4 Resep Cupcake Kukus yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Inilah 4 resep cupcake kukus yang tidak boleh kamu lewatkan! Rasa manis cupcake tentu membuat makanan pencuci mulut ini jadi favorit banyak orang
0
4 Resep Cupcake Kukus yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!
0 (0%) 0 votes
Cupcake

Tahukah kamu cara untuk membuat cupcake yang enak dan sederhana? Nah, kali ini Hello-Pet akan membagikan beberapa macam resep agar kalian dapat membuat cupcake yang lebih istimewa, sedap, dan tentu saja akan menuai pujian teman-teman. Selain bisa disajikan untuk keluarga di rumah, cupcake juga bisa disajikan untuk acara pesta atau perayaan lho. Pokoknya mantap dan pasti semua orang pun menyukainya. Tekstur kue yang lembut tentu sangat cocok untuk anak-anak mau pun orang dewasa. Cobalah sajikan cupcake berbagai macam rasa ini di acara keluarga atau bersama teman!

 

Nah, untuk dapat menyediakan cupcake berbagai macam rasa, tentu kalian juga harus mempelajari cara untuk membuatnya. Yuk, simak dulu artikel berikut ini untuk tahu cara membaut cupcake yang enak dan mudah!

 

Resep Praktis Cupcake Kukus

 

 

Cupcake merupakan hidangan kue yang cukup populer dan diminati oleh banyak orang karena bentuknya yang mungil dan lucu dengan berbagai macam filling yang khas. Cupcake menjadi kue yang cukup digemari oleh  anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya cupcake diolah dengan cara dipanggang menggunakan oven, namun ternyata cukup banyak orang yang membuat cupcake dengan cara dikukus yang mana tidak membutuhkan oven lho. Jadi jangan khawatir, tidak memiliki oven pun kamu masih bisa membuat cupcake.

 

Konon hidangan yang diolah dengan cara dikukus juga jauh lebih baik dalam segi tekstur dan akan menghasilkan kue yang lebih lembut. Mm, kamu yang sudah bosan menikmati cupcake yang dipanggang di dalam oven tentu mungkin bisa mencoba membuat beberapa cupcake kukus dengan mengikuti resep yang tidak kalah mudahnya dengan resep cupcake yang membutuhkan pemanggang. Inilah bahan-bahan yang perlu kalian siapkan terlebih dahulu.

 

Bahan-bahan cupcake kukus:
– 2 ons tepung terigu
– 30 gram cokelat bubuk
– Satu sendok teh soda kue
– Satu sendok teh baking powder
– 125 gram margarin
– 80 mL susu cair
– 150 gram gula pasir, bisa ganti memakai gula diet yang tidak tinggi kalori
– 2 butir telur

 

Setelah bahan-bahannya siap, saatnya untuk memelajari cara untuk membuat cupcake kukus! Pertama-tama, siapkan dulu alat pengukus beserta loyang dan kertas cupcake. Setelah semua alat siap dan tersedia, saatnya untuk mencairkan margarin dan susu hingga margarin benar-benar mencair, lalu kemudian direbus di dalam panci dan matikan kompor sebelum rebusan mendidih. Kocoklah telur bersamaan dengan gula pasir menggunakan whisk hingga gula larut. Namun untuk catatan, berhentilah mengocok adonan sebelum adonan tersebut menjadi berbuih terlalu banyak. Bila sudah, masukkan juga tepung terigu, baking powder, cokelat bubuk dan soda kue ke dalam adonan tersebut. Aduklah adonan hingga merata semuanya lalu masukkan lelehan margarin dan aduk kembali hingga lelehan margarin merata dengan adonan kue cupcake kukus. Begitu adonan siap, saatnya untuk menuangkan adonan ke dalam papercup, namun jangan sampai penuh hingga tidak tumpah keluar atau memenuhi papercup ketika nanti dikukus. Agar lebih aman, kamu bisa menggunakan sendok untuk memasukan adonan dalam papercup.

 

Setelah semua papercup terisi dengan adonan cupcake, saatnya untuk mengukus cupcake selama 20 menit atau hingga adonan kue cupcake tampak matang. Bila sudah matang, saatnya untuk menghias kue cupcake dengan menggunakan fondan serta warna dan bentuk yang disesuaikan dengan seleramu! Bagian mendekorasi ini adalah salah satu yang seru ketika membuat cupcake lho. Setelah selesai, saatnya cupcake untuk disajikan dan dinikmati!

 

 

Cara Membuat Cupcake Vanilla

 

 

Nah, ini ada resep cupcake lain yang tentu dapat menjadi alternatif resep pilihanmu untuk membuat camilan hantaran istimewa ini, yaitu cupcake vanilla. Menghidangkan cupcake sudah menjadi kebiasaan terutama di Amerika yang konon menjadi awal mula perkembangan cupcake sejak abad 19. Di Amerika, masyarakat biasa menyantap cupcake sebagai camilan karena cupcake termasuk pada kue manis terpopuler bersamaan dengan donat dan kue macaroon.

 

Penjualan cupcake pun tidak terbatas dan kadang tidak hanya dilakukan di toko kue saja, melainkan juga dijual di mobil bahkan di truk. Cupcake bisa dihidangkan sebagai teman minum teh hangat di sore hari bahkan menu kue ulang tahun anak atau pun orang terkasih. Cukup dengan menyusun cupcake menjadi menara tinggi seperti menara kue ulang tahun yang nampak unik. Nah, untuk membuat cupcake vanilla, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini, ya!

 

Bahan Cupcake Vanilla:
– 250 gram gula pasir
– 200 gram tepung terigu
– 150 ml susu
– 125 gram mentega
– 2 butir telur
– 1 sendok teh baking powder
– 1/2 sendok teh vanilla essense

 

Setelah siap bahan-bahannya, saatnya untuk membuat cupcake vanillamu! Pertama-tama, panaskanlah oven dengan suhu 180 derajat celcius dan kemudian siapkan loyang cupcake. Sambil memanaskan oven, kocoklah mentega, gula, dan vanilla essense dengan mixer hingga mengembang dan pucat warnanya. Bila sudah, masukkan juga telur dan kocok lagi hingga rata dan mengembang. Selanjutnya masukkan tepung dan susu secara bergantian dan perlahan. Aduklah hingga rata. Bila adonan sudah siap, tuanglah ke dalam cetakan hingga kira-kira 2/3 dari tinggi papercup. Susun di atas loyang dan pangganglah cupcake selama 15 hingga 20 menit.

 

Bila cupcake sudah matang, angkat dan dinginkanlah sebelum kamu hiasi dengan berbagai macam krim atau pun topping pilihanmu! Bila sudah, sajikan di atas piring cantik dan cupcake vanilla siap untuk dihidangkan dan dinikmati!

 

(Baca Juga: 4 Resep Membuat Surabi Rumahan yang Enak Banget)

 

 

Resep Praktis Cupcake Coklat

 

 

Tidak hanya cupcake vanilla, tetapi cupcake coklat juga adalah salah satu cupcake yang disukai oleh banyak orang lho. Kue dengan bahan dasar coklat ini pas disajikan pada acara istimewa keluargamu. Tentu cara membuatnya pun tidak sulit! Yuk, siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat cupcake coklat ini, ya.

 

Bahan :
– 100 gram gula pasir
– 100 gram margarin, lelehkan
– 75 gram coklat masak pekat, lelehkan
– 75 gram tepung terigu
– 1/2 sendok teh cake emulsifier
– 1/2 sendok teh baking powder
– 12 sendok makan susu bubuk
– 3 butir telur

 

Bila sudah siap dengan bahan-bahannya, saatnya untuk membuat cupcake coklatmu. Pertama-tama kocoklah telur, gula pasir dan cake emulsifier secara merata hingga berwarna putih dan mengembang. Setelah itu tambahkan tepung terigu, susu bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk-aduk hingga rata. Bila sudah, masukkan margarin dan coklat yang telah dilelehkan dan aduklah hingga semua bahan rata. Tuanglah adonan tersebut ke dalam cetakan cupcake yang telah dialasi dengan paper cup hingga 3/4 penuhnya, jangan sampai luber. Kukuslah cetakan adonan tadi selama kurang lebih selama 15 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan cupcake sebelum kamu hiasi dengan berbagai macam topping sesuai seleramu! Cupcake coklat yang cantik dan manis pun siap untuk dihidangkan.

 

 

Resep Mudah Cupcake Oreo

 

 

Mau coba resep cupcake yang tidak biasa? Cupcake oreo adalah salah satu cupcake yang disukai oleh banyak orang juga memiliki rasa unik oreo yang sangat sering dipakai belakangan ini. Kue dengan bahan dasar oreo ini digemari banyak orang lho. Tentu cara membuatnya pun tidak sulit dan kamu bisa saja menggantikan oreo dengan biskuit lain bila ingin. Yuk, siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat cupcake oreo.

 

Bahan Cupcakes Oreo :
– Tepung terigu 100 gram
– Mentega 100 gram
– Gula pasir 100 gram
– Telur ayam 3 butir
– Baking soda 2 sendok teh
– Cocoa Powder 35 gram
– Mentega 100 gram
– Gula halus 100 gram
– Vanilla extract 2 sendok teh
– Biskuit Oreo 24 keping

 

Bila sudah siap dengan bahan-bahannya, saatnya untuk membuat cupcake oreo. Pertama-tama kocoklah 200 gram mentega yang dicampur dengan gula dalam mangkuk mixer sampai adonan merata dan lembut. Setelah itu masukkan telur ayam sambil adonan terus dikocok hingga mengembang dan semua tercampur rata. tambahkan tepung, baking soda, bubuk vanili dan cocoa powder ke dalam adonan cupcakes sebelumnya dan aduklah hingga semua rata. Bila adonan sudah siap, ambil adonan dan masukan ke dalam cetakan Kue cupcake dengan bantuan sendok. Isilah sampai sekitar tiga perempat penuh dari cetakannya. Usahakan agar tidak luber. Bila sudah siap, adonan dipanggang selama kurang lebih 20 menit dengan oven yang bersuhu 180 derajat celsius. Bila tidak memiliki oven, bisa juga menggunakan alat kukus untuk mengukusnya hingga matang! Bila cupcake sudah matang, silakan keluarkan dari oven dan jangan lupa dinginkan terlebih dulu cupcake.

 

Setelah cupcake selesai, saatnya untuk mencoba membuat krim di atasnya! Masukkan mentega ke dalam mangkuk mixer dan kocok adonan hingga lembut. Tambahkan gula halus dan bubuk vanili ke dalam adonan tersebut dan kocok menggunakan mixer berkecepatan rendah agar mempercepat pekerjaanmu. Bila sudah cukup merata, naikkan kecepatan mixer menjadi kecepatan sedang. Kocok lagi selama kurang lebih 2 menit sebelum menambahkan kepingan biskuit oreo masuk ke adonan krim. Kocok sampai semua adonan menjadi halus dan lembut. Dinginkanlah krim hasil dari biskuit oreo ini dalam kulkas selama kurang lebih 60 menit. Krim cupcakemu pun sudah siap!

 

Cupcakes yang sudah matang dapat ditambahkan oreo cream yang sudah didinginkan ke atas cupcakes oreo tersebut. Mm, tentu saja rasanya pasti sangat enak! Tambahkan juga biskuit oreo di atasnya untuk memperjelas identitas si cupcake! Tentu cupcake yang disajikan ini akan digemari banyak orang. Nah, masih banya ide kreasi resep cupcake yang enak dan unik, tentunya kamu bisa mencobanya juga di rumah! Selamat berkreasi!

 

Sumber: likethisya

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori