50 Cent

Index / Profil / Berita / Lirik
_wp_attached_file

Source Image: www.billboard.com


Curtis James Jackson III (lahir 6 Juli 1975), lebih dikenal dengan nya nama panggung 50 Cent, adalah rapper, aktor, pengusaha, investor, catatan, film, dan produser televisi Amerika. Lahir di lingkungan South Jamaika dari borough Queens, Jackson mulai menjual obat pada usia dua belas selama epidemi 1980 retak. Meskipun ia meninggalkan obat-dealing untuk mengejar karir musik, ia dikejutkan oleh sembilan peluru dalam penembakan 2000. Setelah Jackson merilis album kompilasi Tebak Siapa Kembali? pada tahun 2002, ia ditemukan oleh Eminem dan ditandatangani oleh Shady Records, Aftermath Entertainment dan Interscope Records.


Dengan bantuan Eminem dan Dr. Dre (yang memproduksi album major label pertamanya, Dapatkan Aqua Dig '), Jackson menjadi salah satu rapper menjual terbaik di dunia dan menjadi terkenal dengan East Coast hip hop kelompok G-Unit ( yang dipimpinnya de facto). Pada tahun 2003 ia mendirikan G-Unit Records, menandatangani nya G-Unit asosiasi Young Buck, Lloyd Banks dan Tony Yayo. Jackson telah sukses komersial dan kritis sama dengan album kedua, The Massacre, yang dirilis pada tahun 2005. Dia merilis album studio kelimanya, Ambisi Hewan, pada tahun 2014 dan bekerja pada album keenam studio: Jalan Raja Immortal, dijadwalkan untuk rilis pada 2016.


Selama karirnya Jackson telah menjual lebih dari 30 juta album di seluruh dunia dan memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Grammy Award, tiga belas Billboard Music Awards, enam World Music Awards, tiga American Music Awards dan empat BET Awards. Dia telah mengejar karir akting, muncul dalam film semi-otobiografi Dapatkan Aqua Dig '(2005), Perang Irak film Home of the Brave (2006) dan Righteous Kill (2008). 50 Cent menempati peringkat artis keenam terbaik dari tahun 2000-an, rapper terbaik ketiga (di belakang Eminem dan Nelly), dan Dapatkan Aqua Dig 'dan The Massacre menduduki peringkat ke-12 dan ke-37 album terbaik dekade ini oleh Billboard.