3 Cara Lain Membuat Jus Mangga untuk Buah Hati!

Cara membuat jus mangga yang itu-itu saja pasti akan membuat si kecil cepat merasa bosan, tapi tidak dengan tiga alternatif kreasi yang bisa Anda gunakan ini!
0
3 Cara Lain Membuat Jus Mangga untuk Buah Hati!
0 (0%) 0 votes

Cara membuat jus mangga sebenarnya cukup mudah, tetapi bila Anda hanya menggunakan satu kreasi saja dalam penyajiannya, bisa dipastikan buah hati Anda akan cepat bosan. Lebih parah lagi, bisa jadi si kecil nantinya tidak mau lagi memakan buah mangga karena sudah terlalu bosan. Bila sudah seperti ini, tentu saja Anda sendiri yang akan kerepotan, bukan? Supaya keluarga tidak mudah bosan, otomatis Anda harus mencari cara supaya hal tersebut tidak terjadi, bukan?

 

Jangan khawatir, ada cara mudah agar Anda tetap bisa menyajikan jus buah mangga kepada keluarga tanpa membuat mereka merasa bosan. Anda cukup mencoba kreasi-kreasi lainnya saja supaya sajian jus buah mangga Anda tidak terkesan monoton. Berikut ini akan Hello-Pet berikan resep untuk membuat jus buah mangga yang istimewa dalam tiga alternatif kreasi yang berbeda sehingga Anda sendiri juga tidak mudah bosan harus menyajikan jus buah mangga yang sama setiap harinya. Namun, sebelum kita masuk ke dalam resep-resep tersebut, yuk kita cari tahu lebih jauh mengenai buah mangga itu sendiri.

(Baca juga: 4 Resep Talur Gulung Mudah dan Enak)

 

Sejarah Buah Mangga

 

Buah Mangga yang kita kenal sekarang ini merupakan buah yang berasal dari keluarga Anacardiaceae. Dalam bahasa latin, mangga dikenal dengan nama Mangifera indica. Nama mangga sendiri diambil dari bahasa Inggris, mango, yang berasal dari kata dalam bahasa Malayalam, dan oleh Portugis diadopsi dengan nama manga. Awalnya, buah berwarna kuning yang satu ini dibudidayakan di Asia Selatan selama ribuan tahun sebelum akhirnya dibawa ke Asia Tenggara pada sekitar abad kelima sebelum Masehi. Perkenalannya dengan dunia sendiri baru dimulai di abad kesepuluh ketika buah ini mulai dibudidayakan di Benua Afrika, dan pada abad keempat belas mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia hingga ke Benua Amerika.

 

Di tahun 2013 sendiri, terdapat 43 juta ton buah mangga diproduksi di seluruh dunia dengan produsen terbesar berada di India sebanyak 18 juta ton. Negara-negara produsen mangga terbesar berikutnya adalah China yang memproduksi sebanyak 4.45 juta ton dan Thailand yang memproduksi sebanyak 3.14 ton. Indonesia sendiri menempati peringkat keempat untuk produksi buah mangga terbanyak sebesar sekitar 2 juta ton. Mangga memang buah yang lebih mudah tumbuh di negara-negara dengan iklim tropis, itulah mengapa buah yang satu ini menjadi buah nasional di negara-negara semacam India, Pakistan dan Filipina; sementara pohon mangga sendiri menjadi pohon nasional Bangladesh.

(Baca juga: 4 Resep Membuat Getuk Sederhana di Rumah)

 

 

 

Ragam Kreasi Jus Mangga

 

Anda sebenarnya tidak perlu pusing mencari kreasi cara membuat jus mangga yang bisa Anda gunakan karena sebenarnya resep kreasi-kreasi tersebut sudah sangat banyak sekali bertebaran. Kreasi yang pertama adalah membuat jus mangga Anda menjadi jus mangga yang istimewa dengan menambahkan juga bahan-bahan lain di dalamnya. Meskipun namanya memang jus mangga, Anda tidak dilarang untuk mencampurkan buah-buahan yang lain ke dalamnya, kok.

Untuk kreasi cara membuat jus mangga yang pertama ini misalnya, Anda bisa menyiapkan setengah buah mangga yang sudah dikupas dan dipotong kubus, potongan buah apel dan nanas yang totalnya sama dengan setengah buah mangga yang sudah disiapkan, dan susu.

 

Cara membuat jus mangga istimewa ini cukup mudah. Pertama-tama, bila Anda ingin jus mangga disajikan dalam keadaan dingin, Anda bisa memasukkan terlebih dahulu buah-buahan yang sudah Anda siapkan ke dalam lemari es, atau Anda bisa menyiapkan satu cangkir es batu yang ukurannya tidak akan membuat blender Anda kesusahan. Selanjutnya, Anda tinggal menghaluskan semua bahan yang sudah disiapkan perlahan-lahan sampai semuanya lembut. Pastikan tidak ada bagian yang masih padat. Bila Anda merasa hasil akhirnya terlalu encer, tidak perlu cemas, Anda cukup menambahkan yoghurt atau potongan buah pisang ke dalamnya, dan proses ulang sampai terasa lembut. Pastikan semua buah yang Anda siapkan sudah dikupas dengan bersih, ya! Bila tidak, jus buatan Anda nanti akan terasa sedikit pahit, lho! Nah, gampang sekali, bukan?

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Sup Enak dan Lezat)

 

 

Smoothies Buah Mangga Lezat Sehat

 

Kreasi kedua dalam cara membuat jus mangga adalah dengan memanfaatkan original recipe untuk mengubah bentuknya menjadi smoothies. Apa yang membedakan antara jus mangga dengan smoothies mangga? Perbedaannya biasanya terletak pada teksturnya. Smoothies akan lebih lembut dan berlemak bila dibanding dengan jus biasa. Rasanya juga akan lebih kaya, lho! Untuk bahan-bahan yang harus Anda siapkan, kurang lebih sama seperti cara membuat jus mangga, tetapi bila tadi Hello-Pet menggunakan setengah buah mangga saja, kali ini Anda bisa menggunakan satu buah penuh. Tapi, pastikan sudah dikupas dan dipotong-potong, ya! Selain itu Anda hanya memerlukan secangkir es batu, 250 ml yoghurt, dan 150 ml susu.

 

Cara membuat smoothies mangga ini juga kurang lebih sama. Anda hanya perlu memasukkan semua bahan-bahan yang sudah Anda siapkan tersebut ke dalam blender dan tinggal diproses hingga lembut. Yang harus diperhatikan adalah, smoothies biasanya hanya cukup disajikan untuk satu orang saja, jadi bila Anda ingin membuat smoothies mangga untuk dua orang, maka Anda harus mengulang lagi prosesnya dari awal. Bila Anda membuat porsi dua orang dalam satu kali pembuatan, blender Anda biasanya akan terlalu penuh dan tidak bisa memroses smoothies Anda dengan lebih sempurna. Lalu, bila Anda merasa smoothies buatan Anda masih terlalu encer, Anda juga bisa mengentalkannya kembali dengan menambahkan yoghurt atau potongan pisang.

 

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Spaghetti Sederhana di Rumah)

 

 

 

Cara Membuat Jus Mangga yang Berbeda

 

Dua kreasi cara membuat jus mangga di atas tersebut cukup mudah, bukan? Sebelum kita beralih ke kreasi yang ketiga dan juga yang terakhir, ada satu hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat jus mangga. Setelah dipotong, Anda bisa memijat daging buah mangga yang sudah disiapkan supaya ia bisa menghasilkan banyak cairan ketika diblender. Setelahnya, Anda bisa mengolahnya seperti biasa untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Kreasi jus mangga yang ketiga ini juga cukup berbeda karena dalam kreasi ini, jus mangga Anda tidak akan berbentuk jus melainkan es popsicle!

 

Caranya membuat kreasi yang ketiga ini cukup mudah, kok. Pertama-tama, Anda hanya perlu membuat smoothies mangga dengan cara yang sama persis seperti cara yang sudah disampaikan di kreasi kedua. Namun bedanya ada di penyajiannya. Untuk kreasi ketiga, Anda tidak perlu menyiapkan gelas untuk menyajikan jus mangga Anda. Setelah smoothies mangga tersebut jadi, tuangkan ke dalam cetakan es batu yang biasanya ada di freezer lemari es Anda! Setelahnya, Anda tinggal menancapkan tusuk gigi, dan bekukan kembali di dalam freezer sampai menjadi balok-balok es jus mangga. Bila sudah membeku sempurna, Anda tinggal menyajikannya pada buah hati. Mudah sekali, bukan?

 

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Es Krim Goreng Rumahan)

 

 

 

Manfaat Jus Mangga untuk Diet

 

Sebenarnya apa, sih, manfaat jus mangga itu? Banyak sekali, lho, karena buah mangga sebenarnya memiliki banyak sekali kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, magnesium dan kalium. Lalu, apa manfaat jus mangga untuk diet? Dengan kandungan gizinya tersebut, mangga bisa digunakan sebagai pengganti lauk dan sebagian nasi sehingga tidak banyak karbohidrat atau lemak yang harus dikonsumsi. Terlebih lagi, mangga kaya akan vitamin C dan juga folat yang sangat berguna untuk menyehatkan tubuh.

 

Bagaimana? Mudah sekali, kan, mengkreasikan cara membuat jus mangga sehingga tidak membosankan? Di antara tiga cara yang diberikan, cara yang mana yang kira-kira akan Anda sajikan kepada keluarga? Apakah jus mangga yang kaya rasa dengan campuran buah-buahan lain, ataukah smoothies mangga yang lembut dan mengenyangkan? Atau mungkin Anda justru ingin mencoba menyajikan jus mangga buatan Anda dalam bentuk es popsicle yang pastinya akan disukai oleh anak-anak Anda? Dengan menyajikan jus mangga dalam bentuk yang berbeda-beda, tentunya akan menarik minat buah hati Anda sehingga mereka tidak mudah merasa bosan mengonsumsi buah yang banyak sekali gizinya ini. Selain itu, Anda sendiri juga bisa terhindarkan dari rasa bosan karena harus membuat jenis kreasi yang sama setiap hari, bukan? Selamat mencoba!

Hello Comment 1Sort by


user Anonim
2017/04/29 11:06

Very amazing, I just found out this is very helpful ... and also very useful.bumbukuliner.com

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori