Ini Perbedaan Yang Jomplang Dari Penangkapan Siyono dan Buron BLBI

Hal itu terlihat dari keadaan Samadikun yang tidak diborgol saat tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta atau pun Kejaksaan Agung. Bahkan anehnya..
0
Ini Perbedaan Yang Jomplang Dari Penangkapan Siyono dan Buron BLBI
0 (0%) 0 votes
000001buronanblbitibaditanahair

Buronan kasus pengemplang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Samadikun Hartono akhirnya dipulangkan ke Indonesia. Buronan 13 tahun itu tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, pada Kamis (21/4) sekitar pukul 21.46 WIB.

 

Namun, kedatangan perampok uang negara itu menuai kritik dari masyarakat Indonesia. Betapa tidak, tak seperti penjahat pada umumnya, Samadikun justru diperlakukan secara istimewa.

 

 

 

Samadikun tiba di Jakarta

 

 

 

samadikun burunan blbi disambut bak raja.jpg 3Source: Kompas

 

 

Hal itu terlihat dari keadaan Samadikun yang tidak diborgol saat tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta atau pun Kejaksaan Agung. Bahkan anehnya, bak seorang raja kedatangan perampok ini justru disambut oleh Jaksa Agung HM Prasetyo, Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso beserta para pejabat lainnya.

 

Usai mendapat sambutan, Jaksa Agung, Muhammad Prsetyo yang menyambut sambil tertawa bercanda, kemudian mengangkat tangan seraya mempersilahkan Samadikun untuk berjalan layaknya tamu penting.

 

 

 

Disambut gembira

 

 

 

samadikun burunan blbi disambut bak raja.jpg 3Source: Detik

 

 

Samadikun yang menggunakan baju kaos bergaris, celana berwarna biru dan sepatu pantopel terlihat masuk ke ruangan VIP Bandara Halim bersama Jaksa Agung HM Prasetyo dan Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso. Di dalam ruang VIP, Samadikun terlihat sendiri duduk di kursi. Dia terlihat kebingunan terutama jelang konferensi pers terkait kehadirannya di Indonesia.

 

Melihat hal ini, Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo menilai tak selayaknya buronan kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono diperlakukan istimewa oleh aparat.

 

 

 

Samadikun dipersilakan bak raja

 

 

 

samadikun burunan blbi disambut bak raja.jpg 3Source: Beritasatu

 

 

“Itulah anomali hukum kita. Komisi III prihatin dan menyesalkan bagaimana bisa buronan yang diburu puluhan tahun diperlakukan istimewa,” kata Bambang saat dihubungi, Jumat (22/4/2016).

Source: nasional.kompas.com

 

Meski demikian, Bambang mengapresiasi keberhasilan tim Kejaksaan dan BIN yang berhasil menangkap Samadikun di China. Namun, sayangnya keberhasilan itu dicederai dengan perlakuan istimewa.

 

 

 

Buronan memasuki ruang VIP

 

 

 

samadikun burunan blbi disambut bak raja.jpg 3Source: Detik

 

 

Seharusnya, lanjut Bambang, para penegak hukum itu memberikan perlakuan yang sama dengan para pelaku kejahatan lainnya.

 

“Kami berharap hal tersebut tidak terulang kembali karena mencederai rasa keadilan masyarakat,” ucap Politisi Partai Golkar ini.

Source: nasional.kompas.com

 

Senada dengan Bamsut, netizen yang marah kemudian melontarkan sindiran pedas kepada pemerintah.

 

Itu pendukung Jokowi kenapa tidak berkomentar soal kelakuan Jaksa Agung yang dipilih oleh Jokowi, atau mereka juga sama dengan mereka ?”

Source: pembawaberita.com

 

 

pantesan banyak yg berlomba jadi maling lalu kabur agar dijemput jaksa agung dan kepala BIN……kl di negara tetangga yg jemput paling kopral dan borgol

Source: www.beritasatu.com

 

Tak puas sampai disitu netizen pun lalu membandingkan Samadikun dengan Siyono yang tewas setelah ditangkap Densus 88. Netizen lantas mempertanyakan sikap Densus 88 yang mempelakukan Siyono dengan kasar dan meninggal akibta patah tulang rusuk dan jantung, padahal Siyono belum diketahui keterlibatannya dengan jaringan teroris.

 

Sementara Samadikun yang sudah jelas-jelas menjadi buronan dan musuh negara kelas satu, malah mendapatkan perlakuan yang istimewa seperti raja.

 

Ironisnya di Indonesia, buronan kasus korupsi ternyata lebih terhormat di banding terduga kasus teroris. Bagaimana menurutmu?

 

Source : Kompas

Hello Comment 1Sort by


user Anonim
2016/04/25 10:52

dia (hartono) kan perampok banyak duit ya jelas lah di hargain.
(maaf) apa lagi yg nyambutnya kaya gitu. .

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori