Kim Joong Kook

Index / Profil / Berita
_wp_attached_file

Source Image: www.wowkeren.com


Kim Jong Kook, lahir 25 April 1976. Ia adalah seorang penyanyi Korea Selatan. Dia awalnya bagian dari duo Korea yang  bernama Turbo. Tapi ia kemudian memutuskan mengejar karir yang sukses sebagai artis solo. Selain sebagai penerima 3 Daesang Award Winner Singer, ia juga merupakan peserta aktif dalam berbagai acara seperti pria-X dan Family Outing (sejak episode 19). Saat ini, ia adalah anggota pemain di variety show, Running Man. Ia juga dikenal untuk host di sebuah program dokumenter yang disebut Runaway Crisis No.1.


Kim Jong Kook pertama kali memasuki industri musik Korea pada tahun 1995 sebagai anggota dari duo, Turbo, yang menjadi sangat populer untuk musik catchy mereka. Setelah duo dibubarkan beberapa tahun kemudian, ia menjadi penyanyi solo pada tahun 2001, sebagian besar berkonsentrasi pada balada. Meskipun nada yang sangat tinggi suaranya sering bercanda tentang (dengan banyak bintang bercanda menyebutnya sebagai "suara nyamuk"), ia memiliki banyak hit single dan juga telah sering menjadi tamu di banyak variety show, terutama X-Man. Selain itu, tubuh berotot sering dianggap salah satu yang terbaik di K-pop.
Kim Jong-kook telah menetapkan kembali setelah Turbo saat ia menghadapi kesulitan menetap sebagai artis solo. Masalah seperti kurangnya lagu dari komposer, dukungan kurang dari agen dihormati dan juga perubahan selera dalam penggemar disebabkan album pertamanya sebagai artis solo untuk gagal. Namun ia membuat comeback besar dengan album kedua (Evolution). Salah satu lagu di album solo kedua yang disebut Han Nam Ja (One Man) adalah alasan untuk semua kesuksesannya. Lagu ini menjadi lagu khasnya dan meninggalkan kesan yang sangat mendalam pada pendengar. Selain itu, rumor antara dia dan Yoon Eun Hye meraih banyak perhatian. Rumor ini dimulai ketika keduanya anggota tetap variety show terkenal yang disebut X-Man. Rumor ini benar-benar membawa mereka dekat dan mereka mulai bertindak seperti pasangan di X-Man.


Pada tahun 2005, yang merupakan tahun kesepuluh di Korean Entertainment Industry, Kim Jong Kook menjadi salah satu seniman Korea yang paling populer saat album ketiganya terjual lebih dari 300.000 eksemplar, membuatnya menjadi salah satu terlaris album tahun ini di Korea. Dia capped off tahun itu dengan menyapu Daesang (Artis Terbaik dari Tahun) dari semua 3 stasiun TV utama Korea, SBS, KBS dan MBC. Dalam melakukannya, ia menjadi artis kedua yang pernah mencapai prestasi ini sejak Cho Yong-Pil pada 1980-an. Lead single dari album, "Lovable", menduduki puncak tangga lagu banyak. Hal itu juga termasuk dalam Pump It Up dan Audition Online. Selain itu, lagu-lagu lain seperti "Berjalan dalam Satu Spot" dan "Star, Angin, Sunshine dan Cinta" juga menduduki puncak tangga lagu banyak juga.


Pada tanggal 21 Januari 2006, Kim Jong-kook, Jeon Hye-bin, dan Im Tae Kyung berpartisipasi dalam Thuy Nga Paris by Night 81 konser Vietnam di California. Selama konser, Kim Jong-kook dilakukan salah satu lagunya dari album ketiga yang berjudul "For Man Her".


Kim Jong Kook menjadi pemimpin dari seri pertama Shootdori. Shootdori adalah acara di mana anak-anak yang tertarik dalam sepak bola mengikuti tes (melihat apakah mereka memiliki pengetahuan dasar dan terlibat dalam pertandingan sepak bola) dan dipilih oleh tim produksi untuk terlibat dalam tim. Kim Jong-kook berpikir bahwa acara tidak akan berhasil karena pertandingan pertama mereka yang mereka kalah 21 ke 0. Tapi tim Shootdori berlatih keras dan menjadi tim yang lebih baik dan telah mendapat banyak cinta dari pemirsa. Namun, Kim Jong-kook harus meninggalkan tim karena layanan wajib militer tiba-tiba. Dia menulis dan menyanyikan sebuah lagu untuk tim Shootdori di album ke-4 nya 'Volume 4 - Surat Keempat Kim Jong-kook itu', yang disebut 'Menuju A Dream'. Pada hari sebelum ia meminta, ia menghabiskan waktunya dengan anak-anak Shootdori dan mengatakan kepada mereka bahwa ia tidak akan lagi dapat melihat mereka untuk sementara waktu. Dia sangat terpukul karena ia ingin mengakhiri musim dengan anak-anak tetapi harus meninggalkan anak-anak dan acara. Kim Jong Kook bahkan meneteskan air mata penawaran selamat tinggal melalui wawancara. Setelah ia kembali dari dinas militer, ia melanjutkan acara 'Immortal KBS2TV Musik Klasik' dan tim produksi telah mengumpulkan semua Season 1 anggota Shootdori dan memiliki reuni dengan Kim Jong-kook. Ketika ia melihat anak-anak, ia meneteskan air matanya, dan mereka menyanyikan lagu favorit mereka 'Lovable' oleh Kim Jong-kook bersama.


Pada Maret 2006, Kim Jong-kook menerima layanan militer surat pendaftaran wajib nya di puncak popularitas dan karir. Kim Jong-kook juga merilis album keempatnya sekitar waktu itu. Karena ia tidak dapat langsung mempromosikannya sementara di militer, ia menggunakan metode yang tidak lazim. Untuk mematuhi hukum Korea, video musik ditembak sehingga wajahnya tidak akan pernah terlihat di layar. Dia meminta Yoon Eun-hye, yang ia terkenal memiliki cinta-line dengan, untuk membintangi video musik. Meskipun belum ada promosi langsung, album keempatnya telah terjual lebih dari 100.000 eksemplar.


Selepas wajib militer, Kim Jong Kook juga kembali ke televisi, menjadi anggota tetap variety show Family Outing, bagian dari SBS Good Sunday lineup yang membuatnya mendapatkan banyak popularitas, terutama dengan skandal cinta antara Lee Hyori dan Park Ye-jin. Kim Jong-kook yang Hoolala CF dengan Kim Sooro dirilis pada Juli 2009. Dia juga berpose untuk iklan pakaian banyak. Album keenamnya dirilis pada 27 Januari, dan preview dari album ini dirilis dengan lagu "Do not Be Good to Me." Namun judul lagu untuk album berjudul "Ini adalah Person". Video musik untuk lagu termasuk Park Ye-jin yang terkenal dengan "Family Outing Scandal" antara Kim Jong-kook, Lee Hyori dan Park Ye-jin. Album keenamnya yang berjudul "The Eleventh Story" karena dalam karir musiknya, ia sejauh ini merilis 11 album. Ini termasuk 3 MV. Sekarang, dia biasa di SBS Running Man.