Perubahan Kostum Captain America dari Film ke Film!

Captain America dalam 5 film sudah berganti kostum hingga 8 kali lho! Dan semuanya didasari dari desain asli komiknya! Yuk bandingkan fotonya di artikel ini!
0
Perubahan Kostum Captain America dari Film ke Film!
0 (0%) 0 votes
Captain America header

Tokoh Captain America adalah tokoh yang menggambarkan semangat dan idealisme Amerika Serikat, tetapi sosoknya dengan cepat diterima dengan hangat oleh masyarakat dunia (yah, karena diperankan oleh aktor Hollywood ganteng Chris Evans juga jelas membantu).

 

Nah, selama sepak terjangnya di dunia komik sejak 1941 hingga sekarang, jelas superhero berdarah Amerika ini sudah berganti kostum puluhan kali. Tapi versi filmnya juga tidak kalah lho! Dalam 5 film: Captain America: The First Avenger, The Avengers, Captain America 2: Winter Soldier, The Avengers 2: Age of Ultron, dan nanti di Captain America 3: Civil War yang segera keluar akhir April mendatang, tokoh bernama asli Steven Rogers ini bakal sudah ganti kulit sebanyak 8 kali! Belum menghitung “kostum” sehari-harinya!

 

Kayak apa aja sih bedanya, dan desain aslinya dari komik-komiknya itu seperti apa, langsung saja kita lihat di foto-foto di bawah ini!

 

 

 

Kostum Captain America Pertama

 

Captain America

 

Kostum dan tameng yang tampak di sebelah kanan adalah design pertama Captain America yang diterbitkan pada tahun 1941. Namun karena tameng yang digunakan dianggap terlalu mirip dengan simbol milik tokoh komik lain yang bernama Shield terbitan MLJ Comics (sekarang Archie Comics), ilustrator Captain America, Jack Kirby, pun mengubah tamengnya menjadi bulat di edisi kedua komik tersebut.

 

 

Juga Terinspirasi Dari Desain Klasik

 

Captain America

 

Walaupun memakai tameng yang tidak berbentuk bundar, tapi design kostum yang menutupi leher jelas terinspirasi dari gambar “klasik” Captain America yang paling populer.

 

Pengarang cerita Captain America Joe Simon awalnya ingin menamai tokoh patriotik ini Super American, tapi begitu menyadari pada masanya banyak sekali superhero dengan nama “super”, dia pun memilih “Captain” sebagai gelarnya. Karakter ini juga lahir sebagai pendirian politik Simon dan Kirby, yang membenci Nazi Jerman pada masa Perang Dunia Kedua.

 

 

Diceritakan Pernah Membogem Hitler!

 

Captain America

 

Sampul edisi pertama komik superhero ini pun menampilkannya menghantam Hitler, pemimpin partai Nazi Jerman, tepat di wajah. Gambar itu pun direferensikan di film saat Steve Rogers berpentas untuk mengiklankan surat obligasi perang dan juga di poster film Captain America: The First Avengers yang bergaya retro.

 

 

Kostum Tentara Perang Dunia 2

 

 

Kostum kedua yang dipakai Steve Rogers adalah saat dia berusaha menyelamatkan Bucky Barnes (Sebastian Stan) dan teman-teman tentaranya. Dia pun sekedar mengenakan kostum Captain America-nya, ditutupi dengan jaket yang nampak seperti jaket pilot tentara Amerika Serikat sambil membawa tameng pertunjukan dan helm salah satu penari latar yang dilengkapi kacamata.

 

Design yang satu ini sepertinya terinspirasi dari design Captain Amerika pada masa Perang Dunia Kedua yang terlihat sangat bergaya militer dari serial Ultimate Marvel.

 

 

Kostum Medan Tempur Buatan Howard Stark

 

Captain America

 

Setelah akhirnya didukung penuh oleh pemerintah Amerika Serikat, Steve Rogers pun resmi menjadi Captain America dengan kostum tempurnya yang di-design oleh bapak Tony Stark (Robert Downey, Jr.), Howard Stark (Dominic Cooper). Garis-garis, sabuk, dan kesan militer yang “berat, berisi” tapi lebih modern sepertinya juga terinspirasi dari design modern Captain America serial Ultimate Marvel. Disebutkan kalau kostum film tersebut dapat menahan tusukan bayonet dan proyektil ringan.

 

 

Kostum Captain America di The Avengers

 

Captain America

 

Kostum yang berwarna (sangat) cerah ini jelas merupakan upaya memodernisasikan kostum klasik Captain America yang tidak kalah ngejreng ke layar lebar. Penampilan kostum yang agak konyol ini sangat didukung oleh suasana ringan yang disuguhkan oleh film action The Avengers, sehingga membuatnya tampak menyatu dengan seluruh adegan film.

 

 

Kostum Captain America Winter Soldier

 

 

Kostum Captain America di Captain America Winter Soldier ini menurut kami adalah kostum terkeren yang pernah dipakai oleh baik Chris Evans maupun Steve Rogers sendiri. Kostum yang muncul di serial Steve Rogers: Super Soldier ini dipenuhi warna biru gelap, nampak sangat modern dengan motif garis-garis dan bintang berwarna putihnya yang sederhana. Cocok sekali disebut sebagai S.H.I.E.L.D. Stealth Uniform.

 

 

Kostum Museum Smithsonian

 

Captain America

 

Di babak akhir film, Steve Rogers pun berganti pakaian untuk bersiap melawan pasukan HYDRA dan teman lamanya, Winter Soldier alias Bucky. Dalam adegan yang dihapus dari versi teatrikalnya, disebutkan kalau dia berganti kostum karena kostum sebelumnya ternyata dipasangi pelacak oleh HYDRA. Sayang, padahal kalau alasannya lebih dramatis, misal dia memakai kostum lama supaya Bucky ingat kembali masa lalunya, kayaknya lebih seru!

 

Seperti yang bisa dilihat di atas, kostum yang dicuri dari Museum Smithsonian (kiri) terlihat berbeda dibanding kostum tempur lamanya (kanan), terutama pada garis merah di bagian perut, gesper dadanya yang sekarang memiliki dua warna, serta pola garis-garis yang lebih tidak kentara. Dan kostum sebelah kanan terlihat jelas tidak mampu menahan tebasan pisau dan tembakan pistol pada saat melawan Bucky, kostum kanan yang disebut Howard Stark bisa menahan keduanya.

 

 

Captain America di Avengers 2

 

Captain America

 

Captain America boleh jadi memimpin The Avengers, tapi perlengkapan mereka semua masih disuplai oleh Iron Man, yang tentunya membuat persenjataan mereka jadi lebih canggih. Secara design, nampaknya kostum ini masih dilandaskan dari stealth uniform, hanya saja kali ini dilengkapi dengan aksen merah-putih-biru yang tradisional.

 

 

Dilengkapi Sarung Tangan Magnet

 

Captain America

 

Sarung tangan Captain America dilengkapi dengan semacam medan magnet, sehingga layaknya Thor (Chris Hemsworth) yang bisa memanggil palu sakti mandragunanya, Steve pun bisa “memanggil” kembali tamengnya yang sudah dilempar hingga keluar set syuting film. Dan karena menempel ke lengan, dia nggak usah harus menggenggam pegangan tamengnya terus-terusan juga!

 

 

Terinspirasi Dari Tameng Energi Laser

 

 

Sarung tangan magnetik itu mungkin terinspirasi dari sarung tangan yang bisa menciptakan tameng yang terbuat dari laser di komiknya. Captain America selama beberapa kali sempat memakai tameng energi ini untuk menggantikan tamengnya yang kadang entah hilang atau rusak.

 

 

Kostum Captain America: Civil War

 

 

Kostum film Captain America 3, Civil War, nampak masih berbasiskan dari film sebelumnya yaitu The Avengers: Age of Ultron, hanya saja kerahnya lebih kecil dan lebih sedikit warna merah. Tapi detail paling penting, kalau kamu bisa perhatikan, sekarang di bagian dada kostumnya memiliki tekstur sisik seperti kostum klasik Captain America.

 

 

BONUS: Koleksi Captain America Jadul!

 

 

Film keluaran 1990 ini didasari dari kisah Captain America, tapi beberapa detilnya ada yang dirubah. Red Skull, misalnya, adalah adalah seorang bocah yang diculik oleh pemerintahan fasis Itali untuk dijadikan eksperimen. Dan Captain America dijadikan prajurit super pada jaman modern, bukan ditemukan “sudah siap saji” di bongkahan es. Sayangnya, menurut ulasan-ulasan, film ini jelek. Padahal kostumnya kelihatan lumayan bagus ya!

 

 

Captain America Pengendara Motor

 

 

Film televisi yang dibintangi Reb Brown ini bercerita tentang Steve Rogers, seorang mantan marinir yang bekerja sebagai ilustrator komik, yang hidupnya biasa-biasa saja sampai ayahnya, seorang agen pemerintah, dibunuh dan dia mengalami kecelakaan. Diberikan ramuan eksperimen yang memberinya kekuatan super, dia pun beraksi menjadi pahlawan super dengan kostum yang dirancang dari gambar komiknya dan dilengkapi sebuah sepeda motor bermesin jet yang bisa terbang. Sekuel filmnya, Captain America II: Death Too Soon, juga dirilis pada  tahun yang sama, 1979.

 

 

Captain America Hitam Putih

 

 

Menceritakan soal seorang  Jaksa Wilayah Grant Gardner yang beraksi melawan kejahatan sebagai Captain America, film serial TV hitam-putih keluaran 1944 ini memiliki cerita yang berbeda dari kisah aslinya. Perusahaan produksi sekaligus distribusi film Republic Pictures memang dikenal suka merubah konsep saat mengadaptasi cerita, dan di sini Captain America tidak hanya mengganti nama dan pekerjaan, dia juga menggantikan tamengnya dengan sepucuk pistol, bukan lagi prajurit yang disuntik “super serum”, dan musuhnya bukan kelompok Nazi Jerman.

 

 

 

Captain Amerika vs Spider-Man Asal Turki

 

 

Sebelum Captain America Civil War, Spider-Man pernah muncul dan bertarung melawan superhero berkostum bendera Amerika ini lho di layar lebar!

 

Film Turki yang berjudul 3 Dev Adam — 3 Giant Men — atau nama lainnya, Captain America and Santo vs. Spider-Man, ini menceritakan upaya Captain America (yang cuma memakai kostumnya selama kurang dari 5 menit) dan temannya pegulat populer El Santo menghentikan kegiatan kelompok jahat Spider-Man. Serius, orang berkostum merah-hijau itu adalah Spider-Man. Dan serius, dia jadi penjahat di sini dan kejamnya bukan main.

 

Di salah satu adegan, dia menyiksa dan membunuh korbannya dengan membuat seekor tikus memakan wajahnya dan di adegan lain dia membunuh seseorang dengan baling-baling motor boat! Dia juga punya kekuatan buat menggandakan diri di akhir film. Sumpah, film ini memang sekonyol apa yang kami tulis di sini, cobalah nonton kalau kamu menemukannya. Ajak teman-temanmu sekalian kalau perlu!

 

 

 

Sumber: geektyrant.com

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori