5 Resep Bakso Sapi Enak Dan Mudah Dibuat

Siapa yang tidak suka dengan makanan berbentuk bulat yang lezat dan bergizi ini? Mau tahu cara membuatnya? Ikuti resep-resep yang sudah disediakan di sini.
0
5 Resep Bakso Sapi Enak Dan Mudah Dibuat
0 (0%) 0 votes
resep-resep membuat bakso sapi

Tak ada yang tidak tahu apa itu bakso. Makanan yang bisa disantap saat hujan turun atau bahkan di bawah terik matahari, sudah menjadi semacam hidangan wajib. Sebagian orang menjadikannya camilan sambil menunggu jam makan utama, sebagian yang lain justru memilih bakso sebagai makanan utama di siang hari atau malam hari.

 

Terlepas dari selera orang yang berbeda, kali ini Hello-Pet hendak memberikan beberapa resep lezat bakso yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

 

 

Sejarah Asal Mula Bakso

 

 

 

Tahukah kamu sejarah munculnya makanan bulat dan lezat ini? Bakso berasal dari kata BAK – SO, dalam bahasa hokkien berarti “ daging babi giling “ karena kebanyakan orang indonesia adalah muslim maka bakso lebih umum di buat dari bahan halal daging ayam, sapi ataupun ikan.
Pada awal abad ke -17 akhir Dinasti Ming di Fuzhou, Hidup seorang pria bernama Meng Bo yang tinggal di sebuah desa kecil. Meng Bo sangat baik dan sangat berbakti kepada orang tuanya. Kebaikan dan bakti kepada ibunya sudah dikenal di kalangan tetangganya. Suatu hari, ibunya yang sudah mulai tua dan sudah tidak dapat makan daging lagi, karena giginya sudah mulai tidak bisa makan sesuatu yang sedikit keras. Ini sedikit mengecewakan karena dia suka sekali makan daging.

 

Meng Bo ingin membantu ibunya agar bisa mengkonsumsi daging lezat lagi. Sepanjang malam duduk, memikirkan bagaimana mengolah daging yang bisa dimakan oleh ibunya. Hingga suatu hari, ia melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Melihat hal itu, timbul idenya. Meng Bo langsung pergi ke dapur dan mengolah daging dengan cara yang digunakan tetangganya dalam membuat kue mochi. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil sehingga ibunya dapat memakannya dengan mudah. Kemudian ia merebus adonan itu, tercium aroma daging yang lezat. Meng Bo menyajikan bakso itu kepada ibunya. Sang ibu merasa gembira karena tidak hanya baksonya yang lezat, tapi juga mudah untuk dimakan. Meng Bo sangat senang melihat ibunya dapat makan daging lagi.

 
Cerita bakti Meng Bo cepat menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Penduduk berdatangan terus menerus untuk belajar membuat bakso yang di buat Meng Bo. Dan resep terus menyebar dari keluarga ke keluarga lain, kota ke kota lain dan bahkan sekarang di Indonesia.
Mungkin bentuk dan rasa yang dibuat Meng Bo dan kita makan sehari-hari pasti beda. Cuma sama-sama daging empuk yang dibuat bulat-bulat. Di Indonesia sendiri, bakso sudah di kembangkan resepnya jadi berbeda-beda. Dari segi warna bakso, resep daging bakso dan lain-lain yang sudah berbeda dari dulu sampai sekarang.
Untuk kali ini, Hello-Pet akan memberikan 5 resep bakso sapi yang enak dan mudah di buat, untuk anda yang penggemar bakso sapi.

 

 

 

Resep Membuat Bakso Sapi Goreng

 

Buat anda yang penggemar bakso apalagi bakso sapi, kali ini kami menyajikan bakso yang spesial untuk anda dan bakso ini juga sangat enak dan pastinya anda tidak akan kecewa. Bakso goreng sapi merupakan salah satu sajian kulier khas nusantara yang sangat enak dan elegan akan rasanya.
Bakso goreng sapi ini memang banyak peminatnya. Bakso yang bolanya digoreng terlebih dahulu baru dicampur dengan kuah dan langsung disajikan. Untuk mendapatkan bakso goreng yang spesial ini anda bisa membuatnya sendiri dan cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Dan berikut caranya membuat bakso sapi goreng.

 

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso Sapi Goreng

– saus sambal
– minyak padat untuk menggoreng
– 200 gram daging sengkel, dicincang halus
– 1 sdt baking powder
– 350 gram tepung sagu
– 125 ml air es
– 2 butir telur
– 1/2 sdt penyedap rasa
– 1 sdm minyak ayam
– 1/2 sdt merica bubuk
– 1/2 sdt garam
– 1 batang daun bawang, di iris halus
– 150 gram kulit ayam giling
– 2 siung bawang putih, dihaluskan

 

 

Cara Membuat Bakso Sapi Goreng

 

– Anda bisa campur daging,dan kulit ayam, lalu bawang putih, dan daun bawang, lalu garam, merica bubuk, dan penyedap rasa, lalu minyak ayam, dan gula pasir. Kemudian uleni rata.
– Lalu tambahkan telur dan air es. Kemudian aduk rata. Tambahkan juga tepung sagu dan baking powder. Aduk rata.
– Kemudian bentuk bulat besar lalu goreng dalam minyak panas di atas api kecil sampai matang.
– Bakso goreng sudah siap. Sajikan bakso goreng bersama sausnya.

 

 

 

 

Resep Membuat Bakso Sapi Urat

 

Cara membuat bakso sapi urat kuncinya adalah pada proses pengolahan bahan yang segar dan alami tanpa pengawet. Sajikan dengan bahan pelengkap selagi bakso masih hangat.
Tidak hanya kalangan orang dewasa yang menyukai bakso, namun juga anak-anak gemar sekali menyantap kuliner dengan bahan daging ini khususnya bakso urat. Dengan membuat bakso urat sendiri, bahan dan bumbu yang digunakan lebih higienis dan aman. Resep Bakso Urat yang enak tergantung pada bahan daging yang masih segar dengan rempah-rempah yang asli.
Anda tidak perlu khawatir akan bahan yang di gunakan dalam proses pembuatan bakso yang menggunakan pengawet yang berbahaya, atau menggunakan daging oplosan. Untuk membuat bakso sesuai dengan resep bakso urat yang enak, Anda memerlukan beberapa bahan yang segar dan alami sebagai berikut.

 

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso Sapi Urat

 

– Daging sapi yang masih memiliki urat sebanyak 200 gram, cincang kasar
– Tepung tapioka sebanyak 50 gram
– Es batu
– Bawang merah yang telah digoreng dihaluskan sebanyak 1 sdm
– Bawang putih yang telah digoreng dan dihaluskan sebanyak 1 sdm
– Garam halus sesuai selera
– Penyedap rasa sesuai selera
– Merica bubuk sesuai selera
– Air sebanyak 1 Liter
– Bawang merah yang telah digoreng dan dihaluskan sebanyak 1 sdm
– Bawang putih yang telah digoreng dan dihaluskan sebanyak 1 sdm
– Gula pasir satu sdt
– Tulang sapi untuk kaldu
– Pelengkap bakso urat
– Mie kuning yang telah direbus dan tiriskan
– Mie bihun yang telah direbus dan tiriskan
– Seledri cacah halus
– Sambal rawit
– Kecap, saus sambal dan saus tomat
– Daun bawang, iris tipis.

 

 

Cara Membuat Bakso Sapi Urat

 

– Hal yang pertama adalah membuat bakso daging. Caranya adalah dengan memasukkan daging sapi, es batu, bumbu bakso ke dalam food processor atau blender kemudian haluskan.
– Setelah halus, masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit kemudian haluskan kembali.
– Setelah adonan tercampur dengan baik, bentuk bulatan bakso dengan meletakkan adonan bakso ke dalam kepalan tangan sehingga bakso akan keluar di antara jempol dan telunjuk. Ambil adonan dengan menggunakan sendok.
– Bulatan bakso yang telah dibentuk, dimasukkan ke dalam air dan rebus hingga bakso matang dan mengapung.
– Tips dalam merebus bakso adalah memasukkan bakso dalam air yang tidak mendidih, setelah bahan adonan selesai dibentuk semua. Bulatan bakso tersebut di rebus dengan menggunakan api kecil hingga bakso matang dan mengapung. Angkat dan kemudian tiriskan.
– Cara membuat kuah bakso adalah dengan cara merebus tulang sapi dengan bumbu-bumbu kuah bakso. Rebus dengan api kecil agar semua kaldu yang berasal dari tulang dapat keluar sempurna untuk cita rasa yang lezat.

 

 

 

 

Resep Membuat Bakso Sapi Afung

 

 

Bakso sapi afung ini sangat terkenal di seluruh Indonesia karena memang bakso ini menggunakan daging sapi spesial kenyal dengan kuah halus gurih dan enak. Nah, kali ini Hello-Pet akan membagikan resep bakso yang sangat spesial ini dengan cara yang mudah sekali, ayo ikuti caranya.

 

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso Sapi Afung

 

– 1 Buah es batu
– 1 sdm garam kasar
– ¼ kg daging sapi paha dalam yang tanpa lemak
– 1000 ml Air mendidih.
– 40 gram Tepung sagu

 

 

 

Cara Membuat Bakso Sapi Afung

 

– Pertama siapkan daging sapi dan es batunya, lalu dicampur menggunakan food processor atau blender, Kalau sudah tercampur tambahkan garam dan blender lagi sampai tercampur. Jika sudah baru anda bisa menambahkan tepung sagu sampai merata.
– Nah sekarang siapkan adonan baksonya dan juga air yang sudah mendidih
– Buatlah bulatan bakso lalu celupkan ke dalam air mendidih dan biarkan sampai mengapung baksonya.
– Kalau semua sudah mengapung tinggal disajikan dengan kuah spesial atau bisa ditambahkan dengan daun bawang, dan juga saus cabai botol maupun saus pedas lainnya.

 

 

 

 

Resep Membuat Bakso Sapi Solo

 

Bakso solo adalah salah satu makanan yang terbuat dari bahan daging sapi pilihan dan dinikmati bersama kuah dan taburan bawang goreng, sehingga menghasilkan cita rasa yang enak dan nikmat. Makanan yang nikmat ini ternyata sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat seluruh Indonesia karena hampir semua daerah banyak yang menjual bakso solo yang enak ini. makanan ini bisa didapatkan di penjual bakso, gerobak dorong, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Nah, jika anda di rumah ingin mencobanya sendiri, tidak ada salahnya jika anda menyimak tentang proses pembuatannya agar kita lebih mudah untuk memasaknya. Untuk dihidangkan kepada keluarga tercinta, apalagi jika dinikmati pada musim penghujan, malam hari, ngumpul bersama teman, keluarga, kerabat atau masih banyak lagi yang lainya, pasti hari-hari lebih berwarna dan bermakna. Langsung saja, Hello-Pet akan memberikan resep ini buat anda.

 

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso Sapi Solo

 

– 1/2 kg daging sapi sengkel segar jangan dicuci, buang serat seratnya dan iris tipis-tipis
– 4 sdt garam kasar (garam grasak)
– 50 gram putih telur
– 1/2 sdt poly powder
– 1 sdt penyedap rasa
– 225 gram es serut
– 1 sdm bawang merah goreng
– 250 gram tepung sagu
– 1 siung bawang putih kita haluskan
– 1/2 sdt merica bubuk
– 50 gram bawang merah goreng, haluskan
– 25 gram bawang putih goreng, haluskan
– 75 gram garam
– 1 sdt penyedap rasa
– 1 sdm merica bubuk
– 25 gram gula pasir

 

 

Cara Membuat Bakso Sapi Solo

 

– Langkah pertama untuk membuat bakso solo adalah masukkan daging sapi dan juga garam ke dalam food processor. Kemudian giling hingga sedikit halus,
– Setelah itu masukkan poly powder, es serut, putih telur, bawang putih, penyedap rasa, bawang putih goreng, bawang merah goreng dan merica bubuk, giling lagi dengan food processor hingga halus.
– Kemudian tambahkan tepung sagu, giling hingga kalis dan lembut. Bagi adonan menjadi dua. Satu adonan untuk pentol atau bakso, adonan lainnya untuk membuat siomay, bahan isi tahu.
– Membuat pentol atau bakso : ambil satu bagian adonan daging sapi, bentuk bulat bulat dan masukkan dalam air hangat dan rebus hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

 

Bahan membuat siomay (pangsit) :
– 1 sendok teh garam
– 1 butir telur
– 1 batang daun bawang, iris iris halus
– 24 lembar kulit pangsit
– 1/4 sendok teh baking powder
– minyak untuk menggoreng
– 100 gram tepung sagu

 

Cara membuat siomay :
– Ambil satu bagian dari adonan daging, campur dengan telur, tepung sagu, garam dan daun bawang.
– Campur dengan rata semua bahan diatas, kemudian ambil satu lembar kulit pansit dan isi dengan campuran adonan daging.
– Lipat bentuk limas dan sisa dari campuran daging kedalam tahu.
– Kukus siomay hingga matang kira kira 20 menit.
– Atau juga bisa dibuat goreng, dengan menggoreng siomay hingga matang

 

 

 

 

Resep Membuat Bakso Sapi Ayam

 

 

Kenapa bakso ini disebut dengan bakso sapi ayam? Dan bagaimana rasanya ya?
Memakai daging sapi saja sudah enak, apalagi jika dicampur dengan daging ayam. Ya, pasti membuat semua orang ingin dapat segera menikmatinya. Untuk cara membuatnya, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya.

 

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso Sapi Ayam

 

Bahan Utama

 

– 300 gram daging sapi
– 500 gram daging ayam
– 200 gram tapioka
– 2 sdt garam
– 1 sdt merica bubuk
– 1 sdt gula pasir
– 300 ml es batu + air
– air secukupnya untuk merebus

 

Bahan Kuah

 

– 500 gram tulang sapi
– 4 siung bawang putih, memarkan
– daun seledri
– daun bawang
– 2 liter air
– sedikit minyak atau mentega untuk menumis
– gula dan garam dan merica secukupnya

 

 

Cara Membuat Bakso Sapi Ayam

 

 

Cara Membuat Bakso

 

– Campur dan uleni semua bahan di atas
– Panaskan air hingga akan mendidih. Bentuk bola-bola adonan di atas kemudian masukkan ke air yang sudah dipanaskan tadi. Teruskan masak dengan api kecil hingga bakso mengapung 1-2 menit.
– Angkat dan tiriskan.

 

Cara Membuat Kuah

 

– Rebus tulang dan air dengan api kecil supaya kaldu yang dihasilkan enak dan gurih (kurang lebih 1-2 jam).
– Tumis bawang putih hingga wangi kemudian masukkan ke dalam kaldu. Tambahkan ikatan daun seledri dan daun bawang
– Tambahkan gula, garam, merica sesuai selera.

 

 

 

Manfaat Bakso Sapi Bagi Kesehatan

 

Manfaat daging sapi bagi tubuh tidak hanya didapatkan jika kita mengkonsumsi daging sapi yang berkualitas dan mahal. Semua daging sapi menawarkan manfaat yang sama. Hanya saja mungkin bagi sebagian orang mengkonsumsi daging sapi yang mahal terasa lebih enak dagingnya. Daging sapi sendiri sering diolah menjadi berbagai macam olahan lezat yang menggoyang lidah. Agar menambah kenikmatan kita dalam menyantap hidangan daging sapi, tentunya akan lebih lezat jika kita juga mengetahui manfaat daging sapi. Berikut ini Hello-Pet akan membagikan manfaat yang dapat kita peroleh jika mengkonsumsi daging sapi.

 

– Membangun otot agar tumbuh lebih kencang dan kuat
– Sumber energi yang besar
– Menjaga hidup sehat untuk segala umur
– Mencegah diabetes dan Obesitas
– Mengatur berat badan
– Kesehatan kognitif (otak)
– Menyembuhkan luka
– Menjaga sistem kekebalan tubuh
– Mencegah anemia
– Meningkatkan sel darah merah
– Meningkatkan kesehatan kulit
– Mencegah stroke dan serangan jantung.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori