Glenn Fredly

Index / Profil / Berita / Lirik
_wp_attached_file


Glenn Fredly Deviano Latuihamallo, lahir di Ambon, Maluku, pada tanggal 30 September 1975. Anak pertama dari lima bersaudara ini dikenal sebagai penyanyi yang pada Anugerah Musik Indonesia 2001 (AMI) pernah meraih penghargaan kategori lagu terbaik dan penyanyi pria terbaik untuk lagu musik R&B.

Glenn menikah dengan penyanyi Dewi Sandra, yang juga mantan istri aktor Surya Saputra pada 3 April 2006. Pernikahan mereka berlangsung secara tertutup di Bali, tak lama setelah Dewi dan Surya bercerai, sehingga mengundang anggapan bahwa mereka telah menjalin hubungan sejak Dewi masih menjadi istri Surya Saputra. Namun hal ini kemudian dibantah keduanya.

Ibunya, Linda Mirna Siahaya seorang ibu rumah tanga, sementara ayahnya, Henkie David Latuihamallo merupakan seorang pegawai Pertamina. Ia mempunyai tiga adik perempuan dan satu adik laki-laki. Jarak lahir antara Glenn, Yuiza Emelda, Hedlin Greliana, Mozez Gustav Raymond dan Benina Febria, masing-masing 2 tahun.  Orang tuanya tidak termasuk orang yang berkecukupan, apalagi kaya. Bisa dibilang, Ia berasal dari keluarga menengah ke bawah, dengan kondisi keluarga seperti itu, ia belajar untuk hidup mandiri.
Dulu, semasa kecil, Glenn tinggal di rumah kakeknya, opa Gustaf Siahaya dan nenek, Oma Emma Tupan yang cukup besar di tengah perkampungan, di Jl. Nangka, Jakarta Selatan. Ayah dan ibunya puna tinggal di sana. Mungkin hal itu membuat dirinya sangat dekat dengan Opa dan Omanya.
Opanya mahir di bidang seni suara dan menyukai musik, tak heran beliau juga pengajar paduan suara gereja. Meski pekerjaan sehari-hari beliau adalah pegawai negeri, tapi di sela-sela waktu kosong, Opa mengajar paduan suara di rumah sekaligus mengajari Glenn menyanyi.
Sejak kecil Glenn sudah terbiasa melihat dan mendengar orang menyanyi di rumah kakeknya, yang sering dipakai sebagai tempat latihan paduan suara dan vokal grup. Biasanya teman-teman sang ayah dan juga teman-teman tantenya, serta adik dari ibunya sering berlatih di rumah sang kakek. Semua itu meresap kuat dalam tubuhnya dan ikut membentuk jiwa seni dalam diri Glenn sejak kecil.

Awal kariernya bermula saat dia menjadi vokalis "Funk Section". Pada tahun 1995 (setahun setelah ia lulus SMA pada tahun 1994) Funk Section meluncurkan sebuah album eksklusif yang dikemas secara apik.  Tiga tahun kemudian, Glenn bernyanyi solo dan meluncurkan sebuah album yang bertajuk GLENN dengan bermodalkan 8 buah lagu. Dalam album ini terdapat 3 buah lagu yang sering dinyanyikan Glenn yaitu "Kau" dan "Cukup Sudah" serta "MOBIL MAMA" yang menjadi hits di Malaysia.
Album kedua diluncurkan pada tahun 2000 dengan judul KEMBALI. Dalam album ini terdapat beberapa hits seperti "Salam Bagi Sahabat" dan "Kasih Putih". Seperti album perdananya, album ini masih bernaung di bawah Sony Music Indonesia dengan produser Aminoto Kosin. Album ini pun bernasib sama seperti album sebelumnya, meskipun cukup dikenal, namun kedua album Glenn ini belum memenuhi keinginan major label baik itu dari segi popularitas maupun penjualan.

Kecintaannya pada tanah kelahirannya juga dibuktikan dengan keterlibatannya pada proyek E.F.A (Everyone For Ambon) terkait dengan bencana banjir dan longsor di Ambon yang tidak terekspos pada Juli 2012 lalu. Bersama 22 musisi lainnya, Glenn menyanyikan lagu ciptaan JFLow berjudul Harapan yang diaransemen oleh Barry Likumahuwa. Beberapa nama yang terlibat dalam proyek sosial ini antara lain Rejoz The Groove, Nicky Manuputty, Angga Maliq and D Essentials, Guntur Simbolon, Matthew Sayerz dan JFlow.

DISKOGRAFI

GLENN (1998)
KEMBALI (2000)
SELAMAT PAGI, DUNIA (2003)
SELAMAT PAGI, DUNIA - Repackage (2004)
OST CINTA SILVER (2005)
AKU DAN WANITA (2006)
TERANG (2006)
HAPPY SUNDAY (2007)
PRIVATE COLLECTION (2008)
LOVEVOLUTION (2010)