Ratusan Mahasiswa Orasi Teatrikal Pembunuhan Salim Kancil

0
Ratusan Mahasiswa Orasi Teatrikal Pembunuhan Salim Kancil
0 (0%) 0 votes
h (1)

Pada hari Rabu, 30 September 2015, puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Solidaritas Salim Kancir menggelar aksinya di Alun-alun Bangil, Kabupaten Pasuruan. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan moral kepada korban tewas karena menentang penambang pasir di Lumajang. Selain orasi, aktivis ini juga melakukan tabur bunga di ruas jalan Pantura.

Karena keprihatinan atas terjadinya pelanggaran HAM, mereka juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan rasa simpatinya diatas kain putih sepanjang 5 meter. Para aktivis ini juga mengancam tindakan penganiayaan yang berujung kematian sang petani. Mereka terus mendesak agar aparat kepolisian mengusut tuntas kasus ini.

“Di Kabupaten Pasuruan juga berpotensi adanya pengalihan fungsi lahan untuk kegiatan pertambangan dan industri. Kerusakan lingkungan dikawasan pegunungan dan pencemaran lingkungan terjadi dimana-mana,”

teatrikal salim kancil
Source: http://daerah.sindonews.com/read/1049368/23/mahasiswa-gelar-aksi-teaterikal-salim-kancil-1443619393

Menurut mereka, lemahnya pengawasan pemerintah dalam kegiatan illegal terbukti telah menyengsarakan masyarakat. Paraktik illegal tak jarang menimbulkan sesuatu yang buruk dan berujung pada pelanggaran HAM.

Karena itulah Komnas HAM harus seger turun untuk melakukan investigasi atas adanya pelanggaran HAM.

“Kami mendesak Gubernur Jatim untuk menutup praktik penambangan pasir ilegal di Jatim,”

Mereka juga mendesak pemerintah agar segera mencabut izin pertambangan yang melanggar aturan agar tidak terjadi lagi pelanggaran lainnya yang dapat menyengsarakan masyarakat.

Semoga, almarhum di tempatkan di sisi terbaik ya!

Sumber: http://daerah.sindonews.com/read/1049368/23/mahasiswa-gelar-aksi-teaterikal-salim-kancil-1443619393

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori