Resep 3 Cara Membuat Kroket Kentang Keju Rumahan

Cara membuat kroket kentang sangat gampang andai Anda sudah tahu tiga langkah hebat yang akan kami bagikan berikut ini. Sudah siap? Langsung saja simak!
0
Resep 3 Cara Membuat Kroket Kentang Keju Rumahan
0 (0%) 0 votes

Jika Anda mencari cara membuat kroket kentang keju istimewa yang bisa membuat buah hati atau anggota keluarga Anda betah makan di rumah? Maka Anda datang ke tempat yang sangat tepat sekali karena di artikel ini, Hello-PET akan memberikan resep kroket kentang keju yang sudah teruji kelezatannya. Kami juga akan memberikan tiga langkah yang penting sekaligus mudah agar Anda semakin gampang menyajikan kreasi ini untuk keluarga. Kini, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari restoran yang menjual kroket kentang keju super lezat kesukaan Anda bila sewaktu-waktu ingin menikmatinya, Anda cukup membuatnya sendiri di rumah. Mudah sekali, bukan?

 

Di sini, Helo-PET tidak hanya sekadar memberi tahu Anda 3 langkah mudah bagaimana cara membuat kroket kentang keju sendiri di rumah, tetapi nantinya kami juga akan memberikan sedikit gimmick yang berharga seperti sejarah kemunculan kroket di dunia dan juga kandungan gizi yang dimiliki oleh kentang sehingga Anda bisa mengatur sendiri keseimbangan gizi buah hati, atau anggota keluarga lainnya yang sangat Anda sayangi! Sudah siap? Langsung saja!

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Getuk Sederhana di Rumah)

 

 

 

 

A Brief History of Croquette

 

Sebelum kita mulai membahas resep cara membuat kroket kentang keju istimewa sendiri di rumah, tidak ada salahnya, kan, bila kita mengenal lebih jauh panganan yang sudah umum menjadi camilan atau lauk di Indonesia ini? Yuk, kita simak!

 

Pada umumnya, kroket merupakan jenis panganan yang berupa gulungan dengan kulit yang memiliki tekstur seperti remah-remah roti. Di luar sana, isian kroket biasanya beragam; dari daging sapi yang digiling, ayam, kalkun, kentang tumbuk, ikan, keju atau sayuran yang disajikan bersama saus coklat pada saat liburan natal. Namun, di Indonesia, isian kroket umumnya dibuat dari daging ayam dan kentang. Sebenarnya, tidak diketahui siapa yang pertama kali menciptakan camilan lezat yang unik ini. Di Indonesia sendiri, kroket pertama kali diperkenalkan pada masa kependudukan kolonial Belanda sebagai camilan. Sementara di Belanda sendiri, kroket bisa dibilang baru populer di masa-masa setelah perang dunia kedua ketika banyak produsen mulai memproduksi kroket kentang dengan isian daging dengan konsumen terbesar berada di rentang umur sekitar 35 sampai 49 tahun.

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Keripik Pisang Sederhana Renyah dan Gurih!)

 

 

 

 

Memilih dan Menyiapkan Bahan Pembuat Kroket

 

Bila tadi kita sudah membahas sejarah dari kroket itu sendiri, kini saatnya Hello-PET membagikan original recipe yang kami miliki kepada Anda. Langkah pertama yang sangat penting dalam cara membuat kroket kentang keju istimewa adalah memilih dan menyiapkan bahan. Tentu saja Anda tidak bisa mulai membuat tanpa menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, bukan? Jadi, langsung saja, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan berikut ini sebagai permulaan:

 

500 gram kentang yang sudah dikupas

2 sendok makan margarin

2 siung bawang putih yang sudah dicincang halus

1 buah bawang bombay yang sudah dicincang halus

150 gram daging giling

2 batang daun bawang diiris-iris hingga tipis

100 gram keju

2 butir telur

200 gram tepung panir

Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng, dan

Garam, gula pasir, serta merica bubuk secukupnya.

 

Dalam menyiapkan bahan-bahan ini, Anda harus memastikan beberapa hal. Pertama jenis kentang yang bisa Anda gunakan adalah kentang sayur biasa yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasar atau supermarket. Jangan menggunakan baby potato karena tipikal dagingnya yang lebih pejal dibanding kentang biasa. Sementara untuk isian dagingnya, sebenarnya Anda bisa menggunakan jenis daging apapun dari sapi, ayam, kalkun hingga daging ikan kesukaan Anda. Namun, dalam cara membuat kroket kentang kali ini, kita akan menggunakan daging sapi saja. Ada baiknya Anda membeli daging sapi giling sehingga kerepotan Anda akan berkurang separuhnya. Untuk kejunya, Anda bisa menggunakan beberapa jenis keju. Bila Anda ingin isian yang lengket seperti topping pada pizza, Anda bisa menggunakan keju mozzarella. Tetapi pada dasarnya keju cheddar yang akan sangat cocok untuk resep kali ini. Anda bisa menggunakan keju cheddar biasa dan diparut agar lebih mudah meleleh saat digoreng.

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Kerupuk Bawang Gurih dan Enak!)

 

 

Menyiapkan Isian Kroket

 

Menyiapkan isian kroket kentang sebenarnya gampang-gampang susah, namun karena ini merupakan salah satu langkah kunci dalam cara membuat kroket kentang keju sendiri, kami akan memberikan cara mudahnya. Sudah siap? Yuk, langsung saja!

 

Pertama-tama, Anda bisa memanaskan margarin untuk menumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Setelah tumisan mulai tercium harumnya, segera masukkan daging giling ke dalamnya, dan tumis bersama-sama hingga daging matang. Setelahnya, Anda bisa mengangkat daging tersebut dan tunggu hingga dingin. Sembari menunggu daging yang sudah Anda masak siap dimasukkan, mari buat terlebih dahulu adonan kentangnya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengukus kentang hingga masak dan tumbuk sampai halus. Untuk menumbuk kentang, Anda bisa melakukannya menggunakan food mill atau cukup menumbuknya secara manual dengan tangan, tapi pastikan kentang tumbukan Anda benar-benar halus bila Anda melakukannya secara manual. Setelahnya Anda tinggal memasukkan tumisan daging yang tadi Anda buat bersama irisan daun bawang, keju parut, garam, gula pasir dan juga merica, lalu aduklah hingga semuanya tercampur secara merata.

 

(Baca juga: 3 Kreasi Cara Membuat Pisang Goreng Istimewa)

 

 

 

Cara Menggoreng Kroket yang Tepat

 

Langkah terakhir sekaligus yang terpenting dalam cara membuat kroket kentang keju istimewa ini adalah bagaimana cara menggoreng yang tepat sehingga hasilnya tak hanya lezat di lidah, tetapi juga sedap dipandang. Sama seperti sebelumnya, kami akan memberi tahu bagaimana cara melakukannya dengan mudah dan benar. Nah, dalam menggoreng kroket kentang, hal yang harus diperhatikan adalah ukurannya. Bila terlalu besar, bisa jadi matangnya tidak akan merata, tetapi bila terlalu kecil ada risiko kroket buatan Anda akan terlalu cepat matang, bila tidak diawasi dengan baik, bisa-bisa justru akan gosong. Untuk mendapatkan ukuran yang tepat, Anda bisa menyiapkan sendok makan untuk membantu mengukur. Caranya cukup mudah.

 

Menggunakan sendok makan yang masih bersih, ambillah adonan yang sudah Anda aduk hingga merata. Jadikan sendok makan yang Anda gunakan sebagai patokan dan mulailah membentuk adonan tersebut sesuai keinginan Anda. Bisa bulat sempurna, atau bisa juga Anda bentuk sedikit lonjong. Bila sudah, sisihkan terlebih dahulu dan ambil serta bentuklah lagi dari adonan yang sudah Anda siapkan hingga adonan kentang keju tersebut habis tidak tersisa. Setelahnya, Anda cukup menggorengnya saja seperti biasa di atas api sedang sampai matang. Untuk mengetahui apakah kroket yang Anda goreng sudah matang atau belum, perhatikan warna di bagian kulitnya. Kroket kentang yang lezat, warna kulitnya akan kuning keemasan. Bila sudah, Anda tinggal meniriskan kreasi Anda, dan voila! Kroket kentang keju buatan Anda sudah siap disajikan untuk keluarga!

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Nugget Ayam Enak di Rumah)

 

 

 

 

Kandungan Nutrisi Kentang

 

Bila tadi Anda sudah mendapatkan resep bagaimana cara membuat kroket kentang keju istimewa sendiri di rumah, kini saatnya Anda mengetahui apa saja manfaat kentang! Dewasa ini, kentang sudah sering digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Wajar saja, meskipun memang tidak memiliki kandungan karbohidrat dan juga kalori sebanyak beras, sesekali mengonsumsi kentang sebenarnya sudah cukup untuk kandungan gizi yang kita butuhkan. Di samping itu, kentang memiliki kandungan serat dan air yang lebih tinggi dibanding nasi dengan lemak yang relatif jauh lebih rendah. Kandungan gizi kentang ini merupakan salah satu manfaat kentang yang bisa Anda pergunakan, terlebih bila Anda sedang dalam program diet. Jangan terlalu khawatir dengan keseimbangan gizi yang dimiliki oleh kentang, karena umbi yang satu ini juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin, lho!

 

Nah, bagaimana? Setelah Anda mengetahui manfaat kentang dan juga cara membuat kroket kentang yang lezat dan istimewa, apakah Anda tertarik untuk mulai mengganti makanan pokok Anda dari nasi menjadi kentang? Atau, jangan-jangan Anda sendiri sudah mulai memasukkan kentang ke dalam program diet Anda?

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori