4 Resep Martabak Telur yang Bikin Kamu Ketagihan

Ada beberapa resep martabak telur yang gampang banget dibuat asalkan kamu mau belajar. Dengan membuat martabak sendiri, dijamin lebih hemat deh! Siap?
0
4 Resep Martabak Telur yang Bikin Kamu Ketagihan
0 (0%) 0 votes
martabaktelor

Martabak telur oh martabak telur. Siapapun tak bisa lepas dari kelezatanmu. Gurih dan renyah adalah satu rahasia resep martabak telur dan menjadi ciri khasmu. Ditambah dengan sambal cuka plus acar timun dan wortel yang memang sudah menjadi pasangan sejatimu. Maka tak heran kalau banyak orang menyukaimu.

 

Martabak telur mudah sekali kita temui, seperti di pinggir jalan ataupun lingkungan komplek tempat kita tinggal. Biasanya, si abang bukan hanya jualan martabak telur saja, ada juga pilihan martabak manisnya. Soal harga pun bervariasi, tergantung penjualnya. Tapi yang pasti harga menentukan kualitas dari rasa martabak telur itu sendiri. Kalau harga menjadi kendala, kamu bisa membuatnya sendiri kok. Cara membuat adonan martabak telur enggak terlalu sulit kok asal kamu mau belajar. Simak artikel ini baik-baik ya, karena Hello-Pet akan memberikan beberapa resep martabak telr yang akan kamu buat nantinya.

 

Yang paling pertama kali kamu siapkan untuk membuat martabak telur adalah kamu harus membuat kulitnya terlebih dahulu. Bagian kulitnya ini agak mirip dengan kulit lumpia. Bahan yang diperlukan adalah garam secukupnya, air matang secukupnya, 2 sendok makan telur kocok lepas, 1 sendok makan minyak atau margarin cair, dan 100 gram tepung terigu. Cara membuat kulitnya adalah kamu cukup mencampurkan terigu dengan telur, minyak dan garam. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis, kemudian bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan dan rendam dengan minyak goreng dan diamkan selama 1 jam. Baru setelah itu diangkat dan diamkan lagi selama 1 jam sambil ditutupi kain basah.

 

Baca juga: Widi Vokalis ‘Hello’ Jualan Martabak, Benarkah Bandnya Bubar?

 

Resep Martabak Telur Mini

 

martabaktelormini
Martabak Telor Mini via rina-dapurmanis.blogspot.co.id

 

Martabak telur itu memang memiliki daya tarik tersendiri baik bentuk maupun rasa. Nah, untuk yang pertama, kita akan membahas soal resep martabak telur mini. Tau kan artinya mini? Nah, martabak telor mini adalah martabak telor kecil. Tapi jangan dilihat kecilnya, melainkan rasanya saat mendarat di mulut kamu nanti. Hhhmmm dijamin kamu pasti ketagihan deh. Lantas, bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat martabak telur mini ini?

 

Bahan-bahan untuk membuat isi dari martabak telurnya adalah 4 batang daun bawang yang sudah diiris, 6 butir telur, merica dan garam secukupnya, 6 sendok makan bawang bombai diiris, 300 gram daging giling, 4 bawang putih yang sudah dihaluskan dan 1 sendok makan bubuk kari. Cara buatnya, kamu ambil satu bagian kulit lalu pipihkan sampai agak melebar, kemudian pegang ujung adonan, putar dan entakkan di tempat semula berulang-ulang hingga adonan tipis. Kemudian isi mangkok dengan 1 telur kocok, daging giling, irisan 2 batang daun bawang, merica, garam dan orak arik telur kemudian kamu aduk-aduk. Kemudian kamu panaskan minyak di wajan yang agak besar dan masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan tadi. Barulah kamu isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi. Lipat bagian pinggir kulit ke arah tengah hingga tertutup rapat, kemudian goreng hingga matang dan berawarna kecoklatan.

 

Taraaa… Kamu baru saja selesai membuat martabak telur mini lho.

 

Baca juga: Ini Lho Cara Membuat Martabak Manis Mudah dan Cepat

 

Resep Martabak Telur Spesial

 

martabaktelorspesial
Martabak Telor Spesial via menuinternasional.com

 

Bukan cuma martabak telur mini saja yang bisa kamu buat. Tapi juga martabak telur spesial seperti yang biasanya kamu beli saat hujan dan kamu merasa butuh camilan hangat. Martabak telor memang nikmat, tapi alangkah nikmatnya kalau kamu bisa membuat sendiri. Kalau dibilang spesial, berarti martabak ini adalah martabak pilihan. Langsung saja kamu catat bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuat martabak telur spesial ini yuk!

 

Bahan yang kamu butuhkan adalah 200 gram tepung terigu, ¼ – ½ sdt garam dapur, 140 mililiter air bersih, 5 butir telur ayam, minyam goreng, 200 – 250 gram daging sapi cincang, 3 – 5 batang daun bawang diiris, 4 siung bawang putih dicincang, 1 siung bawang bombay diiris halus, 8 siung bawang merah, dan lada bubuk.

 

Bagaimana cara membuatnya? Jika ternyata mudah, kamu pasti akan senang karena bisa menghemat dan membuat martabak lebih banyak. Tentunya sangat enak untuk berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Cara membuatnya, kamu bikin dulu kulit martabaknya (bisa lihat pada resep kulit di atas). Kalau sudah ada kulitnya, kamu tinggal bikin martabaknya nih. Pertama kamu ambil satu adonan kulit dan pipihkan dan putar sampai adonan melebar. Kemudian pegang kedua ujung adonan kulit lalu lebarkan dengan cara direntangkan. Lakukan hal tersebut sampai adonan menjadi tipis. Kemudian kamu ambil bahan isian martabak secukupnya atau kira-kira setengah bagian, dan masukkan ke dalam kocokan telur, tambahkan garam, bumbu penyedap rasa dan aduk sampai rata. Kemudian tuang isi martabak ke atas kulit martabaknya. Terakhir, kamu ambil bagian ujung kulit dan lipat ke tengahnya sampai tertutup rata. Kemudian goreng martaba sampai matang dan berwarna kecoklatan.

 

Baca juga: Tempat Wisata Kuliner Martabak Yang Enak Di Bandung!

 

Resep Martabak Telur Tahu

 

martabaktelortahu
Martabak Telor Tahu via bumbubalado.com

 

Paling enak, martabak telur tahu itu disantap menjadi lauk bersama nasi putih. Selain itu, martabak telur tahu juga enak lho, dijadikan camilan sambil nonton TV atau bercengkrama bareng keluarga atau pacar. Apa saja bahannya dan bagaimana cara membuatnya? Mari simak bersama.

 

Pertama, kamu harus persiapkan bahan untuk membuat kulit seperti kulit lumpia. Ini kamu bisa lihat di resep kulit. Kalau sudah, kamu tinggal siapkan bahan untuk membuat isi martabak telur tahu itu sendiri.

 

Bahan isi: 2 buah tahu putih atau kuning yang dihaluskan, 3 batang daun bawang yang diiris halus, 2 batang seledri yang diiris halus, 1 butir telor ayam, ½ sdt merica bubuk, ¼ sdt penyedap rasa, ½ sdm garam.

 

Nah, untuk cara membuatnya adalah campurkan garam, tepung terigu, dan putih telor kemudian aduk sampai rata. Jangan lupa tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Selanjutnya lumuri adonan martabak dengan minyak kemudian cetak dengan wajan. Berikutnya adalah campur tahu, seledri, daun bawang, garam, merica dan penyedap rasa kemudian aduk rata. Kemudian tumis adonan tahu tadi sampai mengeluarkan aroma harum atau wangi. Siapkan kulit martabak lalu isi dengan tumisan tahu lalu lipat. Kemudian goreng dengan minyak panas sampai matang, angkat dan tiriskan. Taraaa.. martabak telur tahu kamu sudah jadi. Jangan lupa untuk menghidangkannya dengan cabai rawit, acar dan saus sambal yang super pedas.

 

Baca juga: Nama Unik Resto Ini Bikin Lupa Mau Pesan Apa!

 

Resep Martabak Telur Jamur Rawit

 

martabaktelorjamurrawit
Martabak Telur Jamur Rawit via cookpad.com

 

Terakhir, ada yang namanya martabak telur jamur rawit. Ini adalah resep martabak telur ala rumahan. Jadi cocok banget buat kamu yang ingin jadikan martabak ini lauk makanan siang kamu.

 

Apa saja yang dibutuhkan? 4 butir telur, 5 buah jamur yang dipotong sesuai dengan selera, cabai rawit secukupnya, tepung maizena secukupnya, garam secukupnya, penyedap rasa secukupnya, lada secukupnya, daun bawang secukupnya, minyak goreng secukupnya.

 

Bagaimana caranya? Pertama-tama kamu harus kocok telornya dulu tapi jangan terlalu lama. Kemudian masukkan potongan cabai rawit plus potongan jamur plus daun bawang juga yang kemudian di aduk sampai rata. Kalau jamur sudah tercampur rata dengan kocokan telor, baru kamu masukkan garam, maizena, lada, dan penyedap rasaco, aduk sebentar sampai bumbu tercampur dengan telur dan jamur. Terakhir, goreng martabak telor hingga matang dan berubah warna.

 

Kalau menurut kalian, resep mana yang paling mudah dan yang paling susah? Jangan lupa komentarnya ya. Selamat mencoba berkreasi dengan resep martabak telur yang baru kamu baca.

 

Baca juga: Wah! Luna Maya Mau Jualan Martabak dan Es Krim

 

Hello Comment 1Sort by


user Anonim
2016/06/27 03:10

Hallo all kami dari dragon4d ingin membantu anda semua untuk bisa dapat penghasilan lebih di tempat kami yuk silahkan langsung saja ya...

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori