Sandara Park (2NE1)

Index / Profil / Berita
_wp_attached_file source image  : www.beranda.co.id

Sandara Park (bahasa Korea: 박산다라, lahir 12 November 1984; umur 31 tahun), lebih dikenal sebagai Dara(bahasa Korea: 다라), adalah penyanyi, aktris, penari dan peragawati Korea Selatan. Dia terkenal sebagai anggota dan direktur komunikasi dari girl band Korea 2NE1. Namun, dia pertama kali mendapat popularitas yang besar saat tampil pada Star Circle Quest di ABS-CBN selama ia tinggal di Filipina. Saudaranya, Park Sang-Hyun, lebih dikenal sebagai Cheondung, adalah anggota boy band MBLAQ di bawah naungan J. Tune Entertainment, anak perusahaan JYP Entertainment. Dara merilis singel digital pertamanya "Kiss" pada tahun 2009. Lagu tersebut termasuk sebagai lagu ke-9 dalam album studio pertama 2NE1, To Anyone tahun 2010.

Setelah selesai kegiatan, dia kembali ke rumah kelahirannya pada tahun 2007 dan menandatangani kontrak dengan perusahaan hiburan Korea Selatan, YG Entertainment dengan niat awal untuk melanjutkan karirnya sebagai aktris. Sebaliknya, ia menjadi anggota dari kelompok gadis Korea Selatan 2NE1 dan debut sebagai 'lunak vokal dan visual kuartet. Kelompok ini diperkirakan telah terjual lebih dari 65 juta single digital di seluruh dunia dan merupakan penjualan terbaik gadis-kelompok digital di Korea Selatan. Mereka adalah satu-satunya kelompok yang memenangkan semua Grand Hadiah di MAMA Awards dan terikat dengan EXO untuk memiliki kedua yang paling Daesang di acara penghargaan tersebut. Pada tahun 2009, dia merilis single digital pertama "Kiss" di Korea Selatan dan itu termasuk sebagai 9 lagu di album studio pertama 2NE1 To Anyone pada tahun 2010.
Setelah bekarir dari 2NE1 pada akhir 2014, Taman masuk kembali adegan bertindak dan mengambil bagian dalam tren yang berkembang dari web-drama, membintangi back-to-back drama Dr. Ian, Kami Broke Up, dan Missing You semua pada tahun 2015. Dia memenangkan 'Aktris Terbaik' penghargaan di festival K-gelombang untuk perannya sebagai pemalu Lee So Dam di Dr Ian. Dia saat ini bekerja sebagai host tetap pada Sugar Man. Adiknya, Park Sang-Hyun, yang lebih dikenal sebagai Cheondung, adalah mantan anggota boy band MBLAQ