4 Resep Membuat Bakso Goreng Sederhana Renyah dan Gurih

Salah satu makanan ringan yang sudah terkenal di masyarakat Indonesia ialah bakso goreng. Berikut beberapa resep sederhana membuat makanan ringan bakso goreng.
0
4 Resep Membuat Bakso Goreng Sederhana Renyah dan Gurih
0 (0%) 0 votes
cara membuat bakso goreng

Salah satu makanan yang namanya sudah sangat terkenal di Indonesia yaitu bakso goreng merupakan makanan berbahan dasar bakso daging. Bakso adalah jenis bola daging yang mungkin lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso juga merupakan salah satu makanan yang paling favorit untuk masyarakat Indonesia.

 

Pada umumnya, bakso dibuat dari campuran daging sapi yang digiling dengan tapung tapioka. Kendati demikian, ada juga bakso yang terbuat dari bahan dasarnya ayam, ikan, atau udang, bahkan daging kerbau juga termasuk menjadi bahan dasar membuat bakso.

 

Baca Juga : 4 Resep : Nih, Resep Cara Membuat Bakso Tahu yang Super Lezat

 

Biasanya, bakso disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi atau semacamnya yang dicampur dengan bahan lain seperti bihun, toge, daun seledri, daun bawang dan sebagainya. Kendati demikian, ternyata bakso juga ada macamnya loh guys, kali ini Hello-PET akan membahas mengenai resep bakso yang berbeda dari bakso pada umumnya. Yang akan kita bahas kali ini ialah cara membuat bakso goreng yang umumnya bakso biasa namun disajikan dengan cara yang berbeda. Oke, langsung aja kita mencoba beberapa resep membuat bakso goreng.

 

 

 

Cara Membuat Bakso Goreng Sederhana

 

cara membuat bakso goreng
via dapoeryuyu.com

 

Bakso yang pada umumnya kita sajikan dengan menggunakan kuah dan bahan lainnya seperti bihun dan kawan-kawan, kali ini kita akan mencoba membuat bakso yang berbeda dari biasanya yaitu bakso goreng.

 

Sediakan semua bahan yang kita perlukan untuk membuat bakso goreng, yaitu 200 gr dada ayam, 200 gr ikan nila filet, 200 gr udang, 5 siung bawang putih cincang, 5 sdm tepung tapioca, 2 sdm minyak wijen, 2 sdm kecap asin, 1 sdm gula pasir, 1 sdt garam, 2 butir telor, 1 sdt baking powder, 1 sdt lada bubuk.

 

Cara pembuatannya juga tidak sulit kok, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus mencampurkan semua bahan kecuali tepung, proses dengan blender hingga halus. Selanjutnya, baru kamu boleh memasukan tepung tapioka dan aduk lagi hingga merata. Kalau sudah, sebaiknya kamu mencoba dulu apakah rasanya pas dengan apa yang kamu inginkan atau bisa saja kurang asin, nah kalau rasanya menurut kamu sudah pas, bulatkan adonan yang tadi kamu buat sampai benar-benar habis, setelah itu ambil pakai sendok lalu goreng menggunakan minyak panas dengan api sedang. Goreng sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan, kalau menurut kamu sudah matang, angkat lalu sajikan menggunakan saus kalau kamu suka.

 

Baca Juga : 4 Resep Olahan Ikan Patin Super Enak

 

 

 

 

Resep Praktis Bakso Goreng Ayam Udang

 

cara membuat bakso goreng
via resepmasakanindonesia.me

 

Untuk resep selanjutnya, kamu bisa mencoba membuat bakso yang berbeda dari bakso yang biasanya disajikan menggunakan kuah kaldu sapi, bihun dan lain sebagainya. Sekarang, kamu bisa mencoba membuat bakso goreng dengan bahan ayam dan udang.

 

Untuk membuat resep yang satu ini, kamu harus menyediakan bahan bahan yang diperlukan seperti 250 gr ayam giling, 250 gr udang kupas yang sudah kamu bersihkan, 4 sdm sagu, garam dan lada secukupnya saja. Kalau sudah, kita lanjut ke tahap pembuatannya.

 

Untuk pembuatan bakso goreng ayam udang ini sama seperti membuat bakso goreng sederhana, langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah mencampurkan semua bahan kecuali sagu lalu kamu aduk hingga merata. Kamu bisa mencampurkannya menggunakan blender agar cepat halus. Kalau sudah halus, langkah selanjutnya ialah kamu harus memasukkan sagu yang sudah kamu sediakan tadi, aduk lagi hingga benar benar merata. Kamu boleh menyicipi rasa sesuai dengan selera kamu. Kalau sudah, bulatkan semua adonan yang sudah jadi tadi hingga benar benar habis. Selanjutnya, kamu bisa langsung menggorengnya menggunakan minyak panas dengan api sedang. Masak hingga bakso goreng yang sudah kamu buat tadi berubah warna menjadi kecoklatan. Jika kamu rasa sudah matang, kamu bisa langsung angkat kemudian sajikan  menggunakan saus atau mayones untuk menambah kenikmatan rasanya.

 

Baca Juga : 7 Resep Ayam Goreng Tepung Enak Dan Mudah

 

 

 

 

Resep Membuat Bakso Goreng Ayam

 

cara membuat bakso goreng
via resepmasakanindonesia.me

 

Kalau tadi kamu bisa mencoba membuat bakso goreng ayam udang dan juga bakso goreng sederhana, resep selanjutnya kamu juga bisa membuat bakso goreng ayam. Mungkin kamu tidak suka udang jadi kamu lebih memilih membuat bakso goreng ayam.

 

Oke, sebelum membuat bakso goreng ayam, kamu harus menyediakan bahan bahan yang diperlukan. Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat bakso goreng ayam ini ialah 250 gr ayam giling, 1 sdm minyak wijen, 5 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, 4 siung bawang merah dihaluskan juga, 2 butir telur, 150 gr sagu, ½ sdt baking powder.

 

Kalau kamu sudah menyiapkan seluruh bahan bahan yang diperlukan untuk membuat bakso goreng ayam ini, langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah campurkan ayam giling, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, telur, garam, lada, minyak wijen dalam satu wadah lalu aduk hingga merata. Untuk mengaduknya, kamu bisa menggunakan blender agar lebih praktis atau kamu juga bisa menggunakan kedua tangan kamu sendiri dengan menggunakan teknik diulen. Kalau semuanya sudah teraduk hingga rata, tambahkan baking powder lalu aduk menggunakan sendok hingga merata. Selanjutnya, tambahkan juga sagu secara bertahap, aduk hingga merata. Kemudian, kamu bisa membulatkan semua adonan yang sudah kamu buat tadi sampai habis. Kalau sudah, goreng menggunakan minyak panas dengan api sedang sampai warna adonan kamu berubah menjadi kecoklatan. Angkat lalu sajikan dengan bumbu penyedap seperti saus atau sebagainya.

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Nugget Ayam Enak Di Rumah

 

 

 

 

Cara Membuat Bakso Goreng Ikan Praktis

 

cara membuat bakso goreng
via news.babe.co.id

 

Selain ayam dan udang, kamu juga bisa membuat bakso goreng menggunakan bahan dasar ikan. Sediakan bahan bahan yang diperlukan seperti 250 gr ikan tenggiri, 100 gr tepung sagu, 30 gr tepung terigu, 120 ml air es, 1 batang daun bawang, 2 siung bawang putih, 3 sdt garam, 1 sdt lada, 1sdt kaldu ayam bubuk, minyak goreng secukupnya.

 

Nah, kalau kamu sudah menyediakan semua bahan yang diperlukan, kita lanjut ke tahap pembuatannya. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat bakso goreng ikan ini cukup mudah. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah campurkan semua bahan menjadi satu, untuk mencampurkannya kamu bisa menggunakan blender agar lebih praktis atau tangan menggunakan teknik diulen, aduk hingga semua bahan tersebut tercampur rata. Sebelum kamu bulatkan, sebaiknya kamu cicipi sedikit dulu untuk mengecek apakah rasanya sudah sesuai dengan selera kamu atau belum. Kalau sudah, kamu bisa langsung membulatkan semua adonan yang sudah kamu buat tadi sampai benar benar habis. Kemudian kamu bisa lanjut menggoreng semuanya menggunakan minyak panas dengan api sedang sampai warna dari adonan yang sudah kamu buat tadi berubah menjadi kecoklatan. Kalau sudah matang, angkat lalu sajkan.

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Bubur Ayam Enak

 

Itulah beberapa resep sederhana untuk membuat bakso dengan sajian berbeda yaitu bakso goreng. Kalau kamu suka, silakan dicoba.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori