3 Resep Rumahan Praktis Lumpia Isi

Lumpia adalah salah satu camilan yang banyak dicari. Tentu kamu mengenal makanan asal Tiongkok yang enak ini kan? Coba membuatnya di rumah. Lebih praktis, lho!
0
3 Resep Rumahan Praktis Lumpia Isi
0 (0%) 0 votes
Lumpia

Lumpia adalah salah satu menu gorengan yang sangat digemari banyak orang dan mudah dicari. Tentu saja, lumpia juga dapat mengenyangkan perut bila kamu makan cukup banyak. Ada berbagai macam saus yang bisa digunakan untuk melengkapi lumpia hingga rasanya pun makin lezat. Dari sambal sampai kecap manis atau pun kecap asin, semua bisa digunakan untuk membuat rasa lumpia semakin nikmat. Nah, mau tahu kan, cara untuk membuat makanan yang berasal dari negeri Tiongkok ini? Yuk, simak dulu artikel yang dibagikan Hello-Pet yang berikut ini, ya!

 

 

Asal Usul Lumpia

 

 

Lumpia adalah salah satu makanan ringan yang berasal dari negeri Tiongkok dan menyebar ke berbagai negara karena dibawa oleh orang-orang Tiongkok saat berniaga. Bisa dikatakan, karena itulah rasa serta bentuk dari lumpia akan berbeda-beda di setiap negara, mulai dari negara barat sampai di Indonesia sendiri!

 

Dalam bahasa Tiongkok makanan ini disebut sebagai lun pia atau pokpia, sedangkan dalam bahas Korea disebut sebagai chungwon. Di Indonesia lumpia biasanya dibuat dengan menggunakan kulit dari bahan tepung gandum sebagai pembungkusnya, Sedangkan untuk isinya biasanya terdiri dari telur, aneka sayuran, daging, aneka seafood, serta rebung bambu, juga banyak lagi macamnya. Adalah Tjoa Thay Yoe, seorang pria yang datang ke Semarang dan menikah dengan gadis asli daerah bernama Wasih yang pertama kali membuat lumpia di Semarang. Hingga kini, keturunan mereka masih memegang resep asli dan ada juga hasil modifikasi.

 

Terdapat dua macam lumpia yang populer di Indonesia, yaitu lumpia goreng (kering) dan lumpia basah. Lumpia goreng merupakan makanan yang sangat terkenal di daerah Semarang sehingga terkadang disebut juga sebagai lumpia Semarang. Kalau belum pernah coba lumpia, wajib dicoba lho!

 

 

Resep Praktis Lumpia Rebung

 

 

Rebung merupakan salah satu sayur yang berasal dari hutan tradisional di China selama lebih dari 2.500 tahun. Dalam 100 gram rebung mengandung hanya sekitar 20 kalori. Kandungan karbohidrat dalam rebung sekitar 3-4 gram. Dalam 100 gram rebung terkandung +/- 6 hingga 8 gram serat alami dan mengandung kurang dari 0.49 gram lemak.

 

Rebung adalah salah satu bahan yang cukup terkenal untuk dijadikan bahan isian lumpia lho. Selain dilengkapi acar timun, lumpia rebung juga dapat disajikan dengan saus taoco. Saus lainnya juga bisa kamu pakai sesuai selera. Nah, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini, ya!

 

Bahan-bahan lumpia rebung:
– 15 lembar kulit lumpia ukuran sedang
– 3 siung bawang putih, diiris
– 3 siung bawang merah, diiris
– 100 gram ayam paha fillet, dicincang halus
– 2 butir telur, dikocok lepas
– 150 gram rebung, diiris korek api
– 100 gram taoge
– 1 sendok teh kecap asin
– 1/2 sendok makan kecap manis
– 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
– 3/4 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 1/2 sendok teh gula pasir
– 3 batang daun bawang kecil, diiris
– 100 ml air
– 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

 

Bahan saus lumpia rebung:
– 50 gram taoco manis
– 1 siung bawang putih rebus
– 3 buah cabai rawit merah rebus
– 3/4 sendok makan gula pasir
– 1/4 sendok teh garam
– 1 sendok makan saus tomat
– 1/2 sendok makan tepung sagu dan 100 ml air, dilarutkan

 

Nah, bila semua bahan-bahan sudah disiapkan, saatnya untuk memelajari cara untuk memasak lumpia rebung! Pertama-tama untuk isiannya, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum lalu masukkan ayam dan tumis lagi sampai berubah warna. Bila sudah matang, sisihkan di pinggir wajan. Masukkan kemudian rebung dan taoge dan tumislah sampai harum. Tambahkan kecap asin, kecap manis, kaldu ayam bubuk, garam, merica bubuk, dan gula pasir lalu aduk rata. Tuang air ke dalamnya dan masak sampai semua bumbu meresap. Nah, bila sudah matang, isian lumpiamu siap!

 
Ambilah selembar kulit lalu beri isian dan kemudian lipat kiri kanan gulung dan rekatkan dengan putih telur. Goreng dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang, berwarna coklat keemasan. Tiriskan dan lumpiamu pun jadi!

 

Untuk bumbunya, kamu bisa mencoba untuk mengulek taoco, bawang putih, cabai rawit, garam, dan gula pasir sampai lembut. Tambahka saus tomat dan larutan tepung sagu dan masak sampai kental. Sausmu pun jadi untuk dinikmati.

 
Nah, sajikan lumpia dengan sausnya di wadah cantik! Mm, lumpiamu pasti uenak sekali rasanya!

 

(Baca Juga: 4 Resep Keripik Aneka Rasa Buatan Sendiri)

 

 

 

Resep Praktis Lumpia Basah

 

 

Inilah resep lumpia basah yang mudah dan sederhana untuk dipelajari. Lumpia basah merupakan makanan yang terkenal di kota Bandung. Bahan yang digunakan oleh lumpia basah nyaris sama seperti lumpia goreng, hanya saja lumpianya tidak digulung melainkan dimakan langsung dengan sumpit.

 

Untuk menemukannya pun tidak sulit karena kedua makanan tersebut banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima di pasar. Nah, kamu juga bisa lho membuat lumpia basah sendiri di rumah, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini, ya!

 

Bahan lumpia basah:
– Toge sebanyak ¼ kg
– Kulit lumpia (instan) cukup 5 lembar
– Telur ayam kampung sebanyak 2 butir
– Garam seperlunya saja
– Minyak goreng seperlunya

 

Bumbu khusus lumpia basah:
– Bawang putih 4 siung, dicincang kasar
– Cabai rawit sebanyak 3 buah, haluskan

 

Bahan perekat Lumpia Basah:
– Tepung kanji 1 sendok makan
– Gula merah ½ ons
– Air mineral 125 mL

 

Bahan campuran bengkuang:
– Bengkuang sebanyak ½ kg, iris memanjang
– Gula merah cukup dengan ½ ons
– Air matang sekitar 100 mL

 

Nah, bila semua bahannya siap, sekarang bisa langsung mempelajari cara membuatnya. Pertama-tama membuat gula merah sebagai perekat lumpia terlebih dahulu. Campurkan semua bahan untuk perekat hingga tercampur secara sempurna. Selanjutnya larutkan gula dengan menggunakan air, kemudian berikan tepung kanji dan aduk-aduk hingga gula mengental dan kini perekat pun siap untuk digunakan. Sisihkan terlebih dahulu selagi kamu membuat lumpianya.

 

Setelah selesai membuat perekat lumpia, saatnya untuk membuat campuran bengkuang. Pertama-tama, masak air dengan menggunakan gula merah sampai larut sempurna. Bila sudah mendidih dinginkan terlebih dahulu sebelum menyaring gula merah tersebut dan masak dengan bengkuang hingga meresap, pastikan pula airnya menjadi habis dan bengkuang berubah warna coklat. Sisihkan terlebih dahulu bahan pengisi ini.

 

Berikutnya kamu bisa membuat bumbu tumis lumpia tersebut. Siapkan terlebih dahulu sebuah wajan tumisan dan isi dengan minyak goreng secukupnya lalu tumislah bawang putih dan cabe rawit hingga mengeluarkan aroma atau harum. Masukkan telur ayam, tauge, dan masak hingga matang. Bila sudah matang, tauge akan menjadi layu. Tidak hanya tauge, kamu juga dapat menambahkan berbagai sayuran lain ke dalam resep di atas seperti rebung, selada, dan lainnya. Tingkat kepedasannya juga dapat diatur sesuka hati dengan menambah atau mengurangi cabe yang digunakan. Jangan lupa masukan pula garam secukupnya.

 

Setelah matang, kamu hanya perlu menyusun bahan-bahan tersebut. Caranya ambil satu kulit lumpia, kemudian berikan bahan perekat, dan masukan campuran bengkuang sekaligus tumisan tauge ke dalamnya. Terakhir lipat kulit lumpia tersebut dan gulung dengan rapi. Nah, lumpia basahmu pun sudah jadi! Lumpia basah paling enak disajikan secara langsung di piring selagi masih hangat lengkap dengan sausnya!

 

 

 

Cara Membuat Lumpia Sayur

 

 

Lumpia sayur menjadi camilan yang sehat karena berisi aneka sayuran segar. Lumpia sayur juga kadang dimakan dengan acar timun atau saus taoco lho. Saus lainnya juga bisa kamu pakai sesuai selera, misalnya sambal. Daripada keseringan membelinya, sekarang saat yang tepat untukmu membuatnya sendiri. Nah, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini, ya!

 

Bahan lumpia sayur:
– 300 gram tepung terigu serba guna
– 40 gram tepung tapioka
– 500 ml susu cair
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok teh kaldu bubuk
– 2 butir putih telur

 

Bila sudah siap dengan seluruh bahan-bahannya, sekarang saatnya untuk membuat lumpia sayur. Pertama-tama, siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, dan telur lalu aduk-aduk. Berikutnya tambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang encer dan halus. Jika masih ada gumpalan usahakan gumpalan tersebut larut agar semua bahan halus sempurna. Bisa juga pakai blender agar adonan lebih halus dan terblender dengan merata.

 

Sisihkan kira-kira 2 sendok makan adonan encer untuk merekatkan lumpia agar tidak lepas saat digoreng. Tuangkan satu sendok sayur adonan di pan anti lengket diameter 15 cm lalu miringkan pan ke kiri dan ke kanan sehingga adonan mengalir menutupi penggorengan dan menjadi bentuk bulat. Gunakan api yang kecil saja agar kamu memiliki waktu untuk membentuknya sebelum adonan mengeras. Dadar sebentar saja hingga adonan mengeras lalu segera angkat, jangan sampai gosong.

 

Dalam kondisi masih setengah panas, letakkan selembar kulit lumpia diatas permukaan datar dan isikan dengan 1 sendok makan isi sayuran yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Tatalah isi sayuran agak memanjang dan lipat sisi kiri dan kanan kulit lumpia, kemudian lipat bagian bawah kulit sehingga menutupi isinya. Gulunglah kulit ke atas dengan sedikit menekannya dan menariknya ke belakang agar lumpia rapat dan kencang. Rekatkan bagian akhir kulit dengan adonan mentah yang sudah disisihkan lalu tutup kulit rapat-rapat. Lakukan hingga semua bahan habis dan siapkan alat untuk memasak lumpiamu.

 

Panaskanlah wajan, beri minyak yang agak banyak dan goreng lumpia hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan dan serap kelebihan minyak dengan tisu dapur yang sudah disediakan. Nah, sekarang saatnya untuk menyajikan lumpia hangat-hangat dengan cabai rawit atau pun saus lain yang kau inginkan!

 

Nah, resep-resep yang dibagikan Hello-Pet ini terlihat enak sekali bukan? Selamat mencoba dan berkreasi!

 

Sumber: bacaterus

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori