5 Keindahan Pesona Alam Tersembunyi di Jambi

Jambi memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan sangat wajib bagi anda para traveler untuk mengunjunginya. Mau tau di mana aja tempatnya, yuk lihat di sini!
0
5 Keindahan Pesona Alam Tersembunyi di Jambi
0 (0%) 0 votes
http://primaradio.co.id/8031/gunung-kerinci-resmi-masuk-9-gunung-terindah.html

Jambi merupakan sebuah Provinsi yang terdapat di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera. Provinsi Jambi ini terdiri dari 11 Kabupaten atau Kota serta termasuk juga salah satu dari 3 Provinsi di Indonesia yang mempunyai nama sama dengan Ibukotanya. Jambi dulu adalah Kerajaan Melayu yang menjadi bagian dari Sriwijaya. Bahasa Melayu di Jambi sama saja seperti bahasa Palembang serta Bengkulu yang berdialek “O”.

 

 

 

Sarana dan juga prasarana di Jambi pada saat ini sudah tersedia dengan cukup baik. Terdapat banyak cara yang bisa dipakai untuk mengakses beberapa tempat objek wisata di Jambi ataupun kabupaten lainnya di Propinsi Jambi. Sarana transportasi yang dapat dipakai untuk ke Provinsi Jambi yakni dengan Pesawat dan juga mobil. Untuk kabupaten yang telah mempunyai Bandara ialah Kabupaten Bungo serta Kerinci. Sehingga apabila anda berkunjung ke tempat-tempat wisata yang terdapat di Jambi tidaklah terlalu sulit.

 

 

 

Objek wisata yang ada di Jambi sebenarnya sangat banyak. Apabila anda termasuk pecinta alam maka kami menyarankan untuk berwisata ke Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi ini. Alam yang terdapat di Kerinci sangatlah indah, mulai dari pegunungan, danau, perkebunan teh serta masih banyak lagi tempat-tempat lainnya. Selain di Kerinci tempat wisata di jambi juga terdapat di beberapa Kabupaten lainnya misalnya saja seperti informasi yang akan kami bagikan berikut ini.

 

 

 

 

 

 

Gunung Kerinci

 

Untuk tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai hobi berpetualang serta mendaki gunung. Pastinya sebagian dari anda sudah mengetahui jika Gunung Kerinci ini adalah salah satu gunung berapi yang terkenal di daerah Sumatera. Hampir seluruh penduduk Sumatera pasti sudah mengetahui gunung ini. Gunung Kerinci tepat berada di jajaran Bukit Barisan, tingginya sekitar 3805 meter di atas permukaan laut. Gunung ini ialah gunung berapi yang tertinggi di Sumatera maupun di Indonesia.

 

 
Dari puncak Gunung Kerinci ini seperti yang sudah dapat anda bayangkan, pemandangan alamnya sangat menakjubkan. Samudera Indonesia sangat indah jika dilihat dari puncak gunung tersebut, dikelilingi juga dengan desa-desa pesisir pada sekitarnya. Di sebelah selatannya anda dapat melihat berbagai pemandangan Danau Gunung Tujuh.

 

 

 

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk melihat sunrise dari Gunung Kerinci ini. Matahari terbit dengan sangat indah beralaskan hutan hujan Sumatera yang luas. Pengalaman tersebut tentu saja akan menjadi pengalaman paling menarik yang dapat anda kenang seumur hidup. Lakukanlah berbagai persiapan sebelum anda mendaki, terutama untuk anda yang masih pemula. Jangan lupa juga untuk mengecek kesehatan anda sebelum melakukan pendakian.

 

 
Untuk bisa menuju Gunung Kerinci anda dapat memakai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Dari Jambi anda harus menuju Sungai Penuh yaitu Ibukota dari Kabupaten Kerinci. Jarak yang harus ditempuh mungkin sekitar 419 km serta memerlukan waktu kurang lebih 10 hingga 11 jam. Anda juga dapat memakai kendaraan umum misalnya saja seperti travel maupun angkot.

 

 

 

Tarif travel dari Jambi menuju Sungai Penuh mungkin sekitar Rp 100.000 sampai Rp 150.000 yang dapat anda lanjutkan dengan menaiki angkot menuju Kayu Tuo dan juga turun di Desa Kersik Tuo. Untuk ongkos angkotnya mungkin kurang lebih Rp 10.000,- dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Dari Kota Padang menuju Gunung Kerinci jarak yang ditempuh sekitar 278 km serta lama perjalanannya sekitar 7 jam.

 

 

 

 

 

 

Kebun Teh Kayu Aro

 

Tahukah anda jika Jambi mempunyai perkebunan teh tertinggi kedua yang ada di dunia? Perkebunan teh yang juga merupakan yang tertua di Indonesia tersebut bernama Kayu Aro. Tempatnya berada di kawasan Gunung Kerinci, lebih tepatnya di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Lalu, apakah keistimewaan yang dimiliki perkebunan teh tersebut?

 

 

 

Yang pertama, perkebunan teh ini sudah ada sejak masa kolonial Hindia Belanda sekitar tahun 1925. Hal inilah yang membuat Kayo Aro disebut dengan kebun teh tertua di Indonesia.

 

Yang kedua, luas kebun teh Kayu Aro ini sekitar kurang lebih 3.020 hektar serta terdapat pada ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut.

 

Yang ketiga, perkebunan teh ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara 6, dan terkenal dengan hasil tehnya yang beraroma tajam dan juga rasa yang nikmat. Dikarenakan kualitasnya tersebut, maka sebagian besar teh di sana diekspor ke Eropa, Rusia, Timur Tengah, Amerika Serikat, Asia Tengah, Pakistan, dan juga Asia Tenggara.

 
Yang keempat, keunikan dari perkebunan teh Kayu Aro ini ialah proses pengelolaannya yang masih sangat tradisional, serbuk tehnya tidak menggunakan bahan pengawet maupun bahan pewarna tambahan, serta pada saat mengelola teh tersebut pekerja dilarang memakai kosmetik untuk menjaga kualitas teh hitamnya.

 

 
Perkebunan teh Kayu Aro ini dapat menjadi salah satu objek wisata ketika berkunjung ke Jambi. Di sana, anda akan disuguhkan dengan pemandangan kebun teh yang serba hijau, udara segar, serta juga bisa melihat Gunung Kerinci dari jarak yang lumayan dekat. Pengunjung yang datang juga akan disambut baik oleh para pekerja di kebun serta diperbolehkan untuk memetik teh sendiri. Untuk bisa sampai ke lokasi kebun teh tersebut, membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 8 hingga 10 jam untuk sampai di Kayu Aro. Sebab lokasinya berada di Jambi serta berbatasan langsung dengan Sumatera Barat.

 

 

 

 

 

 

Danau Gunung Tujuh

 

Banyak yang dapat anda lihat pada saat mengunjungi danau indah ini. Selama melakukan perjalanan mendaki dari bawah ke atas, anda akan disuguhi dengan beberapa keindahan alam dari mulai perkebunan penduduk, sampai hutan-hutan yang ada di wilayah Desa Pelompek serta Gunung Tujuh.

 

 
Setelah sampai di atas anda akan disuguhi oleh sebuah pemandangan indah yang merupakan sebuah danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara, hingga di beberapa bagian pada pinggir danau tersebut anda akan menemukan pasir putih yang menambah keeksotisan danau. Untuk anda yang bermalam serta menginap di sekitar danau itu anda akan disuguhi oleh keindahan matahari terbit yang sangat mempesona.

 

 
Untuk kegiatan lain yang dapat anda lakukan di sekitar lokasi danau tersebut ialah dengan mengunjungi beberapa lokasi indah lainnya, misalnya saja seperti air terjun dan juga melihat berbagai satwa yang masih ada di sana. Tidak berhenti sampai di situ saja kegiatan memancing serta menyelusuri danau dengan memakai perahu nelayan dapat menjadi kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan pada saat berkunjung ke Danau Gunung Tujuh. Dilanjutkan lagi dengan kegiatan makan dan bercengkrama dari hasil tangkapan yang sudah anda lakukan sendiri, hal tersebut akan menjadi pengalaman tidak terlupakan selama perjalanan menuju Danau Gunung Tujuh.

 

 
Bertempat di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kerinci, Jambi anda hanya butuh menempuh perjalanan dengan waktu kurang lebih 3 setengah jam dari Jambi menuju ke Pelompek setelah sebelumnya melewati Kota Sungai Penuh. Jika sudah sampai di Desa Pelompek yang merupakan gerbang masuk menuju Taman Nasional Kerinci Seblat tersebut, anda kemudian akan mulai berjalan kaki dan juga melakukan treking melalui jalan setapak yang bisa dibilang tidak curam tetapi menanjak. Waktu yang diperkiran untuk dapat sampai ke lokasi tersebut ialah 2 sampai 3 jam perjalanan. Anda dapat mengambil rute melalui pos jaga Gunung Tujuh dengan jarak sekitar 3 km menuju lokasi maupun dari belakang wisma tamu yang berjarak sedikit lebih dekat dengan yaitu 2,5 km saja.

 

 

 

 

 

 

Taman Anggrek Sri Soedewi

 

Untuk objek wisata yang satu ini sangatlah di rekomendasikan untuk anda yang sangat gemar berkebun, apalagi untuk anda yang sangat mencintai tanaman, khususnya bunga anggrek, pastinya anda tahu jika mengurus tanaman anggrek ini bukanlah hal yang sangat mudah, butuh suatu kesabaran ekstra, ketelatenan, dan juga perawatan yang mahal dan tidak boleh sembarangan, jadi wajar saja apabila harganya memang tinggi.

 

 

 

Lokasi dari Taman Anggrek Sri Soedewi ini terdapat di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Telanaipura, Jambi. Untuk bisa menuju Taman Anggrek Sri Soedewi ini, anda dapat memakai kendaraan pribadi serta juga bisa memanfaatkan kendaraan maupun angkutan umum yang terdapat di Jambi ini.

 

 

 

Di tempat ini anda dapat diajarkan bagaimana caranya untuk merawat serta membudidayakan tanaman anggrek yang baik dan juga benar, di sini para pengunjung akan diberikan sebuah bibit anggrek siap tanam, walaupun memang hanya jenis-jenis tertentu saja, menarik bukan?

 

 

 

Namun untuk setiap pengunjung yang ingin masuk ke areal taman tersebut harus melaporkan diri terlebih dulu ke kantor Dinas Pertanian Provinsi Jambi yang jaraknya bisa dibilang tidak terlalu jauh dari lokasi taman anggrek tersebut, yakni hanya sekitar 100 meter dari Taman Anggrek Sri Soedewi. Namun hal itulah yang menjadi alasan susahnya unuk berkunjung pada hari sabtu dan juga minggu, sebab kantor dinas pertanian itu libur, jadi anda tidak dapat melapor apabila ingin melakukan kunjungan.

 

 

 

 

 

 

Air Terjun Telun Berasap

 

Jika sudah selesai menjejakkan kaki di Gunung Kerinci ataupun selepas menikmati cita rasa Teh Kayu Aro ditemani dengan panorama perkebunan maka selanjutnya anda bisa menjemput keindahan lain di Kabupaten Kerinci, yakni Air Terjun Telun Berasap. Air terjun ini bertempat di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Keberadaan air terjun yang cantik ini akan memberikan sebuah kesan mendalam sebab terdapat di antara rerimbun hijau Taman Nasional Kerinci Seblat.

 

 
Air Terjun Telun Berasap ditutupi dengan lebatnya pepohonan dengan suara gemuruh air yang menghantam bebatuan terjal akan sangat terdengar dari kejauhan sebelum anda berada di depannya. Air terjun tersebut mengalir melalui tebing-tebing terjal dengan ketinggian sekitar 50 meter. Kubikan air itu mengalir melalui formasi bebatuan yakni sumbernya dari aliran air sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh.

 

 
Di balik air terjun Telun Berasap tersebut, ada sebuah goa tetapi terbilang sangat sulit untuk dimasuki. Itu dikarenakan deras serta banyaknya debit air yang jatuh dari atas dan juga terjalnya batu karang pada sekitar air terjun membuatnya belum ada yang dapat masuk ke dalam goa tersebut dan meneliti keadaan di dalamnya.

 

 

 

Ada 3 alternatif untuk bisa mencapai lokasi itu. Yang pertama, melakukan perjalanan dari Jambi ke Sungai Penuh dengan menempuh jarak sekitar kurang lebih 500 km, sementara untuk waktu tempuhnya selama 10 jam. Yang kedua, perjalanan dapat dimulai dari Kota Padang ke Tapan lalu dilanjutkan pula ke Sungai Penuh dengan jarak kurang lebih 278 km. Untuk waktu perjalanan yang ditempuh selama 7 jam. Dan ketiga, perjalanan dapat dimulai dari Padang ke Muaralabuh, lalu perjalanan dilanjutkan ke Kersik Tuo. Untuk jarak dari Kota Padang ke lokasi tersebut sekitar kurang lebih 211 km dan bisa dicapai dalam waktu sekitar 5 sampai 6 jam.

 

 

 

Sumber : http://anekatempatwisata.com/ http://www.infowisatalengkap.com/

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori