Lee Sunmi

Index / Profil / Berita
_wp_attached_file

Source Image : www.kpopmusic.com


Lee Sunmi, lahir 2 Mei 1992, yang biasa dikenal dengan nama panggungnya Sunmi atau Mimi, adalah seorang penyanyi Korea Selatan, model dan komposer. Dia lulus dari Universitas Dongguk. Dia adalah anggota dari kelompok gadis Korea Selatan Wonder Girls, yang memulai debutnya di bawah JYP Entertainment pada tahun 2007. Debutnya EP Full Moon dirilis pada tahun 2014 dan diproduksi single "24 Hours" dan "Full Moon".


Pada tahun 2007, Sunmi memulai debutnya dengan Wonder Girls, sebuah kelompok gadis dikelola oleh JYP Entertainment, sebagai vokalis grup. Dia berpartisipasi dalam lagu-lagu dari album debut kelompok Wonder Begins yang dirilis pada bulan Februari 2007, pertama full-length album The Wonder Years yang dirilis pada bulan September 2007, mini album kedua Jadi Hot yang dirilis pada Juni 2008 dan mini album ketiga The Wonder Years: Trilogy yang dirilis pada bulan September 2008. Dia juga berpartisipasi dalam Wonder Girls 1 Ajaib Tour pada tahun 2009.  Dia juga bergabung Shin Hye Sung encore konser pada tahun 2007 dan Live Tour Side 1 - Live and Let Live in 2008, Taman Jin-young 2008 dan 2009 tur konser sebagai tamu khusus dengan anggota Wonder Girls dan menjadi pembuka untuk Jonas Brothers World Tour 2009. Dia juga telah menjadi bagian dari televisi kelompok menunjukkan MTV Wonder Girls selama tiga musim, Keajaiban Bakery, dan juga Selamat Datang di Wonderland.


Pada tahun 2009, dia juga dengan anggota Wonder Girls menjadi tamu dan dilakukan di The Wendy Williams Show dan So You Think You Can Dance (musim 6). Pada 2009, Sunmi bersama dengan anggota Wonder Girls debutnya video musik untuk "Sekarang", sebuah cover dari Fin K.L single dari album ketiga mereka dan mereka juga menciptakan sebuah iklan untuk LG dari lagu itu. Mereka juga merilis versi bahasa Inggris dari "Nobody" pada tanggal 26 Juni 2009.


Pada bulan Januari 2010, JYP mengumumkan bahwa Sunmi akan menunda karir musiknya untuk mengejar karir akademis, tapi dia akan terus sampai Februari untuk menyelesaikan acara yang dijadwalkan.


Pada 13 Januari 2012 perwakilan JYP menyatakan: "Sunmi tetap dalam perusahaan dan terus mengasah bakat musiknya." JYP Entertainment kemudian menyatakan bahwa tidak ada rencana untuk Sun Mi untuk kembali dan comeback sebagai anggota Wonder Girls.  Namun, pada bulan Juni 2015, JYP Entertainment mengumumkan bahwa Sunmi akan kembali ke Wonder Girls setelah kepergian Sun ye dan Sohee .


Pada bulan Agustus 2013, diumumkan bahwa dia akan kembali ke karir musiknya sebagai artis solo di bawah JYP Entertainment, dan Park Jin-young sendiri akan mengambil alih produksi lengkap nya, termasuk tari, MV, pakaian, dan lagu. pada tanggal 11 Agustus 2013, JYP Entertainment merilis gambar teaser dari Sunmi untuk debut single "24 Jam" dan bahwa gambar itu terlihat bahwa Sunmi ini gaya rambut warna rambut merah muda cerah dan dia mengenakan atasan yang bertuliskan "Tapi aku Shy" . untuk hari berikutnya, dua teaser image yang dirilis melalui website-nya Setelah merilis 4 gambar teaser yang berbeda, teaser MV pertama untuk lagu barunya menampilkan model rambut barunya -.. bob merah muda pendek yang dirilis teaser MV kedua yang dirilis berikutnya dua hari setelah dirilis teaser MV pertama.  Sunmi 24 Jam dikonfirmasi akan dirilis pada tanggal 20 Agustus 2013, diikuti dengan tahap comeback-nya pada 22 Agustus, di M! Countdown. Single digital akan dirilis pada 26 Agustus 2013. Sunmi sendirian memulai debut MV "24 Jam" secara resmi dirilis pada tanggal 20 Agustus 2013.


Pada tanggal 31 Januari, telah mengumumkan bahwa Sunmi akan merilis mini-album pertama di pertengahan Februari yang akan mencakup 5 sampai 6 lagu, dan diharapkan akan membuat comeback-nya dengan judul lagu yang diproduksi oleh Park Jin-hee. Seorang wakil dari Sunmi juga berkomentar, "Kami berusaha untuk membuat comeback-nya dalam bulan Februari. Saat ini kami sedang membuat penyesuaian akhir lagu, dan mempersiapkan untuk kinerja menangkap mata yang merupakan upgrade dari '24 Jam '." telah dijadwalkan bahwa Sunmi akan membuat comeback pada 17 Februari JYP Entertainment mengungkapkan berita melalui siaran pers, menyatakan, "Sunmi diatur untuk membuat comeback dengan mini album pada 17 Februari Dia akan mengadakan sesi tanya jawab dengan fans melalui Twitter menjelang comeback-nya pada tanggal 6. " pada tanggal 6 Februari, Sunmi mengungkapkan dua teaser foto untuk mini album barunya Full Moon melalui akun resmi Twitter-nya. pada tanggal 9 Februari, tiga foto teaser baru yang dirilis melalui akun JYP Entertainment Twitter resmi  dan JYP Entertainment juga mengungkapkan tracklist untuk album comeback-nya 'Full Moon,' mengungkapkan ada menjadi total 7 lagu dan beberapa lagu fitur seniman lain JYP seperti Lena (anggota dari kelompok gadis baru JYP), Wonder Girls 'Yubin dan Yenny, dan Got7 Jackson. Ia juga mengungkapkan bahwa judul lagu nya diproduksi oleh Brave Brothers dan fitur Lena. Pada tanggal 11 Februari, JYP Entertainment upload klip teaser singkat untuk "Full Moon".


Pada tanggal 24 Juni 2015, JYP Entertainment mengumumkan bahwa Wonder Girls akan membuat comeback pada Agustus setelah absen tiga tahun dan akan bergabung dengan Sunmi, menandai kembalinya ke grup sejak penarikan pada tahun 2010. Kelompok ini akan kembali sebagai kuartet, dengan tidak adanya anggota yang tidak aktif Sunye karena alasan keluarga. Badan ini juga mengungkapkan bahwa mereka akan mengambil konsep band bukan dari kelompok tari. Sunmi akan bermain gitar bass.


Diskografi


Bersama Wonder Girls


Album Studio




  • 2007 The Wonder Years

  • 2011 Wonder World

  • 2015 Reboot


EP




  • 2008 The Wonder Years : Trilogy

  • 2012 Wonder Party

  • 2012 Nobody to Everybody (Japanese)


EP Solo




  • 2014 Full Moon


Single




  • 2013 24 Hours

  • 2014 Full Moon (bersama Lena)


Kolaborasi




  • 2014 You (B1A4 ft. Sunmi)