Sebelum Telat, Periksa Kadar Vitamin D Kamu!

Jika kamu termasuk pria cuek dengan asupan vitamin D, bisa jadi berpotensi terkena serangan jantung, gagal jantung, stroke, bahkan kematian dini sekitar 20%.
0
Sebelum Telat, Periksa Kadar Vitamin D Kamu!
0 (0%) 0 votes
kesehatan jantung pria

Masih banyak pria yang cuek terhadap kesehatannya sendiri. Sinar matahari pagi memiliki sumber vitamin D yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantungmu. Orang dengan kadar vitamin D rendah memiliki kemungkinan berisiko lebih tinggi terhadap masalah yang berkaitan dengan jantung, demikian hasil studi yang dipresentasikan pada American College of Cardiology Scientific Sessions. Para peneliti menguji total kadar vitamin D, yang terdapat pada bentuk vitamin D dalam kepada 3,489 pasien.

 

Mereka menemukan bahwa orang dengan kadar vitamin D total dan yang mampu diserap tubuh di bawah 20 nanogram per milimeter (ng/ml) – level idealnya adalah 30 – 50 ng/ml – ternyata memiliki kemungkinan sekitar 20% mendapatkan masalah jantung seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke, dan bahkan kematian dini. Jumlah vitamin D yang cukup diperkirakan mampu melindungi jantung karena bisa mengurangi radang dan berkontribusi untuk menekan tekanan darah, ujar pimpinan tim peneliti Heidi May, Ph.D., seorang epidemiologis kardiovaskular bersama Medical Center Heart Institute.

 

 

Pria Muda Berpotensi Sakit Jantung

 

kesehatan jantung
via doctoroz.com

10 hal terburuk yang dapat terjadi ketika kamu tak mendapatkan vitamin D dalam kadar ideal  seharusnya mulai diperhatikan agar kamu tidak menyesal di masa mendatang. Sementara penelitian yang dilakukan kepada pria usia 52 – 76 tahun ternyata cukup penting juga untuk para pria muda, lho!

 

Hal ini disebabkan pengaruh dari rendahnya kadar vitamin D yang terakumulasi selama ini, karena kamu tak menjaga diri atau karena tetap membuat kadarnya rendah, maka kamu justru meningkatkan risiko jantung, ujar May. Bagaimana pun, penelitian belum bisa membuktikan bahwa rendahnya kadar vitamin D menyebabkan masalah jantung.

 

Kemungkinan ada faktor lain, katakanlah latihan fisik luar ruangan, dapat berkontribusi meningkatkan kadar vitamin D dan mengurangi risiko sakit jantung.

 

 

Jangan Malas Bertanya Pada Dokter

 

kesehatan jantung pria muda
via southshoreskincenter.com

Tetap saja, ide terbaik adalah meminta doktermu untuk mengetes kadar vitamin D dalam dirimu. Meskipun, jika kamu menjadi acuh pada dirimu sendiri, masih bisa menjadi pegangan doktermu untuk memonitor perkembangan kesehatan jantungmu bertahun-tahun, ujar May lagi.

 

Meskipun penelitian menguji total vitamin D dan kadar vitamin D dalam darah, mendapatkan hasil cek total kadar vitamin D pun sudah cukup baik, lanjut May. (Tes untuk kadar vitamin D dalam darah lebih mahal dan cukup repot). Bisakah vitamin D meningkatkan kekuatan otot? Sebelum sampai pada jawaban ini, tentu kamu harus kembali mengecek, jika kadar vitamin D kamu kembali turun ke angka di bawah 30ng/ml, kembalilah konsultasi ke dokter.

 

Diskusikan dengan doktermu, apakah kamu harus meningkatkan kadar vitamin D dengan berjemur – untuk orang berkulit sehat sekitar 15 menit per hari, dan agak lama untuk orang lain – konsumsi ikan berlemak dan kuning telur, atau cukup dengan suplemen.

 

Masih banyak perdebatan berapa banyak vitamin D yang bisa kamu dapatkan setiap hari. Rekomendasi harian yang diizinkan oleh National Institutes of Health adalah 600 IU (international units), sementara Endocrine Society menyarankan konsumsi dengan tingkat lebih tinggi yaitu 1500 sampai 2000 IU per hari.

 

Kembali lagi, karena ini hitungannya pribadi dan belum tentu ukurannya sama untuk semua orang, maka pergilah ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi terbaik berapa banyak vitamin D yang bisa kamu dapatkan mengacu pada kondisi tubuhmu.

 

Sumber artikel menshealth.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori