7 Resep : Yuk, Pelajari Berbagai Resep Masakan Tempe Yang Mudah

Yuk, pelajari berbagai resep masakan tempe yang mudah ini! Bila kalian pecinta tempe, tentunya masakan tempe akan menjadi hidangan akrab di atas meja makanmu.
0
7 Resep : Yuk, Pelajari Berbagai Resep Masakan Tempe Yang Mudah
5 (100%) 1 votes
Resep tempe

Apa kamu pernah mempelajari berbagai macam resep masakan tempe yang mudah? Tempe merupakan salah satu makanan utama rakyat Indonesia lho. Tentunya kandungan gizi dalam tempe pun ada berbagai macam ragamnya karena tempe terbuat dari olahan fermentasi kedelai yang memiliki banyak sekali gizi yang baik untuk tubuh. Tentu saja tempe juga harus diolah dulu dengan baik agar tidak mengandung kotoran. Nah, tentu saja ketika tempe jadi pun kita masih harus mengolahnya agar dapat menjadi makanan enak yang dapat dinikmati. Mau tahu berbagai macam resep membuat tempe yang mudah? Yuk, simak dulu artikel ini!

 

Resep Tempe Penyet

 

 

Resep tempe yang mudah yang pertama adalah resep tempe penyet. Tentu saja kamu pernah mendengar kata ‘penyetan’ di beberapa warung atau rumah makan bukan? Nah, inilah resep dari tempe penyet itu. Mudah sekali lho!

 

Ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan.
– 2 potong tempe dengan ukuran kira-kira 5x10cm, goreng sampai setengah matang
– Daun kemangi, 4 tangkai

 

Tempe penyet menggunakan sambal sehingga para pecinta makanan pedas pasti akan sangat menyukai tempe penyet ini. Ini adalah bahan-bahan untuk sambalnya.
– 5 buah cabai rawit
– 5 buah cabai merah
– 2 buah kemiri, digoreng
– 1 sdt terasi
– 1 mata asam jawa tanpa biji
– Garam dan gula secukupnya

 

Sudah siap kan bahan-bahannya? Nah inilah caranya untuk membuat tempe penyetmu. Mudah sekali lho! Pertama-tama, haluskan semua bahan sambal dengan menguleknya. Kemudian letakkan tempe di atasnya lalu uleklah tempe hingga agak pipih atau hancur, tergantung selera. Ulek sampai semua bumbu bercampur dengan tempe tersebut. Ketika sudah dirasa cukup, taburkan daun kemangi di atasnya dan baurkan sedikit sambal yang ada di bawah ke bagian atas. Sajikan kemudian dengan nasi putih hangat. Rasanya? Mm, maknyus!

 

Resep Tempe Goreng Keju

 

 

Kalau kalian pecinta keju, ada lho resep tempe yang menggunakan bahan keju juga. Tentunya nanti rasanya pasti akan sangat enak dengan keju yang lumer di dalam mulut bersama dengan rasa gurih tempe. Mm, membayangkannya saja sudah membuat liurmu menetes bukan? Cara membuatnya mudah sekali!

 

Siapkan dulu bahan-bahan ini.
– 150 gram tempe, iris tipis jadi 12 bagian lalu dikukus
– 1½ lembar keju slice, potong jadi 6 bagian
– 3 siung bawang putih, haluskan
– 50 mililiter air + garam secukupnya
– 1 butir telur + garam secukupnya
– Tepung panir dan minyak untuk menggoreng secukupnya

 

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, kamu sudah siap untuk memulai membuat tempe goreng keju milikmu sendiri! Pertama-tama, rendamlah tempe ke dalam larutan air, garam dan bawang putih dan biarkan hingga meresap. Setelah itu, angkat dan selipkan irisan keju di setiap 2 irisan tempe lalu masing-masing digulingkan ke tepung panir. Bila sudah selesai, celupkan ke dalam kocokan telur dan garam lalu gulingkan lagi ke tepung panir. Goreng tempe dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan. Tempe goreng kejumu siap untuk dinikmati! Pecinta keju dijamin pasti akan menyukai masakan tempe keju ini.

 

Resep Tempe Bakar

 

 

Selain digoreng, tempe sangat enak kalau dibakar lho. Cara membuatnya pun sangat mudah! Siapkan dulu bahan-bahan berikut ini sebelum kamu mulai memasak tempe bakar, ya!
– 150 gram tempe, potong dadu, gorenglah setengah matang
– 3 lembar daun jeruk
– 1 batang serai, geprek
– 3 cm lengkuas, geprek
– 3 sdm minyak dari sisa menggoreng tempe untuk menumis
– 8-10 batang tusukan sate

 

Tempe bakar juga tentu membutuhkan bumbu kan? Ini bahan-bahan yang perlu dihaluskan untuk membuat bumbu tempe bakar yang enak.
– 3 buah cabe merah
– 3 siung bawang putih
– 2 butir bawang merah
– 2 butir kemiri
– ½ sdt merica
– 1½ cm kunyit
– 1 cm jahe
– ½ sdt terasi
– ½ sdt garam

 

Sudah siap bahan-bahannya? Saatnya untuk mempelajari cara untuk membuat tempe bakar tersebut dengan resep mudah ini! Pertama-tama, panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai dan lengkuas hingga harum. Masukkan gorengan tempe kemudian dan aduklah hingga rata lalu diangkat. Setelah itu, tata tempe ke tusukan sate lalu bakar hingga matang, yaitu sampai berwarna kuning kecoklatan. Aroma harum dari tempe yang sudah matang tentu akan membuatmu tergiur untuk ingin segera melahapnya.

 

(Baca Juga: 10 Wisata Kuliner Semarang Paling Terkenal yang Wajib Dicoba)

 

 

Resep Tumis Tempe

 

 

Resep tumis tempe adalah salah satu resep tempe yang sangat mudah untuk dibuat. Siapkan dulu bahan dan bumbunya sebelum mulai memasak, ya.

 

Berikut ini adalah bahan-bahan dan bumbu yang kau perlukan untuk memasak tumis tempe.
– 250 gram tempe, potong sesuai selera
– 2 buah cabe hijau, iris tipis
– 1 buah tomat kecil, iris tipis
– 4 butir bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 3 sdm kecap manis
– 2 sdm gula merah sisir halus
– garam dan lada secukupnya

 

Setelah bahan-bahan disiapkan, saatnya untuk membuat masakan berdasar resep ini. Pertama-tama, tumislah bawang merah dan bawang putih hingga wangi. Masukkan cabe hijau, tomat dan gula merah lalu diaduk rata. Kemudian masukkan tempe dan beri kecap, garam dan lada, aduk rata dan masak hingga matang. Mm, pasti aroma sedap akan tercium ketika kamu selesai memasaknya. Makan dengan nasi hangat, lengkap sudah hidangan makanmu!

 

Resep Sambal Goreng Tempe

 

 

Selain untuk lauk makanan, tempe juga bisa dijadikan sambal lho. Sambal goreng tempe adalah salah satu pilihan sambal yang bisa kamu coba.

 

Nah, siapkan dulu bahan-bahan untuk sambal goreng tempemu, ya!
– 200 gram tempe, potong korek
– 1-2 buah cabe hijau, potong2
– 1 buah tomat, potong2
– 150 ml santan kental
– 500 ml santan encer dari ½ butir kelapa
– 1 cm lengkuas, geprek
– 2 lembar daun salam
– Garam dan gula merah secukupnya
– 3 sdm minyak untuk menumis
– 5 buah cabe merah, haluskan
– 5 butir bawang merah, haluskan
– 3 siung bawang putih, haluskan
– ½ sdt kencur cincang, haluskan
– ½ sdt terasi, haluskan

 

Sudah siap bahan-bahannya? Saatnya untuk mempelajari cara untuk membuatnya! Pertama-tama, panaskan minyak dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan, termasuk lengkuas dan daun salam hingga harum. Setelah itu, masukkan bahan lainnya kecuali santan kental dan cabe hijau kemudian aduk rata. Kecilkan api dan masaklah sambil diaduk hingga kuah berkurang. Bila kuah sudah nampak mendidih, masukkan santan kental dan cabe hijau lalu masak hingga matang. Mm, wangi sambal goreng tempe pun pasti akan membuat air liurmu menetes!

 

(Baca Juga: Resep Es Krim Goreng Tempura dengan Saus Stroberi)

 

Resep Keripik Tempe

 

 

Tempe juga cocok untuk dijadikan bahan camilan lho, contohnya saja resep keripik tempe ini. Untuk membuat keripik tempe, tentu saja kamu membutuhkan bahan-bahan dan bumbu untuk membuat keripik tempemu makin terasa. Walau ada yang suka menambahkan garam saja.

 

Inilah bahan-bahan yang perlu kau siapkan terlebih dahulu.
– 200 gram tempe
– 250 gram tepung beras
– 500 ml santan
– 500 ml minyak goreng
– 4 siung bawang putih, haluskan
– 2 sdt ketumbar, haluskan
– 1 sdt garam, haluskan

 

Sudah siap bahan-bahan untuk memasak keripik tempe kalian? Nah, sekarang beginilah cara untuk membuatnya. Pertama, tempe diiris tipis lalu jemur hingga setengah kering. Sisihkan dulu tempenya. sekarang campur aduk rata tepung, santan dan bumbu halus. Masukkan tempe ke dalam adonan lalu goreng satu persatu dalam minyak panas hingga kering dan kekuningan. Bila sudah matang, angkat dan tiriskan. Mm, rasakan renyah keripik tempe buatanmu sendiri!

 

Resep Tempe Orek

 

 

Ini ada resep masakan lain dari tempe yang sangat mudah cara membuatnya lho! Resep tempe orek adalah salah satu resep yang mudah untuk dibuat.

 

Inilah bahan-bahan yang kau butuhkan untuk membuat tempe orekmu.
– 300 gram tempe, potong ukuran 1x1x1 cm
– 4 butir bawang merah, iris tipis
– 3 siung bawang putih, iris tipis
– 7 buah cabe hijau besar, rajang kasar
– 2 lembar daun salam
– 1 ruas lengkuas, geprek
– 250 ml air
– 8 sdm kecap manis
– 8 butir petai, potong-potong
– Garam dan gula secukupnya
– 2 sdm minyak untuk menumis

 

Cara mudah untuk membuat tempe orek. Pertama-tama, tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi. Kemudian masukkan cabai, daun salam dan petai. Aduklah hingga rata sebelum memasukkan tempe. Aduk kembali lalu tambahkan air dan kecap lalu masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan apinya dan beri garam dan gula. Masaklah terus hingga airnya kering. Bila sudah. angkat dan sajikan dalam mangkuk. Makan dengan nasi hangat pasti akan sangat nikmat rasanya.

 

Nah, bukankah resep-resep ini sangat mudah untuk dibuat? Kalau kamu suka membongkar menu dan berkreasi, resep masakan tempe yang mudah ini bisa kamu coba!

Sumber: resepmakanankreatif

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori