Pihak PVMBG Akan Lakukan Perekaman Data Terlengkap Pertama Gunung Agung!

Kondisi Gunung Agung yang sampai saat ini masih menunjukkan peningkatan rupanya membuat pihak PVMBG tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk mencatat data-data..
0
Pihak PVMBG Akan Lakukan Perekaman Data Terlengkap Pertama Gunung Agung!
0 (0%) 0 votes
gunung agung

Kondisi Gunung Agung yang terus menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik sejak 22 September 2017 silam rupanya membuat pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi berinisiatif untuk melakukan perekaman data. Sebagai tambahan informasi, rupanya pihak PVMBG sendiri tidak memiliki data lengkap mengenai meletusnya Gunung Agung yang sempat meletus pada tahun 1963 silam. Tidak heran jika peningkatan aktivitas Gunung Agung saat ini digunakan untuk mengetahui lebih mendalam lagi mengenai seluk beluk dan karakteristik dari gunung tertinggi yang ada di Pulau Bali.

 

Kabar satu ini juga telahdikonfirmasi oleh Kasbani selaku Kepala PVMBG yang berada di Pos Pengamatan Gunung Agung. Tidak hanya itu saja, Kasbani bahkan menyebut jika perekaman data kali ini merupakan perekaman data terlengkap pertama terkait aktivitas Gunung Agung. Apalagi, pada saat memuntahkan isi perutnya di tahun 1963 silam, pihaknya hanya memiliki data seismi, foto dan sejumlag video saja. Kasbani juga menjelaskan jika terkait peristiwa meletusnya Gunung Agung di tahun 1963 silam tidak dilengkapi dengan data deformasi serta luasan wilayah terdampak.

 

Kasbani sendiri menuturkan jika pihak PVMBG telah memasang alat deformasi sejak hari Minggu, 24 September 2014. Tidak heran jika aktivitas gunung yang kerap menjadik jujukan para pendaki ini terus terpantau. Bahkan, belakangan diketahui jika magma yang ada di dalam masih terus naik emncari jalan keluar. Hal tersebut juga ditandai dengan keluarnya asap putih yang muncul di bibir dan sekitar area kawah.

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori