Sarwendah

Index / Profil / Berita
_wp_attached_file

Source Image : twitter.com


Sarwendah Tan atau yang lebih dikenal dengan nama Wenda Tan merupakan mantan personil girlband Indonesia Cherry Belle. Artis keturunan Tionghoa ini dilahirkan di Jakarta, 29 Agustus 1989. Ia memiliki seorang adik yang bernama Dennis.


Keikutsertaan Wenda pada proses seleksi anggota Cherry Belle di 2010 adalah awal karirnya di dunia hiburan. Ia pun resmi menjadi bagian dari Chibi, panggilan Cherry Belle, setelah mengalahkan 400 calon lainnya. Meski begitu, Wenda tak lantas debut begitu saja. Ia dan anggota Cherry Belle lainnya harus menjalani training intensif selama 2 bulan untuk mengembangkan kemampuan vokal mereka.


Bersama girlband yang dibentuk di Puncak, 27 Februari 2011 tersebut, Wenda debut perdana pada acara musik "Inbox", 18 Juni 2011. Penampilan yang terinspirasi gaya girlband K-pop itu berhasil melambungkan namanya. Mini album pertama Cherry Belle, "Love is You", menuai prestasi di kategori Girlband Terinbox di Inbox Awards 2011: Girlband Terinbox serta Best Digital Video di Indigo Digital Music Awards 2011.


Namun karir Wenda terhenti ketika pihak manajemen Cherry Belle memutuskan mengeluarkan dirinya dari grup. Pihak manajemen mengungkapkan bahwa konsep yang diusung Chibi akan mengalami ketidaksesuaian dengan masih adanya Wenda dalam grup. 12 April 2012 pun menjadi akhir karir artis penggemar Hello Kitty ini bersama girlband pelantun "Love Is You" itu.


Selepas hengkang dari Chibi, Wenda aktif berakting. Serial TV "Cinta Cenat Cenut 3" merupakan salah satu judul yang pernah ia bawakan. Selain itu, anak perempuan dari Roslina ini juga pernah tampil di layar kaca. Film bergenre horor "Nightmare Side" (2013) merupakan judul film layar lebar keduanya. Ia sebelumnya tampil dalam film tentang Cherry Belle berjudul "Love Is You" di 2012.


Mengenai kehidupan pribadinya, Wenda menjalin hubungan dengan Ruben Onsu yang tak lain sahabat Olga Syahputra dan Raffi Ahmad. Hubungan itu pun sudah diresmikan dalam ikatan pertunangan 11 Agustus 2012 silam. Mereka pun melangsungkan pernikahan di Pulau Dewata, Bali, Selasa (22/10) sore. Menjelang momen indah seumur hidup tersebut, Wenda justru dikabarkan mengalami gatal-gatal. Ketika ditanya seputar alergi tersebut, sang manajer, Nanda, mengungkap bahwa Wenda selalu mengalami alergi jika merasa gugup. Wenda dan Ruben sudah memiliki anak perempuan bernama Thalia Putri Onsu yang lahir pada Juni 2015.