak disukai dan mudah ditemukan. Mau bikin?
0
4 Resep Membuat Comro yang Pedas dan Enak
0 (0%) 0 votes
combro0

Comro, pasti kamu sudah tak asing lagi bukan dengan makanan khas Jawa Barat yang satu ini? Comro sendiri merupakan salah satu jajanan pasar yang dijual dengan harga relatif murah. Karena bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat comro memang terbilang murah dan mudah didapatkan. Bahan dasar untuk membuat comro adalah parutan singkong yang di dalamnya diisi dengan sambal oncom. Oleh karena itu, combro merupakan kependekan dari oncom di jero (kata jero berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah ‘dalam’) jadi oncom itu artinya adalah oncom di dalam. Tapi combro juga bisa dikreasikan sesuai dengan selera pembuatnya lho. Nah, kali ini Hello-Pet akan memberikan kamu resep cara membuat oncom yang pedas dan enak banget nih. Dan pastinya dengan berbagai kreasi menarik dong ya. Langsung aja yuk disimak.

 

Baca juga: 4 Resep Membuat Surabi Rumahan yang Enak Banget

 

 

Resep Enak Combro Pedas Gurih

 

combro1
via zonamakan.blogspot.co.id

 

Untuk resep yang pertama, Hello-Pet akan mengajakmu mencoba membuat comro pedas dan gurih. Wow, ini sangat cocok buat kamu yang doyan makanan pedas nih. Untuk membuat resep comro yang satu ini, kamu harus menyiapkan beberapa bahannya terlebih dahulu seperti 500 gram singkong yang diparut dan diperas airnya sedikit saja, 150 gram kelapa (agak muda) diparut, 2 sendok makan sagu atau tapioka, 1 sendok makan margarin, 1 sendok teh garam halus. Nah, sementara bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat isiannya adalah 2 papan oncom yang telah dilumatkan, 3 butir bawang putih, 3 lembar daun jeruk yang tulangnya sudah dibuang, 10 buah cabe rawit merah, 5 buah cabe rawit hijau, 2 batang daun bawang, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir, dan kaldu bubuk instan secukupnya.

 

Kalau semua bahannya sudah disiapkan, sekarang tinggal bagaimana cara mengolahnya menjadi comro yang siap untuk dimakan.

 

Pertama, kamu harus membuat isiannya dulu. Caranya, kamu haluskan bawang putih, daun jeruk dan cabe. Kemudian campur dalam baskom, bumbu halus dan oncom. Kemudian tambahkan garam, gula, kaldu bubuk dan aduk hingga merata. Kemudian panaskan 3 sdm minyak sayur. Masukkan oncom, beri irisan daun bawang, aduk sampai oncom matang dan sisihkan. Setelah itu, kamu campur semua bahan kulitnya dan aduk dengan cara diremas sampai merata.

 

Langkah kedua, ambil 2 sendok makan bahan kulit dan pipihkan lalu beri 1 sendok makan bahan isiannya. Kemudian tutup dan bentuk seperti bulat telur dan lakukan sampai adonan kulitnya habis. Nah, langkah terakhir adalah goreng adonan comro yang sudah kamu bentuk tadi dengan menggunakan minyak yang banyak sampai matang. Taraaaa.. Kamu baru saja selesai membuat comro pedas gurih yang bakal bikin kamu ketagihan deh. Jangan lupa untuk menyuguhkan comro buatanmu kepada saudara dan teman

 

Baca juga: 6 Resep Es Lilin Beragam Rasa Enak Dan Unik

 

 

Resep Mudah Combro Isi Tempe

 

combro2
via cookpad.com

 

Seperti yang sebelumnya sudah Hello-Pet tulis kalau comro bisa dikreasikan sesuai dengan selera dan kemauan si pembuat. Meski menggunakan isi yang lain, ternyata tetap saja disebutnya comro (oncom di jero). Nah, untuk resep yang kedua mari coba membuat comro yang di dalamnya isi tempe. Untuk membuat comro isi tempe ini, bahan utama yang harus kamu siapkan adalah 1 buah singkong dan 1 buah tempe. Sementara untuk membuat bumbunya, kamu harus siapkan bahan seperti 2 batang daun bawang yang diiris halus, 2 butir bawang putih yang dihaluskan, 2 siung bawang merah yang dihaluskan, kencur yang dihaluskan secukupnya, 20 buah cabe rawit yang dihaluskan, garam, penyedap rasa, dan gula merah.

 

Nah, semua bahannya sudah disiapkan nih. Sekarang saatnya membuat oncomnya. Pertama, kamu harus parut singkongnya terlebih dahulu dan diberikan garam serta irisan daun bawang. Sisihkan. Kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan, masukkan tempe yang telah dihancurkan. Setelah itu kamu berikan garam, penyedap rasa dan gula merah. Langkah selanjutnya adalah buatlah bulatan comro dan lengkapi dengan isian tempe tadi. Langkah terakhir adalah panaskan minyak dan goreng comro yang sudah kamu buat tadi sampai berwarna kecoklatan dan matang. Nah, kamu baru saja selesai membuat comro isi tempe yang pastinya enak banget disajikan saat santai bersama keluarga tercinta.

 

Baca juga: 4 Resep Membuat Siomay yang Super Lezat

 

 

Resep Praktis Comro Ranjau

 

cara membuat combro
via jendelakuliner.com

 

Comro ranjau adalah jenis combro yang akan Hello-Pet bahas selanjutnya. Apakah sudah terbayang seperti apa rasanya comro yang satu ini? Untuk membuat comro ranjau ini, kamu harus menyiapkan bahan utama seperti ½ kilogram singkong parut, 100 gram kelapa parut, garam sedikit saja, 4 papan oncom ukuran sedang yang sudah diremas agar kadar airnya berkurang, dan 10 buah cabe rawit hijau yang diiris tipis.

 

Sementara untuk membuat bumbu halusnya, kamu harus siapkan 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 10 buah cabe rawit, 5 buah cabe merah keriting, 2 cm kencur, gula + garam + lada secukupnya dan 1 batang daun bawang yang diiris.

 

Untuk cara membuatnya, kamu campurkan singkong, kelapa dan garam kemudian sisihkan. Selanjutnya adalah tumis bumbu halus sampai wangi dan masukkan oncom dan irisan cabe rawit, beri gula + garam + lada kemudian aduk sampai rata dan matang. Tapi sesaat sebelum dimatikan, masukkan irisan daun bawang dan aduk. Kemudian masak sebentar dan matikan apinya. Sisihkan.

 

Langkah selanjutnya adalah ambil dua sendok makan adonan singkong, beri isian satu sendok makan dan bulatkan. Lakukan cara ini sampai adonannya habis. Setelah itu kamu goreng combronya sampai kuning keemasan. Kemudian kamu angkat dan tiriskan. Yap, kamu baru saja selesai membuat comro ranjau ini.

 

Baca juga: 5 Resep Membuat Cireng Sederhana Dan Praktis

 

 

Resep Enak Comro Cabe Setan

 

combro4
via cookpad.com

 

Kalau dilihat dari namanya, comro ini sangat seram. Pastinya rasanya akan sangat pedas. Uniknya, banyak orang mencari camilan pedas dan tak pernah kapok. Untuk membuat comro cabe setan ini, kamu harus menyiapkan bahan bahannya seperti 1 kilogram singkong, ¼ kilogram kelapa parut, 7 sendok makan tepung kanji, 2 tangkai daun bawang, 3 tangkai daun seledri, 100 gram cabe rawit, 3 butir bawang putih, 7 siung bawang merah, garam, gula, penyedap rasa secukupnya, dan 5 sendok makan merica bubuk.

 

Nah, buat kamu yang doyan dengan pedas, comro cabe setan ini berarti cocok banget buat kamu dan cobalah untuk menantang reman-teman agar mau mencobanya. Cara membuatnya juga mudah kok. Kalau kamu sudah menyiapkan semua bahannya, sekarang tinggal membuatnya. Pertama, kamu kupas kulit singkongnya dan cuci dengan bersih. Setelah itu kamu parut semua singkong. Sisihkan. Kemudian, kamu iris tipis semua bahan seperti daun bawang, daun seledri, bawang putih, bawang merah, cabe rawit. Langkah selanjutnya adalah kamu peras parutan singkong sampai tidak ada airnya. Selanjutnya campurkan parutan singkong dengan kelapa parut sampai rata, setelah itu beri tepung kanji dan uleni. Tambahkan semua bahan yang sudah dipotong dan uleni lagi sampai semuanya tercampur rata. Selanjutnya, beri garam, gula dan penyedap rasa dan uleni lagi. Bulatkan adonan sesuai selera hingga habis. Terakhir, kamu goreng comro buatan kamu tadi sampai matang deh. Nah, kamu baru saja selesai membuat comro isi cabe setan yang pastinya pedasnya bukan main nih.

 

Baca juga: 4 Resep Martabak Telur yang Bikin Kamu Ketagihan

 

 

Nah, dari keempat resep yang kita bahas tadi, mana yang akan kamu bikin terlebih dahulu nih?

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori