Lay EXO

Index / Profil / Berita
_wp_attached_file

Source Image : oketekno.com


Lay (lahir 7 Oktober 1991), adalah seorang penyanyi, aktor, dan penari Cina. Dia adalah anggota dan salah satu penari utama dari boy group Korea-China Selatan EXO dan sub unit EXO-M. Ia pertama kali dikenal setelah berpartisipasi dalam bakat TV Cina menunjukkan Star Academy pada tahun 2005.  Pada bulan Januari 2015, Lay menduduki peringkat 5 pada "2014 Top 10 Selebriti Paling populer" daftar Baidu. Pada bulan September 2015, ia merilis otobiografinya berjudul Standing Firm pada 24, yang memecahkan beberapa rekor buku online.


Lay lahir di Changsha, Hunan, Cina pada 7 Oktober, 1991.  Pada tahun 2000, pada usia 9 tahun, ia ikut serta dalam acara TV Cina sebagai anggota klub penggemar dari aktor dan penyanyi Jimmy Lin, memberinya kontak pertama dengan industri hiburan.  Lay memulai karirnya sebagai bintang anak lokal di provinsi Hunan, setelah memenangkan tempat ketiga dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh TV populer menunjukkan star Academy pada tahun 2005. Dia juga muncul dalam sebuah episode dari Ce Yue Yue Xin Kai dan variety show Liu Na, Na ke Bu Yi yang antara tahun 2005 dan 2006. Pada bulan April 2006, ia mengikuti audisi untuk membintangi serial The Duke of Mount Deer disutradarai oleh Zhang Jizhong . Meskipun di antara finalis dia tidak memenangkan peran. Pada tahun 2008, Lay bergabung S.M. Entertainment setelah audisi sukses dengan sistem pengecoran global perusahaan di Changsha. Pada saat audisi, ia berusia 16 tahun dan sedang belajar untuk ujian masuk perguruan tinggi. Pada tahun 2011, sebelum memulai debutnya dengan EXO, ia sempat bekerja dengan SHINee selama tur konser mereka sebagai pengganti tari Jonghyun.


Lay secara resmi diperkenalkan sebagai anggota EXO pada 17 Januari 2012. Kelompok pertama tunggal, "What Is Love" dirilis pada tanggal 30 Januari [10] Single kedua mereka, berjudul "History", dirilis pada Maret 9 tahun itu. Pada tanggal 31 Maret 2012, EXO menggelar showcase perdana di Stadion Olimpiade Seoul, seratus hari setelah rilis trailer pertama untuk debut pada 21 Desember 2011. Kelompok ini mengadakan konferensi pers dan menunjukkan penampilan mereka di Aula besar dari University of International Business and Economics di Beijing, Cina pada 1 April 2012. Pada bulan Desember 2012, Lay, bersama dengan Kai, Yunho, Eunhyuk, Donghae, Minho dan Taemin, membentuk kelompok tari, SM Kinerja. Kelompok ini pertama kali muncul di acara SBS Gayo Daejeon pada tanggal 29 Desember, dengan merilis single "Spectrum" pada hari berikutnya.


Pada bulan Desember tahun 2013, S.M. Entertainment merilis video tarian dari proyek SM Rookies yang menampilkan musik latar disusun oleh Lay. Ia juga menulis dan membawakan lagu "Alone" (Satu Orang) untuk soundtrack Ex Files 2:. The Strikes Backup Kembali, yang mencapai No 1 di Chart Baidu Music . Lay merilis lagu "Happy Youth" di november 2015 untuk soundtrack Oh My God, yang berada di urutan 8 di Billboard Chart V.


Pada tanggal 18 Maret, 2015, Lay mengumumkan partisipasinya dalam film "Oh My God", yang diproduksi oleh Zhang Ziyi, yang dirilis pada 4 Desember tahun itu. Pada bulan April 2015, siaran pers yang dibuat oleh SM Entertainment mengumumkan bahwa badan tersebut telah menciptakan sebuah studio pribadi untuk Lay. Studio didirikan dan terdaftar dengan nama "Lay Studio" pada tanggal 31 Maret 2015, untuk membantu Lay dalam kegiatan Cinanya. Juga pada bulan April, Lay bermain bersama anggota EXO lainnya di web-series EXO Next Door yang dibintangi aktris Moon Ga-young. Pada tanggal 18 Agustus, itu menegaskan bahwa Lay akan muncul dalam serial televisi Menjadi Manusia yang Lebih baik. Pada tanggal 17 September, ia merilis edisi terbatas otobiografinya , berjudul Standing Firm pada 24, untuk pre-order. Edisi standar dari buku itu dirilis pada 7 Oktober 2015. Buku ini memecahkan beberapa catatan online dengan menjual 68.537 kopi di pertama 24 menit dari pre-sales. Rata-rata, ada 50 eksemplar terjual per detik. Pada bulan September 2015, Lay dikonfirmasi untuk berpartisipasi dalam film Kung Fu Yoga, yang dibintangi Jackie Chan dan disutradarai oleh Stanley Tong. Pada bulan Oktober 2015, ia dipilih untuk . bintang dalam film Unexpected Love, bersama F (x) anggota dan sesama artis SM Krystal Jung. Dia kemudian memainkan peran Lee Xiang Dia dalam film Ex Files 2: The Strikes Backup Kembali, yang dirilis pada tanggal 6 November, 2015.