Pria Ini Didenda Gara-gara Bayangan Mobilnya Sendiri!

Beberapa negara benar-benar ketat mengatur lalu lintasnya. Bahkan, hanya gara-gara bayangan mobil, pria Rusia ini mendapatkan sanksi tilang. Berikut kisahnya!
0
Pria Ini Didenda Gara-gara Bayangan Mobilnya Sendiri!
0 (0%) 0 votes
bayangan mobil

Di Indonesia melanggar lalu lintas seakan-akan merupakan hal biasa dan wajar dilakukan. Tak hanya melanggar rambu dan marka jalan, bahkan tak sedikit pengendara kendaraan bermotor yang tak memiliki Surat Izin mengemudi.

 

Hal ini sangat berbanding terbalik dengan aturan lalu lintas yang diterapkan oleh pemerintah Moskwa, Rusia. Bahkan hanya karena kesalahan kecil pun, kamu bisa mendapatkan sanksi tilang alias denda.

 

Dianggap Melintasi Marka Garis Tak Terputus

 

25 Agustus 2016 lalu, seorang pengemudi di Moskwa, Rusia, harus menerima tilang karena dianggap melanggar lalu lintas. Bukan masalah besar sebenarnya, ia dianggap melintasi garis tak terputus di jalan lingkar Moskwa.

 

Denda yang diberikan pada pengemudi tersebut sebenarnya bersumber dari foto yang diambil kamera pengawas. Padahal, dalam foto tersebut hanya bayangan mobilnyalah yang melintasi marka jalan.

 

“Kamera membuat kami membayar denda hanya karena bayangan mobil melanggar aturan lalu lintas,” jelas pengemudi tersebut pada situs drive2.ru.

 

 

Karena denda yang sebenarnya bukan karena kesalahannya dalam melanggar marka lalu lintas ini, pengemudi tersebut kemudian mengajukan pada polisi lalu lintas terkait. Satuan polisi lalu lintas pun berjanji akan membatalkan hukuman denda yang dijatuhkan padanya.

 

 

Kesalahan Teknis Pengoperasian Kamera

 

Sementara itu, kepolisian lalu lintas Moskwa memberikan keterangan bahwa kesalahan hukuman denda tersebut terjadi karena adanya kesalahan teknis dalam pengoperasian kamera pengawas. Akibatnya, foto yang diambil pun memberikan laporan kurang benar.

 

“Kepolisian sedang mengevaluasi keluhuan ini dan pengemudi ini segera mendapatkan jawaban dari kami,” ujar salah satu sumber dari kepolisian lalu lintas Moskwa.

 

Sebenarnya kesalahan dalam memberikan denda ini bukanlah hal baru di Moskwa. Sebelumnya, seorang pengemudi juga mendapatkan denda karena sinar lampu mobilnya memantul ke jalanan yang basah dan melewati garis jalan.

 

Pelanggaran lalu lintas di negara maju memang lebih mudah ditindak karena adanya kamera pengawas, meski masih ada beberapa kesalahan. Hal ini tentu sangat berbeda dengan kondisi lalu lintas di Indonesia. Jangankan melewati marka garis tak terputus, menyalip kendaraan lain saat marka garis tak terputus pun merupakan hal biasa di Indonesia.

 

Sumber: Kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori