Pesawat Aviastar Diduga Hilang di Ketinggian 8.000 Kaki

0
Pesawat Aviastar Diduga Hilang di Ketinggian 8.000 Kaki
0 (0%) 0 votes
Salah satu pesawat Aviastar

Pesawat Aviastar dengan nomor penerbangan MV 7503 rute Masamba-Makassar dilaporkan hilang pada Jumat (2/10/2015) sekitar pukul 17.00 WITA. Pesawat jenis De Havilland DHC-6 Twin Otter itu diperkirakan hilang kontak setelah mencapai ketinggian 8.000 kaki. Pesawat yang membawa 10 orang termasuk kru itu lepas landas dari Bandara Andi Jemma, Masamba, Kabupaten Luwu Utara pada ;pukul 14.25 WITA.

 

Berdasarkan jadwal penerbangan, seharusnya sudah mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 15.39 WITA. Namun, sekitar sebelas menit setelah terbang, pesawat itu tiba-tiba hilang kontak. Padahal, sebelumnya, mereka sempat dua kali mengadakan kontak dengan pihak bandara di Makassar. “Di pukul 14.33 WITA, mereka berada pada ketinggian 4.500 kaki. Kemudian pada 14.36 WITA, mereka izin lapor ingin naik di ketinggian 8.000 kaki,” cerita¬†General Manager Commercial and Bussines Development PT Aviastar, Petrus Budi Prasetyo.

 

Setelah naik di ketinggian 8.000 kaki, pesawat pun mengarah ke Makassar. Seharusnya, mereka kembali melaporkan posisinya pada pukul 15.15 WITA atau sekitar 60 nautical mile dari Makassar. Namun, menara pengawas bandara tak bisa lagi menghubungi pesawat yang diawaki oleh Capten Iri Afriadi dan Co-Pilot Yudhistira itu. Ditambahkan oleh General Manager PT Aviastar, Slamet Supriyanto, pesawat yang hilang itu sendiri merupakan buatan Kanada keluaran tahun 1981.

 

Namun, meski sudah berumur 34 tahun, pesawat yang baru digunakan oleh maskapai Aviastar sejak Januari 2015 itu masih dalam kondisi yang baik. Pasalnya, menurut Slamet, setiap hari Minggu pihaknya selalu melakukan uji kelayakan. ” Pesawat ini hanya melayani penerbangan Makassar area. Setiap hari minggu kita stop operasi untuk memeriksa perlatan,” pungkasnya.

 

Sumber: Okezone.com

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori