4 Resep Praktis Membuat Bakso Ayam

Salah satu masakan Indonesia yang populer adalah bakso. Tahukah kamu ada bakso berbahan dasar daging ayam? Berikut resep bakso ayam pilihan Hello-PET.
0
4 Resep Praktis Membuat Bakso Ayam
0 (0%) 0 votes
cara membuat bakso ayam

Salah satu makanan yang sudah tak jarang kita temukan di Indonesia ialah makanan dengan bahan dasar daging giling yang dibulatkan yang tak lain namanya adalah Bakso. Makanan tersebut memang sudah tersebar luas di wilayah Indonesia. Tak sedikit orang Indonesia yang menyukai bakso, bahkan orang luar negripun banyak yang menyukai salah satu makanan khas Indonesia tersebut.

 

 

Tapi, apakah kamu ketahui kalau sebenarnya bakso dibuat bukan hanya menggunakan bahan dasar daging sapi saja, melainkan bakso dibuat juga dengan menggunakan bahan dasar daging ayam yang dimana pastinya memiliki rasa yang berbeda dari bakso yang dibuat dari daging sapi. Apa kamu pernah mencoba bakso yang dibuat dengan bahan dasar daging ayam, guys?

 

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Kuah Bakso Enak dan Gurih

 

 

Untuk itu, kali ini hello-pet bakalan ngebahas mengenai cara membuat bakso ayam yang sederhana namun pastinya memiliki rasa yang begitu nikmat sekali. Dengan beberapa resep yang akan kita bahas ini, kamu bisa mencoba membuat salah satunya yang pasti gampang untuk dibuat. Langsung aja yuk kita bahas beberapa resep membuat bakso ayam.

 

 

 

 

Resep Membuat Bakso Ayam Sederhana

 

cara membuat bakso ayam
via resepdanmasakan.com

 

Yang pertama, kita akan mencoba membuat bakso ayam sederhana. Kita membutuhkan beberapa bahan yang sederhana namun kualitas dari resep ini sangat meyakinkan. Selain sehat untuk dikonsumsi, bakso ayam juga bisa kamu jadikan hidangan utama untuk makan siang atau makan malam.

 

 

Sebelum membuat bakso ayam sederhana ini, sediakan semua bahan yang kita perlukan, yaitu 300 gr ayam giling, 100 gr tepung kanji atau tepung tapioca, 4 sung bawang putih yang harus kamu ulek, ½ sdt baking powder, ½ sdt lada bubuk, 1 sdt garam, daun seledri kalau kamu suka atau tambahan sesuai selera saja, dan 1 butir putih telur.

 

 

Selanjutnya, kalau kamu sudah menyediakan bahan bahan tersebut, kita lanjut ke tahap pembuatannya. Cara membuat bakso ayam ini juga sangat sederhana kok. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah campur semua bahan menggunakan sendok atau kamu juga bisa menggunakan tangan kamu sendiri dan aduk hingga semuanya merata, beri sedikit air supaya adonan yang akan kamu buat tidak terlalu kental. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan kalau kamu sudah mencampur semua bahan tersebut ialah didihkan air sampai benar benar mendidih, lalu bentuk adonan yang sudah kamu buat tadi menjadi bulat bulat seperti bakso dengan menggunakan dua sendok atau kamu juga bisa menggunakan tangan kamu sendiri, kemudian direbus kurang lebih sekitar 30 menit. Kalau kamu merasa bakso sudah matang , kamu bisa langsung angkat dan sajikan.

 

 

Baca Juga : 4 Resep : Nih, Resep Cara Membuat Bakso Tahu Super Lezat

 

 

 

 

 

Resep Praktis Bakso Ayam Jamur

 

cara membuat bakso ayam
via resepdian.com

 

Selain membuat bakso ayam sederhana, kamu juga bisa menambahkan bahan dasar yang lainnya seperti jamur. Resep kedua yang akan kita coba adalah membuat bakso ayam jamur. Kita akan menambahkan bahan dasar jamur ke dalam adonan bakso.

 

 

 

Sediakan semua bahan yang kita butuhkan untuk membuat bakso ayam jamur seperti 500 gr ayam giling, 800 gr jamur tiram putih yang harus kamu rebus lalu diperas dan diblender hingga kasar, 2 butir putih telur, 250 gr tepung sagu, 1 gelas kecil es batu halus, 1 sdt baking powder, 1 sdt gula pasir, 1 sdt garam, bumbu penyedap rasa ayam sesuai selera kamu. Untuk bumbu halusnya sediakan 4 siung bawang putih, bawang merah, dan 1 sdt merica bubuk yang harus kamu iris, goreng dan haluskan.

 

 

Nah, kalau kamu sudah menyediakan bahan-bahan tersebut, kita lanjut ke tahap pembuatannya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencampur daging ayam giling, jamur giling dan bumbu halus sampai semuanya merata, setelah itu masukan gula, baking powder, garam dan juga bumbu penyedap rasa ayam, aduk lagi hingga semuanya merata. Setelah itu, masukan putih telur dan es batu, kamu bisa mencoba adonan yang kamu buat, kalau kamu rasa masih kurang, kamu bisa menambahkan bumbu lainnya. Aduk hingga merata, jangan terlalu encer dan jangan terlalu kering supaya kamu mudah membentuk adonannya. Kalau kamu sudah membuat adonanya, kamu bisa membentuk adonan tersebut menjadi bulat bulat lalu kamu rebus menggunakan air yang sangat mendidih. Setelah direbus sekitar 30 menit, angkat dan sajikan.

 

Baca Juga : 5 Resep Bakso Sapi Enak Dan Mudah Dibuat

 

 

 

 

Resep Praktis Dan Lezat Bakso Ayam Isi Telur Puyuh

 

cara membuat bakso ayam
via masakenak.com

 

Untuk resep selanjutnya, kita akan mencoba membuat bakso ayam dengan isi telur puyuh yang berbeda dengan bakso ayam lainnya karena kita akan membuat bakso ayamnya berisi telur puyuh.

 

 

Sebelum membuat, sediakan beberapa bahan yang kita perlukan yaitu 500 gr filet ayam, 3 sdm tepung maizena, 100 ml air es, 1 sdm kecap asin, ½ bp baking powder, ½ sdt merica bubuk, ½ sdm minyak goreng, ½ sdm gula pasir, 25 butir telur puyuh.

 

 

Kalau kamu sudah menyediakan semuanya, kita lanjut ke tahap pembuatannya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah giling daging ayam menggunakan food processor atau blender untuk daging sampai halus, setelah halus, tambahkan sedikit demi sedikit air es menggunakan sendok ke dalam gilingan sampai terjadi penggumpalan. Setelah itu, campurkan kecap asin, garam, gula, merica, baking powder, minyak dan tepung maizena, aduk hingga merata. Masukkan campuran yang sudah kamu campur tadi ke dalam gilingan daging, aduk terus hingga tercampur dengan sempurna hingga di dapat gumpalan yang elastis dan kenyal, agar dapat adonan yang kenyal dan elastis dilakukan dengan cara membanting banting. Tutup adonan dengan plastik dan masukan freezer sekitar 25 menitan.

 

 

Kalau sudah, keluarkan adonan bakso kamu dan isi dengan menggunakan telur puyuh tutupi dengan adonan dan bentuk bulat bulat, lakukan langkah tersebut sampai adonan kamu habis. Kalau sudah, kamu bisa langsung merebusnya menggunakan air yang sangat mendidih sampai mengapung yang artinya sudah matang, sajikan.

 

 

Baca Juga : 7 Resep Ayam Goreng Tepung Enak Dan Mudah

 

 

 

Cara Membuat Bakso Ayam Wortel Di Rumah

 

cara membuat bakso ayam
via bacaresep.com

 

Selanjutnya, kita akan membuat bakso ayam dengan bahan dasar campuran sayuran yaitu wortel. Dengan menambahkan wortel pastinya buat kamu yang sangat amat menyukai wortel akan suka dengan bakso ayam yang satu ini. Sediakan bahan-bahan yang diperlukan seperti 200 gr ayam filet, 1 batang wortel, 2 sdm tepung tapioka, 1 sdm bawang putih dan bawang merah goreng, ½ sdt pala bubuk, 1 sdt kaldu ayam, 1 sdt garam dan gula, 1 butir telur ayam.

 

 

Nah, kalau kamu sudah menyediakan semua bahan tersebut, kita bisa lanjut ke tahap pembuatannya, membuat resep ini juga sangat sederhana. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah campurkan semua bahan yang sudah kamu sediakan tadi menggunakan tangan kamu sendiri (jangan lupa gunakan alas plastik )atau kamu juga bisa menggunakan blender. Gunakan es batu kalau filet ayam kamu tidak dingin, blender semuanya hingga merata. Kalau sudah, kamu bisa membulatkan adonan yang tadi kamu buat, bulatkan sampai adonan semuanya habis. Kalau semuanya sudah bulat, kamu bisa langsung merebusnya menggunakan air yang sangat mendidih sampai mengapung yang artinya sudah matang, sajikan.

 

Baca Juga : Nih, Cara Mudah Membuat Ayam Masak Kicap Untuk Ibu-Ibu di Rumah

 

 

Itulah beberapa resep membuat bakso ayam dengan berbagai campuran bahan dasar. Selamat mencoba. Semoga acara makan siang atau makan malamnya lebih meriah, ya!

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori