Jonghyun SHINee

Index / Profil / Berita / Lirik
_wp_attached_file

Source Image : hellosskyline.blogspot.com


Kim Jong-hyun, lahir 8 April 1990, paling sering dipanggil sebagai Jonghyun, adalah seorang penyanyi Korea Selatan dan penulis lagu. Dia adalah vokalis utama dari kelompok boy Korea Selatan Shinee dan anggota dari kelompok balada S.M. The Ballad. Jonghyun merilis album solo pertamanya berjudul EP Pangkalan nya pada tanggal 12 Januari 2015.


Jonghyun telah aktif di musik sejak ia duduk di bangku SMP. Dia berada di sebuah band dan berpartisipasi dalam berbagai festival di daerahnya. Dalam band-nya, dia bukan vokalis tapi bassis. Nama band adalah "Zion" dan selama salah satu acara yang, ia dibina oleh SM. Sebelum debutnya dengan SHINee, dia bernyanyi duet dengan Zhang Liyin dalam lagu "Wrongly Given Love" untuk album Chinese nya.


Jonghyun ditemukan di "2005 S.M. Casting System". Pada tahun 2008, ia terpilih sebagai anggota dari kelompok Shinee, kelompok anak 5-anggota debutnya pada 25 Mei 2008 di SBS Inkigayo


Pada bulan November 2010, terungkap oleh SM Entertainment yang Jonghyun, bersama dengan TRAX Jay, Super Junior Kyuhyun, dan penyanyi rookie, Jino, telah membentuk kelompok proyek, SM The Ballad, di bawah label mereka. Kelompok ini lebih berfokus pada balada daripada Pop dan R & tema B. Kelompok ini merilis album debut mereka, Miss You, pada tanggal 29 November 2010. Mereka memulai debutnya pada tanggal 28 November 2010 tentang SBS Inkigayo dengan mereka lead single, "Miss You . "Mereka juga mempromosikan single lain dari album, "Hot Times."


Pada bulan Februari 4, 2014, SM Entertainment mengungkapkan bahwa SM The Ballad akan membuat comeback dengan anggota baru, Jonghyun menjadi satu-satunya dari formasi asli.  Ia kemudian mengungkapkan bahwa ia akan bernyanyi, bersama dengan Taeyeon Girls 'Generation , judul lagu dari album baru, Breath.


Pada bulan Oktober 2010, Jonghyun adalah salah satu dari dua puluh idol dari berbagai kelompok Korea Selatan yang merekam lagu, "Mari kita pergi," untuk tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam KTT G-20 Seoul 2010. Dia menyediakan vokal bersama dengan label-rekan Sungmin, Seohyun dan Luna.


Pada Oktober 2013, Jonghyun memulai debutnya sebagai komposer dari lagu "우울 시계 (A Jam Suram)" yang ditampilkan di album Korea ketiga IU, "Modern Times". Lagu yang Jonghyun berbakat untuk IU sebagai teman, juga ikut ditulis oleh Jonghyun dan dijuluki duet. "Red Candle", yang juga disusun dan ditulis oleh Jonghyun, dirilis oleh Son Bi Dam dua bulan kemudian pada bulan Desember 2013. Pada bulan Maret 2015, lagu lain yang Jonghyun baik terdiri dan menulis, "Playboy", adalah fitur pada EXO Korea kedua album, "EXODUS". Sebulan kemudian, pada bulan April 2015, Lim Kim merilis "No More" pada mini album ketiga, "Pikiran sederhana", yang Jonghyun juga terdiri dan menulis. Dia berpartisipasi dalam arah vokal untuk semua tersebut juga. Jonghyun juga menulis lirik untuk "Pretty Boy", yang ditampilkan di album solo Taemin, "Ace", di Agustus 2014.


Jonghyun memulai debutnya sebagai penyanyi solo dengan Basis EP, dirilis 12 Januari 2015. The lead single, "Deja-Boo", fitur hip hop artis Zion.T.  Judul lagu, menampilkan Iron sebagai rapper, disebut "Gila (Guilty Kesenangan)" dan dirilis pada 12 Januari 2015 bersama dengan album.  Jonghyun menulis lirik untuk semua lagu di album, dan juga berkolaborasi dengan artis lain seperti Wheesung dan Younha. Album ini memuncak di nomor 1 di kedua Dunia Album chart Billboard dan Chart Gaon Album.


Pada bulan Agustus 2015, terungkap bahwa Jonghyun akan menjadi entri pertama dalam serangkaian konser solo baru SM Entertainment, "The Agit". Konser, berjudul "The Story By Jonghyun", dikonfirmasi akan berpusat tidak hanya sekitar lagu dari Jonghyun bahwa ia telah baik disusun dan ditulis sendiri dari acara radio, tapi dari album debut solonya. Delapan menunjukkan awalnya ditetapkan untuk mengambil tempat antara bulan Oktober 2 dan 11, tiket akan dijual pada tanggal 1 September, dan menjual di bawah dua menit. Karena permintaan tinggi empat menunjukkan lebih tersebar di seluruh tiga hari lagi ditambahkan ke daftar. Kemudian, pada 18 November, itu menegaskan bahwa Jonghyun akan memiliki lima konser ulangan untuk seri konser solo yang diselenggarakan dari 11-13 Desember.


Diskografi


Bersama SHINee




  • 2008 The Shinee World

  • 2010 Lucifer

  • 2013 The Misconceptions

  • 2015 Odd


Album Solo




  • 2015 Base


Album kompilasi




  • 2015 Story Op.1


Kolaborasi




  • 2008 Wrongly Give Love (Zhang Liyin ft. Jonghyun)

  • 2013 A Gloomy Clock (IU ft. Jonghyun)


Soundtrack




  • 2011 “So Goodbye” Ost.City Hunter

  • 2013 “1 Out of 100” Ost.The King’s Dream

  • 2014 “She” Ost.Birth of Beauty

  • 2015 “That Name” (bersama Taemin) Ost. Who Are You : School 2015

  • 2015 “Beautiful Lady” Ost. Oh My Venus