Tiffany SNSD

Index / Profil / Berita / Lirik
_wp_attached_file

Source Image : www.soompi.com


Stephanie Hwang atau yang akrab dipanggil Tiffany merupakan personil girlband asal Korea Selatan Girls' Generation (SNSD). Tiffany adalah anak bungsu dari tiga bersaudara yang lahir di San Fransisco, California, 1 Agustus 1989. Ia memiliki seorang kakak laki-laki, Leo Hwang, dan seorang kakak perempuan, Michelle Hwang. Uniknya, Tiffany lahir di sebuah rumah sakit yang sama dengan personil SNSD lainnya, Jessica.


Karirnya bersama SNSD berawal dari audisi Starlight Casting System di Los Angeles. Berkat audisi tersebut, Tiffany direkrut SM Entertainment, Oktober 2004. Ia pun memutuskan pindah ke Korea Selatan meski sempat ditentang sang ayah. Di sana, Tiffany menjalani masa training selama 3 tahun 7 bulan sebelum akhirnya memulai karir sebagai personil Girls' Generation.


Debutnya sebagai personil Girls' Generation resmi terjadi pada 5 Agustus 2007. Suaranya yang khas membuat Fany, panggilan akrab Tiffany, didaulat sebagai vokalis grup. Setahun setelah debut di SNSD, Tiffany sempat mengalami insiden yang mengancam masa depannya sebagai penyanyi. Ia didiagnosis mengalami gangguan pada pita suaranya. Hal itu terjadi akibat dari perkembangan jaringan pada pita suara yang berlebihan.


Pasca operasi, Tiffany tidak benar-benar mendapatkan suaranya kembali. Bahkan suaranya seringkali serak. Hal tersebut memaksanya untuk rehat dari aktivitas SNSD di paruh kedua 2009. Masalah pita suara membuat Tiffany kembali dirawat, pertengahan 2010. Di tahun yang sama, ia tercatat juga pernah dirawat akibat cedera. Salah satunya karena terjatuh saat tampil bersama SNSD di SMTown Live '10 World Tour di Seoul, Agustus 2010.


Namun dibalik cedera yang kadang dialami, Tiffany tetap membuktikan profesionalitasnya sebagai penyanyi. Selain SNSD, ia juga merupakan member dari sub unit yakni Taetiseo dimana Tae Yeon dan Seohyun bergabung sebagai personil. Bersama sub-unit tersebut, ia telah merilis sebuah mini album berjudul "Twinkle" (2012). Fany pernah pula merilis dua single bersama Jessica dan Seohyun berjudul "Oppa Nappa" dan "Mabinogi" pada 2008. Ia dan Kyuhyun Super Junior sempat mengisi soundtrack serial "To The Beautiful You" (2012).


Fany bukan hanya piawai sebagai penyanyi. Pembawaannya yang ceria dan ramah membuat Fany didaulat untuk menjadi presenter di sejumlah acara musik seperti "Incheon Korean Music Wave" dan "Show! Music Core". September 2013, Fany terpilih membintangi "Fashion King Korea". Acara bertema fashion ini juga diikuti seperti Bora Sistar, Yoon Gun, Lee Ji Hoon dan Kim Na Young.


Konsepnya, selebriti membentuk tim dengan desainer-desainer ternama di acara tersebut. Mereka dituntut untuk merancang, mendesain dan menciptakan busana yang akan dikompetisikan dalam "Fashion King Korea".


The TaeTiSeo, sebuah film dokumenter realitas menampilkan Tiffany dan Generasi bandmates sesama Girls 'Taeyeon dan Seohyun, perdana pada tanggal 26 Agustus 2014 dan terdiri dari 8 episode. Acara ini mengambil lebih close-up dan sisi pribadi dari tiga penyanyi, mengungkapkan bagaimana mereka menjalani kehidupan normal sehari-hari mereka dan apa yang mereka lakukan di waktu luang mereka. Pada bulan April 2014, Tiffany mulai berkencan Nichkhun 2PM. Pada bulan Mei 2015, itu menegaskan bahwa kedua telah putus karena jadwal yang sibuk.