Pertama di Indonesia, Klinik Kereta Dari PT KAI!

Rail Clinic dari PT KAI merupakan kereta kesehatan pertama di Indonesia.
0
Pertama di Indonesia, Klinik Kereta Dari PT KAI!
0 (0%) 0 votes
rail clinic

Sarana dan prasarana kesehatan di Indonesia kini sudah bertambah. Dengan peluncuran kereta kesehatan pertama Republik Indonesia yang dinamai Rail Clinic, PT Kereta Api Indonesia sukses masuk ke dalam catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai klinik kereta pertama yang ada di Indonesia.

 

Edi Sukmoro, sang Direktur Utama PT KAI, tujuan pembuatan Rail Clinik ini untuk membantu pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Khususnya bagi wilayah terpencil yang masih minim fasilitas kesehatan. Selain itu, ada secercah harapan agar masyarakat yang tinggal di sekitar jalur kereta api bisa merasakan fasilitas unik ini.

 

Rail Clinic

 

rail clinic

Dengan biaya Rp 1,5 miliar, pembuatan kereta ini sendiri membutuhkan waktu selama 70 hari. Sedangkan untuk pengoperasiannya dibutuhkan 4 orang kru teknis dan 10 orang dokter serta perawat.

 

Adapun fasilitas lain di kereta ini dimana danya dua kereta dimana kereta pertama digunakan sebagai ruang pelayanan dari pemeriksaan umum hingga pemeriksaan gigi dan mata dan kereta kedua dikhususkan sebagai kamar rawat seperti di rumah sakit.

 

Kedepannya, Edi menargetkan akan ada 4 Rail Clinic. Lalu, dua Rail Clinic akan dioperasikan di pulau Jawa dan 2 lainnya akan di operasikan di Sumatera. Kereta ini pun akan beroperasi pertama kali pada 19 Desember dengan tujuan pertama stasiun Wojo, Purworejo, Jawa Tengah.

 

Wow.. sangat unik dan terlihat membantu pelayanan kesehatan di Indonesia ya! Bagaimana menurutmu?

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori