4 Resep Membuat Bubur Ayam Enak

Bubur ayam banyak dicari oleh para pemburu kuliner pagi. Entah baru bangun tidur, selepas berolahraga, atau menuju ke tempat beraktivitas dan tak sempat masak.
0
4 Resep Membuat Bubur Ayam Enak
0 (0%) 0 votes
bubur-ayam0

Bubur ayam biasa dijadikan sebagai menu sarapan pagi yang bisa dibilang murah meriah. Selain murah, bubur ayam banyak ditemui di tempat ramai seperti pasar atau alun-alun. Tapi ada juga yang menjualnya secara keliling di sekitar perumahan atau perkampungan. Bubur ayam juga biasa dijadikan kuliner pagi selepas berolahraga. Rasanya yang enak dan hangat di perut membuat bubur ayam banyak disukai oleh semua kalangan, baik muda maupun tua. Nah, dalam artikel kali ini, Hello-Pet akan memberikan 4 resep terkait bagaimana cara membuat bubur ayam dengan rasa yang enak dan nikmat pastinya. Mau tau bagaimana caranya?

 

Baca juga: 4 Resep Camilan Praktis Risoles Aneka Isi

 

 

Resep Enak Bubur Ayam Khas Manado

 

bubur-ayam1
via sisidunia.com

 

Banyak yang bilang kalau bubur ayam manado itu mempunyai cita rasa yang khas banget. Rasanya yang nikmat membuat bubur ayam manado banyak diburu oleh para pecinta kuliner pagi nih. Nah, kalo kamu mau membuat bubur ayam khas manado ini di rumah, kamu tinggal siapkan bahan bahan seperti 300 gram beras, 1.300 cc kaldu ayam, 200 gram ayam giling, 100 gram jagung manis pipil, 25 gram daun melinjo, 3 batang kacang panjang (potong 2 cm), 25 gram bayam, 25 gram kangkung, 25 gram labu kuning (dipotong kotak), 25 gram daun kemangi, 25 gram ubi (potong kotak), 1 batang serai dan terakhir garam secukupnya.

 

Nah, kalo semua bahan di atas sudah kamu siapkan, sekarang kamu ikuti cara Hello-Pet untuk membuatnya ya. Pertama kamu harus merebus air, serai, dan beras sampai berasnya mengembang. Kemudian setelah itu kamu tambahkan ubi, jagung dan labu kuning. Langkah selanjutnya setelah bahan pertama empuk semua adalah masukkan daun melinjo, kacang panjang, bayam, kangkung, daun kemangi, dan juga garam. Nah, setelah bubur matang dan mengental tinggal kamu sajikan deh dalam keadaan hangat. Oiya, jangan lupa taburi ayam suwirnya di atas bubur ya. Sebagai pelengkap tambahkan kerupuk, kacang dan bawang goreng. Mmmm yummy. Dijamin deh kamu bakalan ketagihan dan ingin membuatnya lagi.

 

Baca juga: 4 Resep Bikin Bolu Super Legit Saat Digigit

 

 

Cara Membuat Bubur Sup Ayam Cirebon

 

bubur-ayam2
via umkmjogja.com

 

Untuk resep yang kedua, kita akan coba untuk membuat bubur sup ayam cirebon. Sekilas, bubur sup ayam cirebon tak berbeda dengan bubur ayam lainnya. Ternyata pembeda pada bubur ayam karena di permukaannya penuh dengan kerupuk, emping, suwiran ayam, bawang goreng, irisan seledri, dan terkadang dilengkapi potongan cakwe. Ada juga yang lebih sederhana, hanya taburan irisan kubis, seledri, daun bawang, dan suwiran ayam. Rasa khas lainnya adalah karena kuah kaldu yang melengkapi bubur, sementara ayamnya dijadikan taburan saat hendak disajikan.

 

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat bubur ayam cirebon ini antara lain seperti 200 gram beras, 1 batang serai yang dimemarkan, 2 lembar daun salam, 1.500 mililiter air, dan garam secukupnya. Kemudian bahan untuk membuat supnya adalah 2 buah paha ayam, 2 batang seledri, 1.500 ml air, 1 sendok teh merica bubuk, ½ sendok teh pala bubuk, 1 sendok makan garam, 6 butir bawang merah yang dihaluskan, 4 siung bawang putih yang dihaluskan, dan sedikit minyak untuk menumis. Sementara untuk bahan pelengkapnya, kamu siapkan saja 5 lembar kubis yang diiris tipis, 150 gram toge (seduh air panas), 1 batang dan bawang yang diiris halus, 3 sendok makan bawang merah goreng, dan sambal cabe rawit secukupnya.

 

Untuk cara pembuatannya juga gampang dan tak perlu banyak cara yang harus dibeberkan di sini. Untuk membuat buburnya, kamu campur beras, air, serai, daun salam, dan garam. Kemudian kamu masak sampai buburnya menjadi kental. Kalau sudah kamu angkat dan sisihkan. Nah, sekarang kita bikin supnya. Pertama kamu panaskan minyak dan tumis bawang merah serta bawang putih sampai tercium bau harum. Masukkan ayam dan aduk. Tambahkan air, seledri, merica bubuk, pala bubuk, garam dan juga kaldu bubuk. Kamu masak sampai matang, angkat dan sisihkan. Kemudian kamu ambil ayam yang ada di dalam sup tadi dan goreng sampai warnanya terlihat kuning kecoklatan, angkat dan suwir. Nah, cara penyajiannya, kamu masukkan bubur ke dalam mangkuk saji, beri irisan kol, toge, suwiran ayam, dan daun bawang. Kemudian kamu siram dengan kuah sup. Oiya, kangan lupa taburi dengan bawang merah goreng dan sajikan bersama sambal cabe rawit. Cukup mudah bukan membuatnya?

 

Baca juga: Inilah 3 Resep Nugget Mudah Untuk Dibuat Sendiri

 

 

Cara Membuat Bubur Ayam Teriyaki

 

bubur-ayam3
via cookpad.com

 

Bubur ayam teriyaki. Yap, inilah resep bubur ayam pilihan yang ketiga. Jenis bubur yang satu ini memang menggunakan salah satu menu khas Jepang bernama teriyaki. Bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuat bubur ayam teriyaki? Siapkan bahan seperti 150 gram beras, 100 gram ayam fillet cincang, 4 siung bawang putih digeprek, 1 ruas jahe digeprek, 1 lembar daun bawang diiris, 1 lembar daun salam. Bahan lain yang disesuaikan secukupnya adalah biji wijen, olive oil, air, garam, gula, penyedap rasa, dan jangan lupa saus teriyaki.

 

Kalau semua bahannya sudah kamu siapkan, sekarang masuk ke langkah memasaknya. Pertama, kamu didihkan 600 mililiter air putih, setelah mendidih kamu masukkan bawang putih, jahe, lalu ayam fillet cincang. Rebus sampai ayam matang dan berubah warna, lalu saring dan sisihkan ayam, bawang putih dan jahenya. Langkah selanjutnya kamu cuci beras sampai bersih. Kemudian didihkan kuah kaldu yang sudah dibuat tadi dan masukkan beras dengan menggunakan api yang kecil. Kemudian beri garam dan penyedap rasa dan masukkan daun salam. Aduk terus sampai kental. Kalau kurang air sebelum beras lembut, kamu bisa tambahkan air sedikit semi sedikit. Nah, kalau  sudah mengental, kamu bisa matikan api. Selanjutnya kamu panaskan olive oil, masukkan ayam, beserta bawang putih dan jahe yang sudah direbus tadi. Kemudian tumis sampai harum, masukkan daun bawang yang sudah diiris, beri air kaldu sedikit. Kemudian tambahkan garam, gula, penyedap rasa dan saus teriyaki dan juga wijen. Kemudian aduk sampai rata, kamu tes rasa lalu siapkan di piring saji. Masukkan beberapa sendok bubuk di mangkuk, tambahkan ayam teriyaki, taburi bawang goreng. Bisa ditambahkan juga dengan emping dan sambal. Bubur ayam teriyaki siap untuk disajikan selagi masih hangat.

 

Baca juga: 4 Resep Membuat Surabi Rumahan yang Enak Banget

 

 

Resep Enak Bubur Ayam Ceker

 

bubur-ayam4
via beliyuuk.com

 

Untuk membuat bubur ayam ceker, kamu harus siapkan bahan bahan seperti 250 gram beras yang sudah dicuci bersih, kemudian ½ ekor ayam kampung, 500 gram ceker ayam, 1 ½ sendok teh garam, 2 lembar daun salam dan air untuk merebus. Kemudian untuk membuat kuah kaldunya, kamu siapkan bahan seperti 1 sendok makan minyak goreng, ¼ butir biji pala, 750 ml air kaldu ayam, garam secukupnya, 2 sendok teh kecap manis, dan 1 batang daun bawang yang diiris. Adapun bahan yang perlu kamu haluskan seperti 8 siung bawang merah, 2 butir bawang putih, 2 cm kunyit, 3 butir kemiri yang disangrai, ¼ sendok teh ketumbar disangrai, dan ¼ sendok teh merica.

 

Cara membuatnya, kamu rebus ayam dalam 1.000 ml air, bubuhkan ½ sendok teh garam. Didihkan, kecilkan apinya dan rebus terus ayam sampai lunak. Angkat dan tiriskan. Ukur kaldu ayam sebanyak 750 ml, sisihkan untuk dipakai campuran saus. Lepaskan daging ayam dari tulangnya, kemudian suwir-suwir, sisihkan. Pisahkan tulang ayam (untuk membuat kaldu bubur). Rebus tulang ayam dan ceker ayam dalam 2000 ml air, hingga ceker lunak, angkat. Keluarkan ceker dan tulang ayam dari panci. Saring dan ukur kaldunya sebanyak 1500 ml, sisihkan. Masak kaldu bersama beras, garam dan daun salam, sambil diaduk sampai menjadi bubur. Setelah bubur matang, angkat.

 

Untuk membuat kuah kaldunya, kamu panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus. Masukkan pala dan aduk sampai tercium aroma harumnya. Kemudian kamu tuang kaldu ayam dan ceker, lalu tambahkan garam dan kecap manis. Masak sampai mendidih, masukkan daun bawang dan angkat.

 

Untuk penyajiannya, kamu taruh bubur dalam mangkuk saji, tambahkan ayam suwir, telur pindang, seledri, bawang goreng, kedelai goreng, dan kerupuk merah. Sajikan hangat dengan sambal cabai.

 

Perlu dicatat, sebagai pelengkap kamu bisa siapkan 2 butir telur pindang (kupas dan potong potong), 2 batang seledri (cincang), 2 sendok makan bawang goreng, 4 sdm kedelai goreng, kerupuk merah dan sambal cabai. Nah, kamu baru saja selesai membuat bubur ayam ceker deh. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori