4 Resep Membuat Lemper Isi Abon Gurih dan Legit

Lemper merupakan makanan ringan dengan bahan dasar beras ketan. Kali ini kamu akan belajar cara membuat lemper yang diisi dengan abon. Coba deh!
0
4 Resep Membuat Lemper Isi Abon Gurih dan Legit
0 (0%) 0 votes
cara membuat lemper isi abon

Lemper merupakan salah satu penganan yang terbuat dari ketan dibungkus dengan daun pisang lalu direbus di atas uap air mendidih. Biasanya, lemper ini suka diisi dengan abon atau bisa juga di isi dengan daging ayam. Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia sebagai makanan pengganjal perut sebelum memasuki ke tahap makan besar.

 

Lemper juga masih menjadi pilihan makanan favorit yang digunakan sebagai ulih-ulih, istilah yang digunakan orang Jawa sebagai ucapan terima kasih kepada kerabat yang datang dan ikut berbahagia dalam sebuah acara prosesi syukuran pernikahan keluarga Jawa.

 

Pembuatan lemper ini sendiri mencakup persiapan cincang daging ayam dan menanak ketan seperti halnya menanak nasi (bisa juga ditambahkan dengan santan). Setelah itu, daging ayam yang sudah dicincang tersebut bisa kamu masukan ke dalam adonan si lemper yang terbuat dari ketan lalu dibungkus menggunakan daun pisang.

 

Baca Juga : 4 Resep Praktis Wingko Babat di Rumah

 

Nah, kali ini, hello-pet mau membahas soal bagaimana cara membuat lemper isi abon yang sederhana dan pastinya akan menghasilkan rasa yang luar biasa. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat lemper isi abon, silakan kamu simak beberapa resep berikut.

 

 

Resep Praktis Lemper Abon Sederhana

 

cara membuat lemper isi abon
via terimakasihresep.blogspot.co.id

 

Untuk yang pertama, kita akan mencoba membuat lemper abon yang biasanya dijual oleh para pedagang di kedai kecil. Resep yang satu ini membutuhkan beberapa bahan yang tidak terlalu sulit untuk dicari dan dikumpulkan.

 

Abon tampak seperti serat, karena didominasi oleh serat-serat otot yang dikeringkan setelah melalui proses perebusan. Karena bentuknya kering, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan kedap udara. Abon juga memiliki kandungan fosfor, kalsium dan vitamin D yang tinggi dapat menjaga kesehatan tulang.

 

Sebelumnya, sediakan semua bahan yang kita butuhkan untuk membuat resep yang satu ini. Bahan-bahannya adalah 250 gram beras ketan, cuci dan harus kamu rendam kurang lebih selama 2 jam, 150 ml santan untuk penyedap ketan yang akan kamu masak nantinya, ½ sendok teh garam, 2 lembar daun pandan atau daun pisang untuk membungkus lemper yang akan kamu buat, 200 gram abon.

 

Nah, kalau kamu sudah menyiapkan bahan-bahan tersebut, bisa langsung lanjut ke tahap pembuatannya. Oh iya, tahap pembuatan untuk resep yang satu ini juga tidak begitu sulit kok. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus mengukus ketan selama kurang lebih 15 menit. Nah, ketika di dalam panci, kamu harus menuangkan santan, garam, serta daun pandan, masak hingga mendidih. Setelah itu, masukan santan ke dalam ketan dan aduk hingga menyerap.

 

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah kukus ketan yang sudah tercampur santan hingga matang yang waktunya kurang lebih sekitar 30 menitan. Kalau ketannya sudah matang, letakan 1 sendok nasi ketan di atas daun pisang lalu harus kamu pipihkan, kemudian isi dengan abon rasa apa saja sesuai dengan selera kamu, gulung dan sematkan lidi atau staples. Lakukan hal tersebut hingga adonan yang kamu buat tadi sudah habis. Jika sudah habis, kamu harus membakarnya di wajan anti lengket sampai harum. Sajikan.

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Spaghetti Sederhana Di Rumah

 

 

 

Lemper Abon Bungkus Telur

 

cara membuat lemper isi abon
via sipendik.com

 

Selanjutnya, kalau kamu lagi iseng atau ingin camilan, dan kamu sangat menyukai masakan dengan bahan telur, kamu bisa coba untuk resep yang satu ini. Sebenarnya lemper dengan isi abon seperti biasanya, namun yang membedakannya adalah telur akan menjadi pembungkus dari lemper ini.

 

Sediakan bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat resep yang satu ini seperti 250 gram ketan putih, 100 ml santan, garam, telur ayam, dan juga abon seperlunya. Siapkan semua bahan tersebut sesuai dengan porsi yang ingin kamu buat.

 

Cara pembuatannya juga sangat sederhana. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci hingga bersih ketan putih lalu kamu rendam ketan selama kurang lebih dua jam. Kalau kamu sudah melakukan langkah yang pertama, kamu harus mengukus ketan yang sudah direndam hingga setengah matang saja. Campurkan santan dan juga garam lalu kamu harus memasaknya hingga mendidih. Setelah itu, angkatlah ketan yang sudah kamu kukus setengah matang tadi dan tuangkan santan yang sudah dimasak ke dalam ketan kukus, aduk hingga merata dan diamkan saja selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, kukus kembali ketannya hingga matang.

 

Nah, selanjutnya kamu harus kocok telur dan berikan sedikit garam, dadar telur tipis-tipis saja. Buat dadar telur sesuai adonan lemper yang sudah kamu buat tadi. Kalau kamu sudah membuatnya, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah ambil 1 sendok ketan yang sudah matang lalu pipihkan ketan (kamu bisa menggunakan plastik sebagai alas). Setelah itu, isilah ketan dengan abon dan lipat ketan hingga tertutup rapat. Kalau sudah, ambil selembar telur dadar dan lipat lemper menggunakan telur dadar. Sajikan.

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Sup Enak dan Lezat

 

 

Resep Praktis Lemper Abon Sapi

 

cara membuat lemper isi abon
via ipuzza.blogspot.co.id

 

Selanjutnya kita akan mencoba membuat lemper abon sapi. Daging yang dipilih untuk membuat abon adalah daging yang tidak mempunyai banyak lemak dan memiliki serat yang terlihat jelas seperti daging di sekitar paha.

 

Sediakan bahan bahan untuk membuat resep yang satu ini seperti 500 gram beras ketan, 350 ml santan kelapa, 1 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih, ¼ sdt garam halus, abon sapi seperlunya dan daun pisang untuk membungkus.

 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cuci bersih beras ketan yang sudah kamu sediakan. Kukus beras ketan seperti memasak nasi tunggu sampai setengah matang kira kira sekitar 15 menit. Campurkan santan, daun pandan, dan garam ke dalam beras ketan dan aduk hingga rata. Kukus lagi beras ketan yang sudah dicampur sekitar 20 menit sampai matang, lalu angkat dan dinginkan. Setelah itu, ambil setiap 2 sendok makan ketan diisi dengan abon lalu dibungkus menggunakan daun pisang. Lakukan berkali kali hingga adonan kamu habis. Selanjutnya kamu boleh bakar ketan di atas wajan anti lengket hingga kulit daun pisangnya agak gosong. Sajikan.

 

Baca Juga : 4 Resep Praktis Membuat Bakwan Udang Renyah dan Enak

 

 

 

Cara Membuat Lemper Abon Ayam Rumahan

 

cara membuat lemper isi abon
via wahanaberita.com

 

Nah kalau tadi sudah mencoba abon sapi, sekarang kita akan mencoba isi abon ayam. Dalam 100 gram daging ayam terkandung energi sebesar 302 kilokalori, protein 18,2 gram, lemak 25 gram, kalsium 14 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 2 miligram.  Selain itu mengandung vitamin A sebanyak 810 IU,  dan vitamin B1 0,08 miligram.

 

Sediakan bahan bahan yang kita perlukan seperti 250 gram beras ketan, 150 cc santan kelapa, sejumput garam, 1 sendok teh gula pasir, abon ayam siap pakai, 2 lembar daun pandan, daun pisang dan lidi atau steples.

 

Langkah pertama, kamu harus merendam beras ketannya dulu selama kurang lebih satu jam. Setelah itu kukus ketan beras sampai setengah matang kurang lebih 20 menit. Setelah itu, rebus santan, masukan garam, gula pasir, dan daun pandan, masak hingga mendidih. Masukan beras ketan yang sudah kamu kukus tadi, lalu aduk hingga merata. Kukus kembali beras ketan hingga benar-benar matang kurang lebih sekitar 20 menitan. Hangatkan dulu panci pengukus beras ketan sebelum kamu mengukus. Kalau sudah, ambil selembar daun pisang, taruh ketan dengan cara dipipihkan, isi dengan abon ayam yang sudah siap pakai, tutup dan bentuk sesuai selera kamu. Lakukan hingga semua adonan yang sudah kamu buat tadi benar-benar habis. Nah, setelah itu kukus kembali sekitar 20 menit. Sajikan.

 

Baca Juga : 4 Resep Telur Gulung Mudah dan Enak

 

Itulah beberapa resep untuk membuat lemper isi abon yang sangat sederhana. Sekarang, kamu gak perlu lagi membeli lemper. Selamat mencoba guys!

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori