4 Resep Es Krim Lezat, Praktis, Dan Mudah Dibuat

Selain mempunyai rasa manis, ternyata es krim mempunyai berbagai manfaat. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat resep-resep cara membuat es krim di bawah ini.
0
4 Resep Es Krim Lezat, Praktis, Dan Mudah Dibuat
0 (0%) 0 votes
cara membuat es krim

Siapa sih yang tak suka dengan makanan yang lembut dan super enak ini? Dari kecil hingga yang muda dan tua sangat menyukainya. Aneh bila ada yang tak suka es krim.

 

Di masa lalu es krim sendiri merupakan makanan mewah yang hanya dapat disajikan di acara-acara khusus. Di masa tersebut, membuat es krim sangat merepotkan. Karena untuk  membuatnya diperlukan es dari sebuah danau atau kolam yang membeku di musim dingin. Lalu diambil dan dipotong dalam tumpukan jerami, lubang di tanah, atau tempat manapun es tersebut tidak cepat mencair. Di tempat itulah es disimpan untuk digunakan selama musim panas nanti.

 

Untungnya di zaman sekarang, es krim sudah dapat dengan mudah untuk kita jumpai. Harganya pun berkisar dari yang murah sampai yang mahal. Tergantung dengan budget yang kita miliki, hanya Rp5.000 saja kita sudah bisa membeli es krim siap saji di supermarket terdekat. Tapi beda cerita jika kalian ingin membuat es krim sendiri.

 

 

 

Sejarah Asal Mula Es Krim

 

Es krim adalah salah satu makanan berupa es yang sangat halus dan lembut. Es terdapat di mana-mana, bahkan di seluruh wilayah di Indonesia pun terdapat jenis makanan yang satu ini. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan segar karena memiliki berbagai macam jenis pilihan rasanya. Makanan yang satu ini memang sudah terkenal namun untuk proses cara membuatnya mungkin anda pun belum mengetahuinya. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat es krim ternyata sangat mudah untuk kita dapatkan karena banyak terdapat dipasaran dengan memiliki harga yang cukup terjangkau.

 

Ada yang bilang es krim ditemukan oleh orang Cina sekitar tahun 700 masehi. Kaisar Tang dari Dinasti Shang adalah seorang penggemar kuliner. Pada saat itu beliau bertanya kepada koki istana untuk membuat es krim dari campuran salju.
Kisah yang lain juga mengatakan bahwa es krim datang ketika adanya hubungan perdagangan antara China dan Italia. Marcopolo, sang penjelajah laut membawa resep es krim ke negaranya sendiri. Berbeda dengan resep asli, gaya es krim Italia dikombinasikan dengan sirup dan campuran es. Gaya es krim italia kemudian dinikmati oleh kaum bangsawan dari Eropa dan menyebar ke seluruh dunia.

 

Di Amerika, es krim baru populer di abad ke-19, seiring dengan penemuan mesin pembuat es krim. Istilah es krim sendiri berasal dari koloni Amerika, yang artinya adalah fase menjejalkan es.

 

Di Indonesia, es krim dibawa oleh Penjajah kolonial Belanda yang di kenal sebagai es krim Saloon. Es krim Saloon adalah yang pertama berdiri dan tentunya hanya dapat dinikmati di kota-kota besar. Pada zaman itu es krim adalah panganan mewah dan mahal, dan kebanyakan hanya Belanda yang dapat menikmatinya.

 

Tapi sekarang kita tidak perlu susah untuk menikmati es krim yang lezat itu, bahkan kita juga bisa membuat sendiri di rumah dengan berbagai rasa yang kita inginkan.
Mau tahu caranya? yuk simak tutorialnya di bawah ini.

 

 

 

CARA MEMBUAT ES KRIM COKLAT

 

 

Cara membuat Es Krim Coklat yang lembut ini tergolong cukup sederhana dan mudah karena cara membuat es krimnya tanpa mesin . Kalian bisa membuatnya di rumah. Daripada membelinya, memakan hasil buatan sendiri di rumah terasa lebih enak dan nikmat. Simak cara pembuatan es krim coklat berikut ini.

 

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan Es Krim Coklat

1/4 kg gula pasir
1/2 liter susu
3 butir telur ayam
3 sdm bubuk cokelat
garam dan vanili secukupnya

 

  • Cara Pembuatan Es Krim Coklat Tanpa Mesin

 

Cara membuat es krim coklat di sini tanpa mesin ya. Hal ini dimaksudkan agar pemula yang baru belajar memasak dapat mengikuti step by step dengan mudah.
Pisahkan telur antara kuning dan putihnya. Ambil kuning telur, kemudian campurkan kuning telur dengan gula, lalu aduk dengan mixer hingga mengembang.
Setelah itu, putih telur dicampur dengan vanili dan garam secukupnya, aduk kembali sampai tercampur rata dan mengembang.

 

Campurkan adonan 1 dengan adonan 2 tadi dan masak sampai mendidih sambil di aduk terus menerus. Larutkan coklat dengan susu kemudian masukkan ke dalam adonan yang telah mendidih. Aduk terus sampai benar-benar mengental, lalu angkat dan biarkan mendingin.
Setelah dingin, masukkan ke dalam frezeer agar es krim cup ini bertambah lembut dan nikmat.

 

 

 

CARA MEMBUAT ES KRIM STRAWBERRY

 

 

Untuk pecinta es krim, kalian bisa membuat es krim sendiri di rumah. Enaknya lagi, Hello-Pet memilih bahan-bahan murah yang hasilnya es krim bisa dimakan berulang kali. Cara membuat es krim ini cukup mudah sekali. Baik langsung saja  membuat es krim strawberry yang pastinya mudah dan lezat.

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan Es Krim Strawberry

Bahan utama
200 gram strawberry (cincang kasar)
100 gram strawberry (blender halus)
150 gram whipped cream bubuk
150 gram susu kental manis putih
300 ml air putih dingin
1 sdt air lemon

Topping
Bisa tambahkan permen strawberry
Choco cip strawberry
Wafer roll strawberry

 

  • Cara Pembuatan Es Krim Strawberry

 

Campurkan whipped cream dan air putih dingin. Kemudian kocok kedua bahan tersebut hingga kaku dan mengembang. Lalu simpan whipped cream tersebut ke dalam lemari es pendingin.
Setelah itu campurkan strawberry yang sudah di blender halus, air lemon, dan susu kental manis. Aduk rata dan tuangkan ke dalam whipped cream. Kocok rata. Tambahkan strawberry yang sudah dicincang. Aduk rata kembali.

 

Tuangkan adonan ke dalam wadah yang berkedap udara atau bisa juga ke dalam loyang yang tidak terlalu besar. Sebelum menuangkannya ke dalam loyang, alasi loyang tersebut dengan alumunium foil.

 

Kemudian ratakan adonan tersebut dan simpan adonan ke dalam freezer. Biarkan beku selama beberapa jam (tergantung kondisi kulkas masing-masing). Setelah beku, hias es krim strawberry dengan topping sesuai selera anda.

 

 

 

CARA MEMBUAT ES KRIM DURIAN

 

Pernahkah kalian melihat Es Krim Durian yang berada di pinggir jalan raya? Pasti pernah tentunya. Tentunya banyak orang yang suka maupun tidak suka pada buah yang satu ini. Tetapi apabila sudah berubah menjadi Es Krim, pastinya mau tidak mau semua orang pun menyukainya. Berikut ini saya akan membagikan cara membuat es krim durian yang mudah dan lezat.

 

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan Es Krim Durian

100 gram gula pasir
150 gram buah durian
500 ml santan
250 gram whipped cream
250 ml susu cair
garam secukupnya

 

  • Cara Pembuatan Es Krim Durian

 

Masukkan susu, santan, gula, dan garam ke dalam satu wadah. Kemudian rebus bahan tersebut hingga mendidih. Aduk rata, angkat dan dinginkan sejenak.
Kocok whipped cream hingga menjadi naik. Campurkan dengan adonan rebusan tadi dan aduk rata. Tambahkan daging durian, aduk rata kembali.
Tempatkan adonan ke dalam wadah dan dinginkan adonan di dalam lemari pendingin selama 2-3 jam.

Keluarkan adonan dari kulkas, kemudian angkat dan kocok adonan sampai halus, masukkan lagi ke dalam lemari pendingin.

Ulangi lagi cara no. 5 sebanyak 2 kali dan hingga adonan membeku. Setelah itu pindahkan es krim durian ke lemari es. Diamkan selama 20 menit.

 

 

 

Cara Membuat Es Krim Goyang Tradisional

 

 

Nama yang cukup unik bukan untuk sebuah jajanan, tapi memang itulah namanya “es krim goyang” kuliner tempo dulu yang sangat terkenal akan citarasa dan pengolahannya yang sangat khas. Pada era 90-an olahan es goyang banyak sekali kita jumpai sebagai jajanan yang sangat laris, hal ini dikarenakan es krim ala Indonesia ini sangat enak, apalagi campuran santan dan coklat yang beku yang membuatnya jadi tambah lezat.

 

Es goyang adalah jajanan es asal Bandung yang memiliki pengolahan sangat unik, yaitu dengan cara digoyang-goyangkan untuk mendapatkan tekstur bekunya, jadi bukan menggunakan frezzer atau alat lainnya. Sehingga tidak heran kalau banyak sekali pedagang keliling yang menjajakan es tradisional ini, karena caranya memang sangat mudah dan sederhana.

 

Membuat es krim goyang mungkin terlihat sangat sulit, tapi sebenarnya mudah sekali, anda hanya perlu menggoyangkan cetakannya ke dalam air khusus yang sudah disiapkan, tinggal tunggu beberapa menit lalu es goyang sudah siap anda nikmati. Namun memang bagi anda yang belum tahu pasti sedikit sulit, oleh karena itu anda harus mengetahui bahan apa saja yang digunakan serta bagaimana membuatnya. Untuk itulah Hello-Pet telah mempersiapkan resep es krim goyang sederhana, agar anda pun bisa membuatnya. Sehingga saat anda sedang teringat akan jajanan tempo dulu atau ingin bernostalgia dengan jajanan tradisional, anda langsung bisa membuatnya, dengan melihat resep di bawah ini.

 

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan es krim goyang
Santan kelapa murni 500 ml
Tepung hunkwe 50 grm
Gula pasir 70 grm
Daun pandan 2 lembar
Coklat bubuk 1 sdt
Garam halus ½ sdt

Bahan pelengkap toping
Coklat cair secukupnya, untuk celupan
Kacang secukupnya
Es batu secukupnya

 

  • Cara Pembuatan Es Krim Goyang Tradisional

 

Pertama, kita buat adonan es dulu, dengan mencampur semua bahan es krim goyang dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata. Kemudian masaklah adonan es ini hingga mendidih, gunakan api sedang agar santan tidak pecah.
Kedua, kita siapkan cetakan es goyang (biasanya persegi panjang dan memiliki ruas di setiap pinggirnya), jangan lupa siapkan juga kotak atau box yang sudah anda isi dengan air, pecahan es batu, dan juga garam (usahakan airnya dingin)

 

Ketiga, kita masukan adonan es goyang ke dalam cetakannya, lalu tinggal celupkan bagian luar cetakan ke dalam box yang sudah anda siapkan.
Nah, sekarang tinggal goyang-goyangkan cetakan es atau boxnya , tunggu beberapa menit hingga adonan akan membeku.
Sebelum membeku, silakan anda tancapkan stick kayu, kemudian goyang-goyangkan lagi, hingga beku sempurna.
Sekarang tinggal lepaskan es krim goyang dari cetakannya, kemudian celupkan ke dalam toping yang anda siapkan.

 

Perhatikan saat anda menggoyang-goyangkan cetakan, usahakan jangan terlalu kencang atau pelan, karena bisa menyebabkan es goyang pecah atau bahkan hancur. Silakan sekarang giliran anda untuk mencobanya di rumah, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.

 

 

 

Tips Membuat Es Krim Sendiri

 

Mangkuk yang sudah isi oleh es krim harus disimpan ke dalam freezer dan dibungkus erat dalam kantong plastik. Biasanya memakan waktu setidaknya 24 jam.
Untuk mencegah pembentukan kristal es, tutupi permukaan dengan lapisan plasik atau kertas lilin sebelum wadah ditutup.

Es krim buatan rumah sendiri akan tetap baik sampai seminggu. Setelah melewati seminggu, es krim akan mulai kehilangan rasa dan tekstur lembutnya. Disarankan makan sebelum melewati batas seminggu.

Tambahkan ekstrak (vanili, maple, almond, dll) untuk menambah citarasa pada es krim.

 

 

Manfaat Es Krim Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Tidak perlu diragukan lagi es krim mempunyai banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.Es krim yang lembut kaya akan lemak, gula, fosfor, zinc, vitamin A, D, B12, asam amino dan asam pantotenat yang diantaranya dapat mencegah osteoporosis dan menurunkan tekanan darah.Kandungan susu didalamnya dapat merangsang air liur, mengurangi keasaman mulut, mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang.

 

Selain itu, susu pada es krim juga dapat menetralisir racun seperti logam atau timah dalam makanan, mencegah terjadinya kanker usus, mempercantik kulit, serta membantu tidur lebih nyenyak. Dalam sehari, konsumsi es krim yang dianjurkan sekitar tiga porsi per hari (satu porsi es krim seberat 200 gram, atau setara 250 ml susu). Disarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi es krim melebih porsi seharusnya dikarenakan kandungan gula dan lemak yang berlebih dapat menyebabkan obesitas.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori