Presiden Soekarno Punya Rumah di China?

0
Presiden Soekarno Punya Rumah di China?
0 (0%) 0 votes
Soekarno

Presiden Indonesia yang pertama memiliki rumah di China. Benarkah? Salah seorang putrinya yang juga Presiden Indonesia kelima, Megawati Soekarnoputri baru saja meresmikan ‘Rumah Soekarno’ di China, pada Senin (12/10/2015). Rumah yang berada di wilayah Qin Hai Distrik Shenzhen, China tersebut nantinya nantinya akan menjadi pusat kerja sama Indonesia-China.

 

Disampaikan oleh Megawati Soekarnoputri, Rumah Soekarno di China itu akan menjadi penegas eratnya hubungan kedua negara. Selain itu, menurutnya rumah tersebut juga akan memberikan kebanggaan untuk seluruh keluarga besar tokoh yang akrab disapa Bung Karno itu. “Memiliki makna yang mendalam serta melambangkan betapa eratnya hubungan bilateral kedua bangsa dan negara Indonesia-Tiongkok,” ucap Megawati Soekarnoputri dalam peresmia Rumah Soekarno.

 

Peresmian pembangunan Rumah Soekarno ini diprakarsai oleh beberapa kalangan politisi, mantan diplomat, maupun pihak swasta kedua negara yang mencintai eratnya hubungan Indonesia dan China. Rumah Soekarno ini dibangun berupa Gedung Tower 24 lantai, yang nanti akan digunakan untuk pusat aktivitas budaya, bisnis dan pariwisata. Selain itu, juga sekaligus menjadi salah satu pilar people to people dan business to business dalam meningkatkan persahabatan Indonesia-China.

 

Peresmian Rumah Soekarno di China itu sendiri ditandai dengan pembukaan selubung yang menutupi batu marmer bertuliskan ‘Rumah Soekarno’ di bagian depan. Di bagian belakang batu tersebut tertulis pula harapan Megawati Soekarnoputri agar hubungan Indonesia-China dapat terus erat dan memberikan manfaat. Saat itu, dia didampingi Direktur China Institute Inovation Strategic (CIIDS) Zhang Bijian. Hadir pula Komite Tetap PKT wilayah Schenzhen, Direktur Pengembangan Free Trade Zone Du Peng, Dubes Indonesia untuk RRT Sugeng Raharjo, dan Konsulat Jenderal Ratu Sylvi Gayatri, serta mantan Dubes Indonesia untuk Tiongkok Imron Cotan.

 

Sumber: Kompas.com

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori